5 Cara Menenangkan Pikiran Patut Kamu Coba di Tahun 2021

March 30, 2021

Semakin tinggi stres yang dialami seseorang, maka akan semakin tinggi pula pikiran menjaditertekan. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan dalam waktu yang lama, karena dapatmengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Ada beberapa cara menenangkan pikiran yang bisa kamu lakukan, demi kesehatan mental kamu. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran manusia menjaditenang? Kamu bisa menemukan cara jitu menenangkan pikiran dengan membaca artikel inihingga selesai.

Daftar Cara Menenangkan Pikiran 2021

Di tahun 2021 ini, tingkat stres memang sedikit melonjak karena terjadinya pandemic yang masih saja betah tinggal di bumi. Agar tidak berlarut-larut dalam tekanan pikiran yang tidak baikuntuk kesehatan mental, maka kamu perlu melakukan cara-cara berikut:

1. Spa and Massage

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dan pasti berhasil untuk menenangkan pikiran, yaknimelakukan spa dan massage. Spa and massage merupakan salah satu perawatan tubuhdengan memadukan pijat, aromaterapi, mandi dengan air hangat, dan juga suasana nyaman. Dengan melakukan spa and massage, kamu akan mendapatkan efek relaksasi yang mampumembuat tubuh dan pikiran kamu tidak merasa tertekan maupun terbebani. Efek relaksasiyang dihasilkan dengan melakukan spa and massage adalah karena spa dapat merangsanghormon endorfin yang terdapat dalam tubuh. Tak hanya itu saja, spa and massage juga dapat membuat membersihkan dan mencerahkankulit, yang nantinya akan mempengaruhi mood kamu. Pastinya kamu akan merasa senangdan bahagia ketika memiliki kulit yang bersih dan juga cerah, bukan?

2. Menyediakan Waktu untuk Menenangkan Pikiran

Cara menenangkan pikiran dapat dilakukan dengan cara sederhana, misalnya saja denganmenyediakan waktu. Waktu yang dimaksud di sini adalah waktu yang disediakan untuk tidakmemikirkan hal-hal bersifat berat dan dapat memicu stres atau kacaunya pikiran. Waktu yang diluangkan untuk menenangkan pikiran ini dapat kamu isi dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti mendaki gunung, pergi ke pantai, ataupun pergi ke taman bermain. Ketika meluangkan waktu ini, pastikan kamu meninggalkan beban pikiran di rumah dan fokus menenangkan diri.

3. Meditasi

Sebenarnya banyak orang yang percaya, bahwa ketenangan merupakan salah satu kuncidalam menenangkan pikiran. Cara menenangkan pikiran dengan ketenangan adalahmelakukan meditasi kurang lebih selama satu atau dua jam. Pastikan kamu menjauhkan semua hal-hal yang bersifat negatif dan memberatkan, kemudianbiarkan tubuh merasa puas dalam keadaan damai. Ketika meditasi berlangsung, nikmatilahketenangan tersebut, yakni ketenangan yang tercipta akibat adanya keseimbangan perasaandan pikiran.  

4. Membaca Buku Motivasi

Hal-hal yang memotivasi kerap kali dapat menyembuhkan orang-orang dengan tingkat strestinggi atau pikiran yang kacau. Jika kamu tidak memiliki biaya untuk ikut dalam sebuahkegiatan seminar motivasi, maka kamu bisa mencoba membaca buku-buku motivasi. Dengan membaca buku-buku yang berisikan motivasi, diri kamu secara tidak sadar akan ikuttermotivasi juga, sehingga stres dapat berangsur hilang.  

5. Jangan Nethink

Kunci agar kamu bisa sembuh dari pikiran kacau yang menerpa adalah dengan tidakmemikirkan hal-hal yang negatif, alias jangan nethink. Meskipun terlihat sepele, pikiran negatif tersebut akan membuat kamu down dan merasa takut untuk menjalani kehidupan, sehingga akhirnya stres terus menumpuk.

Dengan melakukan kelima cara menenangkan pikiran yang telah disebutkan di atas, semogakamu bisa sembuh dan terhindar dari pikiran kacau atau stres lagi. Jangan terlarut dalam pikiranyang buruk, kamu harus bangkit dan terus berpikir positif demi kesehatan mental kamu. Fighting, ya!

WhatsApp