Apakah Lulur & Mandi Susu Dapat Mencerahkan Kulit?

March 3, 2024

Kaum wanita mencari berbagai cara untuk terlihat cantik. Ada yang menggunakan cara instan dengan melakukan operasi plastik, ada pula yang memilih jalur tradisional. Memang, cara kuno yang diwariskan turun-temurun telah terbukti keampuhannya tanpa efek samping berarti.

Setidaknya, ada dua treatment kecantikan yang sejak dulu menjadi cara perawatan kecantikan wanita. Yaitu, lulur dan mandi susu.Kedua cara tersebut bahkan menjadi cara mempertahankan kecantikan yang biasa dilakukan oleh wanita golongan atas di masa lampau.

Namun apakah lulur dan mandi susu dapat mencerahkan kulit? Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan simak manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Lulur dan Mandi Susu Untuk Kesehatan Kulit.

Faktanya memang benar, lulur dan mandi susu sejak dahulu menjadi cara ampuh untuk membuat kulit nampak lebih cerah secara alami.

Namun jika Anda masih ragu dengan khasiat kedua treatment tradisional tersebut, berikut ini ada penjelasan manfaat perawatan kulit dengan lulur dan mandi susu:

1. Lulur

Lulur adalah sebuah terapi tradisional. Sebagai terapi, lulur menggunakan obat khusus yang dibuat dari bahan herbal dan dikombinasikan dengan bunga untuk menguarkan aroma harum.

Di Indonesia, sejak berabad-abad silam, putri dari keraton Jawa sudah melakukan lulur sejak masih remaja.

Karena berbahan dasar dari alam seperti bengkoang, lidah buaya, dan kunyit – lulur tergolong ampuh untuk mencerahkan kulit dari luar. Sejatinya, bahan-bahan tersebut berfungsi utama untuk mengelupas sel-sel kulit yang telah mati.

Memang, kulit memiliki waktu tersendiri untuk beregenerasi. Namun, dengan luluran dapat membantu proses tersebut. Kulit mati yang dikelupas oleh obat lulur, akan segera digantikan oleh sel kulit baru. Itu sebabnya setelah luluran, kulit nampak lebih cerah dan lembut.

Luluran juga membantu menghaluskan beberapa bagian kulit yang terasa kasar. Butiran kunyit yang digerus sebagai obat lulur, bisa meresap ke pori-pori dan mengangkat kotoran yang terjebak di sana.

Terapi lulur juga melibatkan pijatan lembut di seluruh tubuh. Efeknya jelas dapat membantu sirkulasi darah. Sehingga kebutuhan oksigen di dalam tubuh dapat tersalurkan dengan baik. Dengan begitu, kulit akan nampak lebih segar dan ayu.

Jika Anda ingin menjadikan lulur sebagai rahasia kecantikan alami, disarankan untuk melakukan lulur secara rutin, setidaknya seminggu dua kali. Dengan begitu, kekenyalan dan kebersihan kulit dapat terjaga dengan baik.

2. Mandi Susu

Pelopor mandi susu adalah Cleopatra, ratu Mesir kuno yang terkenal dengan kecantikannya. Sang ratu menggunakan susu keledai (bukan kedelai) untuk kecantikan dan vitalitas.

Cleopatra disebut-sebut membutuhkan lebih dari 500 ekor keledai untuk kebutuhan mandinya itu.

Di era modern ini, tentu saja agak sulit mendapatkan susu keledai. Alternatifnya menggunakan susu murni. Beberapa toko kecantikan terkemuka menjual raw milk sebagai bahan campuran untuk mandi. Kalau tak mau repot, datang saja ke salon berfasilitas spa untuk mandi susu.

Susu berfungsi sebagai penenang untuk kulit. Struktur cairan pada susu bisa meresap hingga ke pori-pori. Sehingga kulit yang panas bisa didinginkan sebagai proses relaksasi. Karena kemampuan susu yang bisa menjangkau semua bagian tubuh, maka penyakit kulit pun bisa dihindari.

Seperti halnya lulur, mandi susu juga membantu proses peremajaan pada kulit. Lebih dari itu, cairan susu bisa berfungsi sebagai lapisan film untuk kulit baru di bawahnya, sehingga membuatnya terlihat lebih putih dan segar.

Susu juga baik untuk kekencangan dan kekenyalan kulit. Sebab susu bisa melawan penuaan dini pada kulit. Kerutan pada kulit wajah, siku, dan lutut bisa diminimalisir dengan mandi susu secara rutin.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat lulur dan mandi susu. Sebagai treatment tradisional, wanita modern semakin percaya dengan khasiatnya demi menambah kecantikan dan mencerahkan kulit.

Dan itu artinya, pertanyaan kita tentang “apakah lulur dan mandi susu dapat mencerahkan kulit?” jawabannya adalah ”Iya”. Terlebih jika gaya hidup sehat tetap dijalankan, tentunya membantu kesehatan kulit secara alami.

WhatsApp