Pentingnya Merawat Kuku-Kuku Cantikmu – 6 Langkah Dasar Pedicure

December 31, 2020

Bagi pecinta kuku berwarna-warni, pasti sangat tidak ingin melihat pemandangan cat kuku terkelupas. Hal tersebut membuat kuku jadi terlihat tidak menarik lagi. Namun, di masa pandemic seperti ini, sangat disayangkan jika harus keluar rumah hanya untuk mengecat kuku. Solusi terbaiknya adalah melakukan pedicure sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana caranya? Tenang saja, kamu bisa melakukan perawatan kuku kaki di rumah dengan mengikuti langkah-langkah dasarnya. Mau tahu bagaimana langkah dasar melakukan perawatan kaki? Yuk, simak informasi yang akan dibahas berikut ini:

6 Langkah Dasar Pedicure

Untuk melakukan perawatan kaki, kamu tidak perlu datang ke salon, kok. Pasalnya, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, jika tahu langkah dasarnya. Pelajari langkah-langkah dasarnya berikut ini:

1. Rendam Kaki

Pertama, kamu harus membersihkan kaki dan kuku terlebih dahulu sebelum melakukan proses perendaman. Nah, pada proses pembersihan kamu juga perlu membersihkan cat kuku lama, kalau sebelumnya sudah menggunakan cat kuku.

Jika sudah bersih, rendamlah kedua kaki ke dalam air hangat yang sudah ditetesi dengan cairan pembersih khusus tubuh. Untuk hasil yang maksimal, masukkan garam epson guna mengurangi pembengkakan, menetralisir bau, membunuh bakteri, hingga menyingkirkan kulit mati pada kaki. Lakukan proses ini selama kurang lebih 15 menit, kemudian keringkan kaki menggunakan handuk.

2. Singkirkan Kulit Mati

Lanjut pada langkah kedua, yang mengharuskan kamu untuk menghilangkan kulit mati terlebih dahulu. Cara menghilangkannya cukup mudah, karena kamu hanya perlu menggosokkan batu apung ke area kering di sisi dan tumit kaki.

Akan tetapi perlu kamu ingat, ketika melakukan langkah kedua ini tidak boleh terlalu keras agar tidak mengakibatkan luka. Lakukan proses ini hingga kedua kaki kamu terasa halus, ya.

3. Mengikir Kuku

Setelah kaki terasa halus dan kulit mati sudah disingkirkan, kamu perlu mengikir kuku kaki terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan gunting kuku untuk memotong kuku secara lurus, agar kuku tidak tumbuh ke dalam dan menusuk daging jari kaki.

Setelah itu, kamu bisa mengikir kuku kaki guna membuat kuku berbentuk sedikit bulat pada kedua bagian sudutnya. Jika sudah selesai, aplikasikan minyak kutikula ke dasar kuku, supaya kuku kaki menjadi lembab. Gunakan pula lotion agar kaki juga lebih lembab dan pijat pelan-pelan selama beberapa menit.

4. Kenakan Coat Dasar

Langkah ke empat adalah mengaplikasikan coat dasar, guna memperkuat kuku kaki dan membuat cat kuku dapat bertahan lebih lama alias awet. Aplikasikan coat dasar, mulai dari bagian tengah kemudian sapukan hingga ke ujung. Diamkan sebentar, hingga coat dasar mengering.

5. Oleskan Cat Kuku

Selanjutnya adalah mengoleskan cat kuku dengan rapi, agar hasilnya bagus. Setelah mengoleskan cat kuku, jangan lupa oleskan coat lagi namun dengan tipis-tipis saja pada setiap kuku. Tunggulah sejenak, sekitar 1-2 menit sebelum mengaplikasikan coat pada layer berikutnya.

Jika sudah mengaplikasikan coat hingga layer terakhir, kamu bisa mengaplikasikan top coat agar tampilan kuku lebih berkilau. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan rapi, agar hasilnya jauh lebih bagus.

6. Keringkan

Tahap terakhir adalah menunggu cat kuku kering, tapi hal ini butuh waktu lama. Jika kamu ingin mempercepat pengeringannya, celupkan kaki ke dalam air dingin. Hal tersebut dapat membuat cat kuku mengeras dan cepat kering. Lakukan pencelupan selama kurang lebih 1-2 menit saja.

Sebenarnya melakukan pedicure sangat mudah bukan? Nah, karena pandemic belum berlalu dan mengharuskan kamu untuk tetap stay di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, maka kamu bisa melakukan perawatan kuku kaki dengan 6 langkah dasar di atas.

WhatsApp