Apa Itu Lulur Pengantin? Ketahui Juga Manfaat Dari Lulur Pengantin

August 29, 2020

Untuk momen yang hanya terjadi seumur hidup sekali seperti pernikahan, segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan matang. Salah satunya yang paling penting ialah persiapan penampilan calon mempelai. Untuk membuat penampilan menjadi memukau, banyak  mempelai wanita yang melakukan perawatan menggunakan lulur pengantin. Bahkan ada beberapa daerah di Indonesia yang punya adat istiadat unik yakni memberikan lulur kepada calon mempelai dalam waktu 40 hari berturut-turut. Tapi apa sih sebenarnya lulur untuk pengantin itu? apa saja manfaatnya? Berikut ulasan lengkapnya,

Apa Itu Lulur Pengantin?

Sesuai namanya, lulur ini biasa digunakan calon pengantin saat menjelang hari pernikahan. Tujuannya tidak lain ialah untuk membuat kulit tampak lebih bersih, lembab, kenyal, dan bersinar. Dengan demikian, penampilan di hari bahagia pun akan lebih sempurna.

Manfaat menggunakan lulur

Lalu apa sih sebenarnya tujuan penggunaan lulur ini? mengapa marak digunakan oleh para wanita yang akan menikah? Berikut ulasan lengkapnya,

1. Mampu membuat pikiran menjadi rileks

Banyak wanita yang menganggap hari-hari menjelang pernikahan merupakan  saat yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Nah, melakukan perawatan menjelang acara pernikahan merupakan salah satu cara yang dinilai tepat untuk membuat pikiran menjadi rileks dan siap menyambut hari-H dengan bahagia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Ada banyak faktor, selain pijatan yang lembut, aromaterapi saat melakukan spa di Woman and Woman Spa juga membuat mampu membut pikiran menjadi lebih tenang.

2. Membuat tubuh menjadi lebih fresh

Melakukan treatment menggunakan lulur tentu akan membuat tubuh menjadi lebih segar.  Pasalnya, penggunaan lulur disertai massage yang lembut bisa merilekskan otot-otot tubuh yang sempat menegang. Selain lebih rileks, tubuh yang awalnya kaku pun menjadi pulih sehat kembali.  

3. Mengencangkan dan membersihkan kulit

Lulur pengantin memang dibuat menggunakan racikan bahan khusus yang bertujuan untuk mmebuat kulit calon mempelai menjadi lebih memaukau. Setelah melakukan treatment ini kulit pengantin akan jadi lebih bersih, kencang, dan lembab.

Memang ada beberapa adat istiadat yang menggunakan lulur dalam kurun waktu 40 hari dan ternyata hal itu ada benarnya, namun tentu perlu dibilas dengan benar. Jika tidak memungkinkan, calon mempelai juga bisa mengaplikasikan sesuai kondisi masing-masing. Calon mempelai juga bisa memilih melakukannya di mana saja, tapi alangkah baiknya untuk melakukan treatment di tempat profesional.

4. Mengangkat sel kulit mati

Beragam aktivitas setiap hari akan menimbulkan sel kulit mati yang kerap menjadikan calon pengantin menjaditidak percaya diri. Nah, salah satu cara yang biasa dilakukan ialah dengan pengangkatan sel kulit mati menggunan lulur. Lulur dengan kandungan scrub ditambah dengan massage lembut akan membantu proses pengelupasan kulit menjadi lebih cepat. Dengan demikian, sel kulit mati akan terangkat dan membuat kulit mejadi lebih cerah. Tak hanya itu,  kandungan lulur dinilai dapat merangsang produksi kolagen, salah satu zat yang akan membuat kulit menjadi lebih cerah.

5. Memperlambat penuaan dini

Efek jangka panjang yang bisa didapat dengan menggunakan lulur bagi calon pengantn ialah dapat memperlambat proses penuaan dini. Kulit akan mudah mengalami proses penuaan dini akibat polusi, sinat UV, atau radikal bebas. Nah, penggunaan lulur dengan kandungan antioksidan atau VIT E bisa membantu menghambat radikal bebas dan meregenerasi kulit.

Tidak hanya persiapan dekorasi atau catering yang perlu dipersiapkan dengan baik, penampilan calon pengantin pun perlu mendapat perhatian ekstra. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemakaian lulur untuk calon pengantin memiliki manfaat baik yang bisa membuat penampilan kian memukau.

WhatsApp