Rahasia Spa Minyak Shirodara Untuk Lawan Insomnia

March 3, 2024

Salah satu gangguan kesehatan yang banyak menjangkiti wanita modern adalah insomnia. Gangguan tidur tersebut membuat penderitanya kerap lelah di siang hari dan menjadi temperamental. Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan penggunaan gadget diluar batas normal.

Jika insomnia sudah begitu akut, tak jarang obat-obatan menjadi jalan pintas untuk mengatasi kesulitan tidur malam.

Padahal, ada banyak cara untuk mengusir insomnia. Salah satunya adalah cara alami, dengan memanfaatkan terapi minyak shirodara yang didukung dengan gaya hidup sehat.

Mengenal Terapi Shirodara Yang Baik Untuk Kesehatan

Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan terapi shirodara. Metode ini berasal dari India dan sudah sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berasal dari kata shiro (kepala) dan dhara (mengalir), sebuah treatment tradisional dari ajaran Ayurveda.

Dalam ilmu Ayurveda, manusia diibaratkan memiliki tiga buah elemen. Yaitu air, api, dan udara. Ketiga elemen tersebut haruslah seimbang demi tercapainya kesehatan fisik dan mental.

Nah, salah satu cara mencapai keseimbangan tersebut adalah dengan terapi minyak shirodara.

Metode perawatan ini memberikan manfaat yang sangat luas, terutama untuk keseimbangan mental dan fisik manusia. Cara terapinya adalah, pasien berbaring terlentang dengan mata terpejam. Kemudian dituangkan minyak hangat pada bagian kening, tepat di antara kedua alis.

Minyak shirodara biasanya diracik dan didatangkan langsung dari India. Sebab, perlu pengetahuan khusus untuk meramu minyak shirodara yang berkhasiat maksimal. Sehingga, mungkin akan cukup sulit untuk membeli minyak shirodara jika ingin menyimpan stok di rumah.

Minyak tersebut kemudian akan mengalir ke seluruh kepala. Ketika minyak mengalir, pasien kemudian diberikan pijatan lembut pada bagian bahu dan leher. Bagian tangan juga diberikan pijatan untuk meluruhkan rasa lelah maupun pegal.

Terapi minyak shirodara yang lengkap juga disertai dengan terapi totok wajah. Fungsinya adalah untuk mengatasi penyakit yang bersarang di bagian kepala, seperti sinusitis, sakit kepala sebelah atau migrain, dan lain sebagainya.

Di akhir sesi terapi, pasien bisa memilih untuk mandi ataupun tidak. Beberapa orang mungkin akan merasa tak nyaman dengan rasa licin di seluruh badan. Tetapi, minyak shirodara dapat meresap ke dalam tubuh, yang membuat kulit menjadi lebih lembab, cerah, kencang, dan halus.

Manfaat Terapi Shirodara

Treatment shirodara ini berfungsi untuk memberikan relaksasi terhadap organ di kepala dan seluruh tubuh. Filosofinya adalah segala beban pikiran dibilas menggunakan minyak. Efeknya adalah Anda akan merasakan ketenangan dan menjernihkan pikiran.

Terapi ini bisa mengintensifkan kinerja otak sehingga tercipta sebuah kondisi yang rileks.

Ketika gelombang otak berada pada status alpha, maka oksigen akan mengalir sempurna di bagian kepala. Sehingga fungsi otak dapat diperbaiki guna menjaga stabilitas pikiran.

Tak cuma itu, terapi minyak shirodara juga dapat meringankan rasa gelisah di dalam hati, stres, serta kelelahan pada tubuh. Sehingga pasien akan memiliki kemampuan menangani tekanan dengan lebih baik usai melakukan terapi ini.

Secara sederhana dikatakan, terapi shirodara memberikan sugesti kepada pikiran dan batin untuk lebih tenang menghadapi sesuatu. Sehingga, fisik pun akan terkena dampak positifnya. Seperti banyak pendapat mengatakan, penyakit datang dari pikiran.

Terapi shirodara bisa dikatakan mirip dengan meditasi atau yoga. Karena selama melakukan terapi, kita akan berusaha untuk mengosongkan pikiran demi mencapai keseimbangan pikiran dan tubuh.

Energi yang seimbang dapat memberikan rasa tenang dan jauh dari ketegangan.

Kesimpulan

Dari penjelasan manfaat terapi shirodara tadi, sudah sangat jelas jika terapi minyak shirodara sangat ampuh untuk mengobati masalah gangguan tidur, seperti insomnia.

Karena dengan terapi shirodara, hormon adrenalin – yang membuat susah tidur – dapat ditekan hingga batas minimal. Kondisi pikiran menjadi tenang, sehingga kualitas tidur dapat terjaga.

WhatsApp