Rincian Budget Nikah yang Perlu Dipersiapkan

March 3, 2024

Dalam melakukan persiapan pernikahan, membuat rincian biaya pengeluaran tentu menjadi hal yang krusial. Dengan melakukan perencanaan biaya yang matang, kamu dan pasangan bisa lebih siap dalam mempersiapkan semua tetek bengek pernikahan nantinya.
Lalu, apa saja rincian budget yang perlu untuk kamu persiapkan?
Berikut ini adalah rincian budget yang perlu kamu masukkan dalam wedding list preparation-mu.

1. Biaya Administrasi Pernikahan

Biaya administrasi pernikahan merupakan biaya yang perlu dipersiapkan dalam persiapan pernikahan dalam 6 bulan. Pasalnya, biaya ini mencakup nominal yang harus kamu keluarkan untuk melancarkan acara pernikahan. Biasanya, biaya ini dikeluarkan untuk membayar pendaftaran pernikahan hingga urusan dengan KUA.
Ketika biaya ini sudah tertulis dalam budget pengeluaran, maka kamu bisa merasa sedikit tenang karena acara pernikahan bisa berlangsung dengan khidmat. Kamu tinggal memperhitungkan biaya-biaya lainnya untuk melancarkan acara sesudah akad.

2. Biaya Resepsi

Jenis biaya yang harus masuk ke dalam budget wedding list _adalah biaya resepsi. Biaya ini mencakup biaya untuk sewa gedung, dekorasi, konsumsi, dan lain sebagainya. Biaya ini juga perlu dipersiapkan jauh-jauh dari dari berlangsungnya pernikahan, agar pengantin bisa menemukan konsel yang sesuai dengan keinginan.
Untuk menentukan berapa biaya resepsi yang akan kamu keluarkan, tentukan dulu resepsi seperti apa yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin membuat pesta besar-besaran,
private party_, atau sekadar syukuran?
Setelah menentukan ini bersama pasangan, kamu jadi bisa menentukan di mana kamu akan melangsungkan resepsi, berapa jumlah tamunya, dan overall budget-nya.

3. Biaya Rias dan Gaun

Budget untuk persiapan pernikahan apa saja? Biaya yang harus kamu masukkan dalam list selanjutnya adalah untuk rias dan gaun. Tentunya, ketika menikah nanti kamu ingin tampil dengan cantik maksimal. Maka, sangat penting untuk menyiapkan_ budget_ khusus untuk mendapatkan rias dan pengantin yang terbaik.
Meski kamu ingin mengadakan pernikahan secara sederhana maupun pesta besar, rias wajah dan gaun cukup krusial untuk masuk dalam_ list_ pengeluaranmu. Namun tentu saja, kamu harus bijak dalam memutuskannya.

4. Biaya Hiburan

Hal yang perlu masuk dalam daftar persiapan pernikahan selanjutnya adalah biaya hiburan. Acara pernikahan akan menjadi semakin meriah dengan adanya hiburan yang menarik. Para tamu undangan juga akan merasa senang ketika ada hiburan pada acara yang akan kamu dan pasangan gelar nantinya.
Tentu saja ini juga perlu kamu pertimbangkan sesuai dengan jenis resepsi yang akan kamu usung: apakah pesta sedehana,_ private party_ dengan orang-orang terdekat, ataukah pesta besar.
Setelah menentukan konsep acaramu akan seperti apa, baru kamu bisa menentukan jenis hiburan yang ingin kamu tampilkan untuk memeriahkan pernikahanmu nanti.

5. Biaya Prewedding

Biaya yang tak kalah penting dalam persiapan untuk pernikahan adalah biaya prewedding. Selain mempersiapkan foto-foto prewedding, kamu juga perlu melakukan perawatan menjelang pernikahan, lho. Tujuannya, agar penampilanmu dan pasangan bisa lebih bersinar di hari penting nanti.
Nah, kamu bisa melakukan berbagai jenis perawatan untuk mempercantik penampilan, seperti body spa bersama pasangan. Pada paket perawatan ini kamu bisa mendapatkan berbagai jenis perawatan kecantikan khusus pengantin. Berbagai perawatan ini bisa kamu lakukan secara terpisah maupun sekaligus dalam bentuk paket.
Perawatan ini mencakup pemijatan, totok, facial, ratus vagina, lulur, berendam,, dan lain sebagainya. Sangat penting untuk menyediakan budget khusus untuk persiapan ini, agar kamu bisa tampil lebih maksimal di hari pernikahan. Penampilan yang cantik tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri nantinya.
Nah, jika kamu ingin melakukan berbagai perawatan persiapan pernikahan terbaik, daftarkan dirimu ke Woman and Woman Spa. Ada banyak sekali perawatan yang bisa membuat calon pengantin menjadi lebih cantik, segar, dan rileks.

WhatsApp