Perawatan Kesehatan Area Kewanitaan: Tips dan Trik untuk Wanita Modern

March 3, 2024

Sebagai seorang wanita tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan dari vagina. Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk perawatan vagina terbaik. Selain itu, perawatan ini juga mudah untuk dilakukan terutama untuk kamu para wanita modern yang sibuk. Penasaran apa saja?

Tips dan Trik Perawatan Kesehatan Area Kewanitaan

Berikut ini adalah tips merawat vagina :

1. Ratus

Tips pertama yang bisa kamu terapkan untuk** perawatan kesehatan organ kewanitaan** adalah dengan melakukan ratus. Perawatan organ intim wanita ini dilakukan dengan cara menguapkan rempah-rempah ke vagina. Uap ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan vagina.
Dalam perawatan ini, kombinasi rempah-rempah alami yang digunakan dengan uap hangat diyakini memiliki manfaat tertentu. Asap yang dihasilkan dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyediakan asupan oksigen ke area vagina.
Selain itu, perawatan ini juga diklaim dapat merelaksasi otot-otot panggul. Rempah-rempah yang digunakan dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi ketegangan pada otot-otot panggul. Sehingga, membantu mengurangi rasa tidak nyaman atau tegang di area tersebut.

2. Totok

Tips selanjutnya untuk merawat area kewanitaan adalah dengan melakukan totok. Totok tidak hanya bisa dilakukan pada wajah, tubuh, atau payudara saja namun ternyata bisa juga dilakukan pada vagina. Namun, kamu tak perlu khawatir karena pijatan yang diberikan lembut dan hanya pada titik tertentu saja.
Totok dapat memberikan beberapa manfaat yang dianggap positif bagi kesehatan vagina, salah satunya adalah meningkatkan peredaran darah. Pemijatan pada titik-titik tertentu dapat merangsang aliran darah dan membantu memperbaiki sirkulasi di sekitar vagina.
Hal ini juga dapat membantu memberikan nutrisi yang cukup ke jaringan dan sel-sel di area tersebut, sehingga meningkatkan kesehatannya. Perawatan ini juga dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena teknik pemijatan yang diterapkan.
Pijatan dilakukan pada titik-titik tertentu untuk merangsang otot-otot pada vagina dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot vagina. Hal ini dapat bermanfaat bagi banyak perempuan, terutama jika sudah melahirkan.

3. Bersihkan dengan Benar

Selain melakukan perawatan ratus dan totok, kamu juga bisa menerapkan rutinitas perawatan vagina berupa membersihkannya dengan benar. Disarankan untuk membersihkan vagina menggunakan air bersih atau air hangat saja. Tidak perlu menggunakan sabun khusus vagina yang mengandung wewangian.
Penggunaan sabun tersebut dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina. Vagina memiliki keasaman yang seimbang, dan penggunaan sabun kewanitaan yang mengandung wewangian dapat mengganggu keseimbangan ini dan menyebabkan iritasi atau infeksi.
Setelah membersihkan vagina, penting untuk memastikan bahwa vagina tetap kering. Kelembaban yang berlebihan di sekitar vagina dapat menciptakan lingkungan yang lembab dan memungkinkan pertumbuhan bakteri atau jamur. Pastikan untuk mengeringkan area vagina dengan lembut menggunakan tisu.

4. Hindari Pakaian Ketat

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan vagina adalah dengan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyebabkan kelembaban yang berlebihan di area kewanitaan dan meningkatkan risiko iritasi.
Jika area vagina lembab secara berlebihan maka dapat menciptakan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri. Hal ini tentunya tidak baik karena bisa memicu terjadinya keputihan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, hindari penggunaan pakaian ketat.

5. Rajin Mengganti Pembalut

Kamu juga harus rajin mengganti pembalut ketika sedang masa menstruasi. Gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari area kewanitaan menjadi lembab. Jika area vagina lembab berlebihan, terutama oleh darah menstruasi maka bisa memicu pertumbuhan bakteri.

Itulah tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk perawatan vagina. Untuk perawatan totok dan ratus pastikan hanya melakukannya di tempat spa yang profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu bisa melakukannya di Woman and Woman Spa, yuk segera kunjungi!

WhatsApp