Terapi Reiki? Simak Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

September 23, 2021

Saat ini hidup sehat tidak menjadi tren semata, tetapi juga sebuah kebutuhan yang harus diusahakan setiap harinya. Kamu tentu mau mencoba berbagai cara untuk menjaga kesehatan tetap bugar. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba adalah terapi reiki. Apa itu? Berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang yakni ‘rei’ yang berarti semesta atau kekuatan yang lebih tinggi dan ‘ki’ memiliki definisi aliran energi pada makhluk hidup. Secara utuh, reiki artinya energi oleh semesta yang membantu aliran energi individu secara spiritual.  Reiki merupakan terapi alternatif yang memanfaatkan energi sebagai media penyembuhan.Penggagasnya adalah Dr. Mikao Usuki, seorang dokter asal Jepang yang mengkombinasikan tubuh, emosi, pikiran, serta jiwa seseorang guna mencapai rasa tenang, rileks, damai, hingga mencapai titik kesejahteraan diri.  Tujuan utama dari teknik terapi reiki adalah meningkatkan energi dalam diri individu. Karena energi tubuh rendah akan membuat seseorang mudah stress dan terserang penyakit. Sebaliknya, energi yang tinggi membuat seseorang merasa bahagia dan lebih sehat.

Proses terapi reiki

Sebelum memulai terapi reiki, terapis akan meminta kamu untuk berbaring dan merilekskan diri. Sebagai penunjang proses relaksasi, terapis mungkin akan memutarkan lagu-lagu yang membantu perasaanmu semakin tenang. Terapis memulai terapi reiki dengan meletakkan tangan atau membiarkannya mengambang beberapa senti di bagian tubuh yang akan dialiri energi. Proses tersebut berlangsung dari kepala hingga kaki, juga bagian-bagian tertentu yang memiliki keluhan masing-masing selama dua sampai lima menit.  Cara kerja terapi reiki, yakni dengan menyalurkan energi dari terapis ke pasien yang berguna untuk menyeimbangkan energi diri, melancarkan aliran chakra sehingga energi bisa sampai ke titik yang membutuhkan.  Penyaluran energi ini dipercaya mampu merangsang kemampuan tubuh dalam proses penyembuhan secara alami, mengurangi stres, serta memulihkan kondisi fisik dan psikis.  Selain transfer energi secara langsung, terapis juga mungkin menggunakan batu kristal sebagai alat terapi reiki. Meski bisa berbeda tiap masing-masing pasien, penggunaan batu kristal ini bisa menimbulkan sensasi hangat atau dingin, hingga kesemutan.

Manfaat terapi reiki bagi tubuh

Sesuai dengan tujuannya, terapi reiki memiliki beragam manfaat bagi tubuh baik secara psikis maupun fisik. Berikut manfaat terapi reiki yang bisa kamu dapatkan:

  1. Meringankan rasa cemas dan depresi

Merasa penat, cemas, dan stres berkelanjutan? Kamu bisa coba terapi reiki untuk mengobati dan menjaga kesehatan mental. Energi positif yang mengalir ketika terapi terbukti efektif membantu mengatasi gangguan psikologis, tentunya tetap barengi dengan konsultasi medis. Ketika aliran energi terbuka lancar, akan menciptakan keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwamu. Hal inilah yang menyebabkan berkurangnya rasa stres, meningkatkan daya ingat, mengembalikan kondisi baik mental yang tentu menyehatkan fisik. 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, terapi reiki membantu membuka aliran cakra dan membuat energi tersalurkan secara merata. Pemenuhan energi pada tubuh ini membantu meningkatkan stamina tubuh sehingga daya tahan ikut meningkat.  Terapi dengan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh seperti terapi kesehatan sangat perlu kamu coba agar tetap bugar meski sedang beraktivitas padat di tengah pandemi.

Terapi Reiki? Simak Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Tubuh
  1. Membuat tubuh rileks dan bugar

Masih belum yakin dengan manfaat terapi reiki? Penelitian oleh Universitas Arizona menunjukkan bahwa sesi terapi reiki selama sepuluh menit mampu memberikan dampak yang sama dengan terapi fisik manual, mengurangi rasa sakit bagi pasien keluhan nyeri bahu. Penelitian oleh Universitas Arizona tersebut menunjukkan bahwa terapi reiki memiliki khasiat merilekskan tubuh sehingga rasa sakit berkurang. Dengan demikian, tubuh bisa beraktivitas serta beristirahat dengan lebih nyaman

  1. Mengurangi keluhan sakit kepala dan insomnia

Masih manfaat dari terbukanya aliran energi, terapi reiki bisa membantu kamu mengurangi keluhan sakit kepala. Transfer energi yang terjadi turut membuat aliran darah semakin lancar.  Manfaat reiki untuk kesehatan lainnya yakni membantu mengembalikan jam kerja tubuh yang berantakan, sehingga sangat cocok bagi kamu yang menderita dan mencari alternatif solusi insomnia akut. 

Deretan manfaat di atas mungkin membuatmu ingin melakukan terapi kesehatan. Kini ada cara mudah merasakan nikmat terapi kesehatan di Woman and Woman Spa. Kamu bisa melakukan reservasi online melalui website atau chat langsung melalui WhatsApp.  Yuk bertemu terapis profesional, rasakan khasiat dan manfaat dari terapi kesehatan lainnya hanya di Woman and Woman Spa!

WhatsApp