Simak Tips Ini Untuk Lakukan Waxing di Rumah

July 20, 2021

Melakukan perawatan di rumah bagi wanita biasanya dilakukan karena nyaman juga aman. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan di rumah adalah waxing. Siapa bilang waxing tidak bisa dilakukan di rumah? Bagaimana caranya?  Silakan baca artikel ini sampai selesai, kamu akan mendapatkan cara waxing sendiri di rumah. Sebelum kamu melakukan waxing di rumah, ada baiknya simak 5 tips berikut agar hasil waxing kamu juga tidak kalah cantiknya dengan waxing di klinik kecantikan atau spa.

1. Potong Bulu Yang Terlalu Panjang

Sebelum memulai, ada baiknya kamu melakukan pemotongan beberapa bulu yang sudah agak panjang. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyulitkan proses waxing nantinya. Usahakan kurang lebih menyisakan 1 sampai dengan 2 cm, agar bulu mudah dicabut.

2. Pastikan Semua Alat Bersih

Hal ini perlu sekali diperhatikan, sebab alat yang tidak bersih tidak hanya mendatangkan kuman, tapi juga dapat menimbulkan iritasi dan infeksi pada kulit nantinya. Apa saja alat-alat yang perlu diperhatikan kebersihannya? Yaitu strip wax, wadah untuk lilin, pengoles, dan lainnya. Jika sudah dipastikan bersih dan steril, maka kamu bisa memulai melakukan waxing dengan tenang. Tapi, ingat! Tetap perlu hati-hati dalam melakukannya.

3. Tidak Dalam Keadaan Menstruasi

Jika sedang dalam masa haid atau datang bulan, sebaiknya jangan melakukan waxing dahulu. Idealnya lakukan waxing seminggu setelah jadwal haid atau menstruasi kamu selesai.

4. Melakukan Scrubbing Di Awal

Scrubbing ini fungsinya untuk menghilangkan sel kulit mati di area yang akan kamu waxing. Tidak hanya itu, scrubbing juga dapat mengeluarkan beberapa bulu yang menyumbat di dalam pori-pori.

4. Pilih Kualitas Lilin Yang Terbaik

Sudah pasti kualitas itu adalah hal yang utama, jangan sampai kita memilih lilin yang kualitasnya tidak bagus. Selain nanti hasil tidak maksimal, efek samping penggunaannya akan dirasakan setelah selesai melakukan waxing.

Simak Tips Ini Untuk Lakukan Waxing di Rumah

5. Taburkan Bedak Bayi

Mengapa perlu menaburkan bedak bayi terlebih dahulu ke area yang akan di waxing? Bedak dapat membantu lilin bekerja dengan baik, sebab bedak bisa membantu menyerap kelembaban pada kulit. Taburkan secukupnya bahkan tipis saja, jika terlalu tebal akan membuat lilin tidak bisa menempel.

6.Periksa Suhu Wax

Sebelum memulai mengoleskan lilin, kamu perlu cek terlebih dahulu suhu lilin wax, apakah sudah panas? Tetapi jangan terlalu panas juga, sebab jika terlalu panas akan membuat kulit terbakar dan terluka karena melepuh. Jika suhunya sudah pas menurut kamu, maka silahkan langsung oleskan ke area yang akan di wax.

7. Oleskan Wax Pada Area Tumbuhnya Rambut

Setelah semua alat dan bahan (termasuk lilin wax yang suhunya sudah di cek) sudah siap, kamu bisa langsung oleskan pada area tumbuhnya rambut yang akan di wax. Oleskan mengikuti arah bulu dengan komposisi yang sesuai yaitu tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Langkah selanjutnya adalah tempelkan strip wax di atas lilin wax, lalu tekan perlahan. Pastikan lilin sudah menempel di strip wax-nya. Setelah menempel semua, tarik strip wax dari arah yang berlawanan. Tarik dengan kencang dan cepat. Jika ada area yang masih ada bulunya, kamu bisa lakukan proses yang sama sampai benar-benar area tersebut tidak ada lagi bulu atau rambut.

8. Perawatan Setelah Waxing

Jika semua proses pencabutan bulu sudah selesai, tetap kamu perlu lakukan perawatan setelah waxing. Membersihkan area wax adalah langkah yang perlu dilakukan juga. Lap area tubuh yang sudah kamu waxing dengan handuk hangat. Usahakan memang benar-benar handuk yang hangat dan tidak terlalu panas, sebab akan membuat kulit iritasi dan kemerahan.

9. Oleskan Cooling Gel

Cooling gel itu perlu sekali untuk mengurangi kemerahan di kulit. Perlu diingat, setelah selesai melakukan waxing terutama di area ketiak, hindari dahulu pemakaian deodoran selama sehari. Tunggu sampai kondisi kulit sudah stabil.

Itulah tadi perawatan waxing sendiri di rumah. Caranya sangat sederhana yang penting tetap perhatikan langkah-langkah di atas dengan baik. Jika ragu untuk melakukan perawatan waxing sendiri di rumah, kamu juga bisa panggil terapis dari salon atau spa yang menyediakan jasa waxing. Seperti yang ada di Woman and Woman Spa, kamu bisa lakukan treatment perawatan di rumah tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba!

WhatsApp