Wajib Coba, 5 Cara Berikut Bisa Bantu Hilangkan Stres Berat Loh

March 3, 2024

Stress merupakan keadaan dari dalam diri seseorang yang menunjukkan adanya kejenuhan pada pikiran orang tersebut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya masalah dalam pekerjaan, masalah pribadi, ataupun keadaan lainnya yang cenderung menekan pikiran seseorang. Tidak sedikit dari orang yang mengalami kejenuhan hingga aktivitas harian yang seharusnya dilakukan menjadi terbengkalai. Bahkan, sebagian orang yang mengalami stress akan lebih menyendiri dan menghindari sosialisasi dengan orang lain. Oleh karena itu, diperlukan cara menghilangkan stress yang efektif dalam meringankan beban pikiran. Sehingga kegiatan sehari-hari akan berjalan normal dan semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Namun, apa sajakah bentuk dari cara itu? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Stress dengan Kegiatan Sederhana

Berikut beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan stress, diantaranya :

1. Pijat refleksi

Pijat refleksi menjadi salah satu cara untuk meringankan beban pikiran yang kamu alami. Dengan pemijatan pada bagian tubuh tertentu mampu memberikan rasa nyaman dan rileks pada otot yang mengalami ketegangan. Pemijatan ini dilakukan secara perlahan dengan teknik pijat yang halus dan lembut. Sehingga pijat refleksi ini tidak menimbulkan rasa sakit berupa nyeri atau efek kaku pada bagian tubuh yang dipijat. Pemijatan dapat dilakukan pada jari-jari kaki, telapak kaki, punggung, bahkan di bagian kepala. Tekanan lembut yang diberikan pada bagian tubuh tersebut akan memberikan efek tenang buat kamu. Terutama pemijatan yang diberikan pada bagian kepala dan titik-titik tertentu pada telapak kaki mampu merilekskan ketegangan otot dan meringankan penat yang dirasakan.

2. Olahraga pagi

Olahraga pagi merupakan kegiatan sederhana yang menjadi salah satu cara menghilangkan stress yang bisa kamu lakukan setiap hari. Setelah melaksanakan shalat subuh, dianjurkan untuk tidak melanjutkan tidur melainkan melakukan aktivitas ringan di pagi hari. Aktivitas ringan itu dapat kamu manfaatkan untuk menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot yang kaku. Aktivitas tersebut dapat berupa olahraga di pagi hari yang mampu memberikan sensasi sejuk dan ringan pada tubuh serta pikiran.

3. Melakukan tarikan napas

Ketika seseorang dalam masa terpuruk atau dalam fase stress, umumnya akan merasa sesak pada bagian dada. Salah satu cara untuk meringankan sesak itu adalah dengan menarik napas yang dalam. Teknik pengambilan napas ini efektif untuk meringankan beban dalam pikiran dan membantu menghilangkan rasa sesak yang dirasakan. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di tempat yang sepi dan memberikan kenyaman.

4. Merawat tanaman

cara menghilangkan stress selanjutnya yaitu merawat tanaman untuk mengisi waktu luang. Umumnya, suatu hal yang berbau alam akan memberikan ketenangan secara alamiah dalam diri manusia. Sehingga kegiatan merawat tanaman atau berkebun ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meringankan beban pikiran dan rasa penat yang dirasakan.

5. Melakukan ibadah

Secara religius, seseorang bisa menghilangkan stress yang dialaminya dengan melakukan kegiatan yang positif. Ibadah menjadi salah satu kegaitan yang mampu memberikan dampak positif secara alami dalam diri manusia. Dikarenakan hal ini berkaitan dengan makhluk dan Sang Maha Pencipta. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit, mengatasi stress bahkan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan.

Uraian tersebut merupakan cara menghilangkan stress yang bisa kamu lakukan secara rutin setiap hari. Cara sederhana ini efektif dalam meringankan beban pikiran yang kamu alami. Selain itu, dalam melakukannya kamu tidak memerlukan biaya tambahan ataupun tenaga yang berat.

WhatsApp