Apa Manfaat Pijat Ibu Hamil di Spa & Salon Untuk Kesehatanmu?

March 3, 2024

Perawatan kecantikan di spa dan salon adalah salah satu kebutuhan wanita modern. Umumnya wanita karir yang memiliki aktivitas padat menjadikan perawatan di spa dan salon sebagai saat ‘me time’ yang menyenangkan.

Begitu juga halnya dengan ibu hamil. Selain kesehatan janin, kondisi kesehatan fisik dan mental ibu hamil juga perlu diperhatikan. Trend yang sedang berkembang saat ini adalah layanan pijat untuk ibu hamil yang mulai menjamur di spa dan salon.

Karena terapi pijat yang dikhususkan untuk ibu hamil, maka terlebih dahulu pastikan terapisnya memiliki sertifikat khusus pijat hamil. Meski sama-sama terapi pijat, tetapi ibu hamil butuh peralakuan khusus saat akan melakukan terapi pijat kehamilan.

Manfaat Positif Pijat Ibu Hamil

Seperti halnya saat tidak hamil, melakukan relaksasi dengan terapi pijat sangat banyak manfaatnya. Bagi ibu hamil, manfaat pijat kehamilan juga sangat banyak. Lalu, manfaat apa yang bisa didapatkan lewat terapi pijat ibu hamil?

pijat ibu hamil terbaik di jakarta

1. Memperlancar Peredaran Darah

Sirkulasi dan aliran darah sangat penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil. Sebab, zat makanan dan oksigen untuk janin ikut mengalir bersama darah. Pijat kehamilan dapat membantu peredaran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Dengan sirkulasi yang lebih baik, maka ibu hamil juga bisa menjaga tekanan darahnya. Sebab tekanan darah yang tinggi sangat beresiko untuk keselamatan ibu dan janin. Pijat kehamilan dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

2. Mengurangi Tingkat Stres

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pijat kehamilan yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi kadar stres. Pijatan relaksasi bisa membantu mengurangi produksi hormon kortisol dan juga norepinephrine, yang adalah dua hormon pengatur kadar stres.

pijat ibu hamil terbaik di jakarta

Sebaliknya, hormon serotonin dan dopamine justru akan meningkat. Dua hormon itu bisa menghindarkan ibu hamil dari depresi pasca melahirkan, serta mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan kurang dari standar normal.

3. Menghilangkan Nyeri

Mayoritas ibu hamil mengalami rasa nyeri, khususnya pada bagian pinggang belakang. Semakin besar ukuran janin, tentunya memberi tambahan beban pada bagian sekitar perut dan pinggang. Kadang rasa nyeri bisa menjalar hingga ke bahu dan leher.

Rasa nyeri pada bagian pinggang disebabkan karena berkumpulnya cairan pada persendian. Pijatan lembut pada bagian yang nyeri dapat membantu stimulasi sel tubuh untuk mengurangi rasa nyeri.

4. Membantu Proses Produksi ASI

ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi. Pijat kehamilan juga bisa membantu merangsang sel-sel pada bagian payudara, agar lebih siap dalam memproduksi ASI. Jika pijatan dilakukan secara rutin, maka sejak hari pertama kelahiran niscaya ASI sudah bisa keluar.

Pijatan pada area aerola payudara juga dapat membantu membuat puting lebih besar. Dengan demikian, maka ibu akan lebih mudah saat menyusui bayi yang baru lahir. Banyak kasus bayi dehidrasi karena kesulitan menyusu akibat puting yang terlalu kecil.

5. Menjaga Postur Tubuh

Pasca kelahiran, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami masalah pada tulang belakang. Untuk mengurangi resiko itu, maka pijat kehamilan pada bagian tulang belakang dapat menjadi tindakan pencegahan.

pijat ibu hamil terbaik di jakarta

Namun, pijatan pada bagian tulang belakang ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab pada tulang belakang terdapat banyak sekali saraf yang terhubung langsung dengan otak. Jika salah teknik pijat, justru akan membuat saraf menjadi terjepit.

Ternyata, cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan ibu hamil dengan melakukan terapi pijat kehamilan di spa dan salon. Dengan begitu, masa kehamilan akan menjadi momen yang lebih menyenangkan.

WhatsApp