Boreh Bali: Solusi Treatment Plihan untuk Ibu pasca Melahirkan

March 3, 2024

Pada saat hamil, tubuh wanita pasti akan berubah seiring bertambahnya waktu. Hingga proses melahirkan tiba, maka disaat itulah tubuh yang berada pada fase kehamilan akan susah dikembalikan pada kondisi awal, sebelum terjadinya kehamilan. Maka dari itu, masa pasca melahirkan seorang ibu akan memerlukan perawatan. Perawatan tersebut dapat dilakukan melalui boreh Bali. Perawatan jenis ini menggunakan bahan alam seperti jahe, kencur, kunyit, temulawak, kayu manis, beras, dan jenis rempah lainnya yang diaplikasikan pada tubuh. Sebagian orang mengira bahwa boreh hanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Tetapi perawatan ini juga menjadi treatment pilihan bagi ibu yang baru melahirkan. Hal itu dikarenakan adanya sensasi hangat yang diberikan oleh rempah-rempah yang terkandung dalam boreh Bali. Apa sajakah manfaat boreh untuk ibu pasca melahirkan? Lalu bagaimana pengaplikasiannya? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Boreh Bali bagi Ibu pasca Melahirkan

Beberapa alasan dari boreh yang menjadi treatment pilihan bagi ibu pasca melahirkan, yaitu:

1. Menghilangkan rasa pegal

Salah satu manfaat dari boreh adalah menghilangkan raa pegal pada tubuh. Setelah melahirkan, tidak hanya rasa pegal yang dirasakan oleh seorang ibu tetapi juga rasa nyeri pada bagian tubuhnya terutama sendi-sendi. Hal ini dapat diatasi dengan pemberian lulur berbahan dasar rempah-rempah tersebut. Berbagai jenis rimpang seperti jahe, kunyit, dan cengkeh yang terdapat di dalam boreh mampu meringankan nyeri secara alami. Sehingga membutuhkan rutinitas pada pengaplikasian boreh pada ibu pasca melahirkan.

2. Mengencangkan otot perut

Terjadinya pembengkakan dan pengenduran pada otot perut selalu menjadi hal yang umum terjadi pada ibu pasca melahirkan. Hal itu biasanya diatasi menggunakan kain yang dililitkan pada bagian perut. Dengan tujuan mengempiskan otot perut seperti keadaan semula. Akan tetapi, boreh juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Tidak hanya mengempiskan otot perut, rempah yang terkadung di dalam boreh juga memberikan manfaat bagi tubuh berupa mengencangkan otot-otot perut. Bahkan beberapa masyarakat, juga mengaplikasikan boreh pada area kewanitaan dengan tujuan mengencangkan kembali otot pada area tersebut.

3. Mengurangi pusing setelah melahirkan

Tidak hanya nyeri dan pegal pada tubuh, ibu pasca melahirkan juga sering mengalami pusing. Hal ini dapat diatasi dengan mengaplikasikan boreh di bagian kening. Kehangatan yang diperoleh mampu memberikan efek seperti dipijat pada kepala bagian depan tersebut sehingga mampu mengurangi pusing. Selain sensasi hangat yang ditimbulkan, aroma dari berbagai macam rempah yang dijadikan satu mampu memberikan relaksasi pada pikiran.

4. Melancarkan peredaran darah

Pemberian lulur ini secara merata pada bagian tubuh mampu melancarkan peredaran darah. Hal itu mengakibatkan risiko terjadinya nyeri, bengkak, dan timbulnya ruam dapat diatasi. Karena peredaran darah yang lancar menunjukkan bahwa kemungkinan terjadinya pembekuan darah bernilai kecil.

Cara Mengaplikasikan Boreh Bali pada Ibu pasca Melahirkan

Terdapat beberapa cara yang dianjurkan dalam pemberian boreh pada tubuh khusus untuk ibu pasca melahirkan, yaitu :

1. Pada bagian kening

Apabila merasa pusing, maka aplikasikan boreh pada bagian kening atau pelipis secara lembut. Pengaplikasian boreh tidak perlu terlalu tebal supaya sensasi panas tidak terlalu terasa hingga bagian mata.

2. Bagian perut dan kaki

Untuk perawatan umum, boreh dapat diaplikasikan pada bagian perut, paha, dan kaki secara merata. Untuk bagian perut, ratakan pemberian boreh dan gunakan gurita atau kain yang dililit pada perut untuk memperoleh hasil yang optimal. Pemakaian gurita atau stagen akan membantu perut untuk kembali mengempis. Sedangkan boreh akan bekerja secara topikal dan meresap pada kulit bagian dalam hingga mampu mengembalikan kekencangan otot perut.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai boreh Bali yang menjadi treatment pilihan di WWSpa bagi ibu pasca melahirkan untuk memperoleh kondisi tubuh seperti semula. Selamat mencoba dan sehat selalu, ya!

WhatsApp