Apa Itu Post Natal Care? Ini Penjelasan dan Manfaatnya!

September 10, 2022

Bagi seorang ibu, penting untuk mengetahui apa itu post natal care agar dapat melakukan perawatan terbaik untuk dirinya.

Jadi, setelah melahirkan, seorang ibu akan mengalami masa nifas atau masa pemulihan hingga organ reproduksi dapat berfungsi kembali seperti sebelum melahirkan. Biasanya masa ini berlangsung selama 6 – 8 minggu setelah melahirkan.

Pengertian Post Natal Care

Pada dasarnya, pengertian post natal care adalah perawatan yang dilakukan agar seorang ibu dapat melalui masa nifas setelah melahirkan dengan baik tanpa komplikasi. Perawatan ini dilakukan agar proses involusi dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya komplikasi/masalah.

Jenis Perawatan PNC dan Manfaatnya

Ada beberapa jenis perawatan PNC yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

1. Jamu - Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara tradisional perawatan post natal pertama yang bisa kamu lakukan adalah minum jamu. Ada beberapa produk yang menawarkan berbagai jenis jamu yang sudah dikemas dalam satu paket.

Manfaat jamu di antaranya adalah untuk membantu menurunkan berat badan, mengencangkan otot perut, menambah darah, hingga mengembalikan bentuk tubuh. Sehingga kamu pun bisa tampil lebih percaya diri dengan bentuk tubuh lebih ideal.

Bahkan jamu juga bisa bermanfaat untuk melancarkan ASI, membersihkan rahim, menambah nafsu makan, serta menggiatkan tubuh

2. Stagen - Membantu Mengembalikan Bentuk Tubuh Ideal

Mungkin kamu sering melihat ibu-ibu yang memakai stagen setelah melahirkan. Apa yang mereka lakukan merupakan upaya perawatan post natal yang dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh ideal.

Karena tak bisa dipungkiri bahwa setelah melahirkan perut biasanya akan menggelambir dan membuncit. Stagen atau yang biasa disebut korset biasanya sudah didesain sesuai kebutuhan ibu-ibu setelah melahirkan.

3. Pijat - Mengurangi Nyeri dan Pegal pada Tubuh

Melakukan pemijatan atau refleksi secara khusus pasca persalinan akan sangat membantu kamu untuk menenangkan pikiran. Hal ini mengingat terjadi perubahan drastis setelah melahirkan baik dari segi psikis maupun fisik.

Manfaat pijat setelah persalinan di antaranya adalah untuk mengurangi nyeri dan pegal pada tubuh serta merelaksasi otot yang tegang. Selain itu, pijat juga dapat melancarkan ASI sehingga mood pun semakin meningkat.

Bagi wanita yang melahirkan secara normal, bisa melakukannya beberapa hari setelahnya. Namun, bagi yang melahirkan secara caesar lebih baik tunggu 3 - 4 bulan sampai bekas luka operasi sembuh.

4. Senam - Membantu Mengencangkan Otot Panggul Bawah

Selama masa kehamilan, otot panggul biasanya akan melemah dan meregang karena harus menahan beban berat bayi. Dengan otot panggul yang lebih kuat, maka dapat membantu mencegah urin bocor.

Untuk perawatan ini, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan mengencangkan otot seperti menahan air kencing. Tetap rileks dan bernapaslah secara perlahan dengan menahan selama lima detik. Kamu bisa mengulangi proses ini 10 - 15 kali.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan senam kegel. Senam ini bermanfaat untuk membantu mengencangkan otot panggul bawah setelah melahirkan.

5. Perawatan untuk Stretch Mark agar Hilang

Setelah melahirkan biasanya akan muncul stretch mark terutama pada bagian perut, pinggul, dan paha. Munculnya stretch mark ini terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang sehingga penting untuk melakukan perawatan dengan produk-produk khusus baik herbal maupun skincare.

Selain melakukan perawatan di atas, jangan lupa untuk menjaga asupan makanan dan perbanyak minum air putih. Karena bagaimanapun juga menjaga berat badan setelah melahirkan sangat penting agar tetap bisa tampil percaya diri.

Melakukan perawatan post natal care bisa sendiri maupun melalui salon kecantikan yang menyediakan layanan ini. Salah satu rekomendasi yang bisa menjadi pilihan kamu adalah www.womanandwomanspa.id.

WhatsApp