Bagaimana Cara Hair Spa dari Rumah? Belajar Caranya di Sini!

March 3, 2024

Perawatan terhadap rambut juga penting untuk dilakukan. Salah satu perawatan rambut yang bisa dilakukan adalah hair spa. Hair spa adalah salah satu bentuk perawatan rambut yang memiliki banyak manfaat. Manfaat hair spa yaitu mengatasi permasalahan rambut rontok dan ketombe, menjadikan rambut lebih bersih dan terasa ringan di kepala.

Hair spa memang biasanya dilakukan di salon, namun apabila kamu tidak bisa melakukan hair spa di salon karena beberapa alasan, seperti pandemi, kamu dapat melakukannya di rumah.

Berikut 5 cara yang dapat kamu terapkan apabila ingin melakukan hair spa di rumah:

  • Memilih Produk Hair Spa

Ketika melakukan hair spa di rumah, kamu tidak bisa sembarang menyiram rambutmu dan memberi sampo lantas membilasnya. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan hair spa sendiri di rumah adalah mengenali jenis rambutmu dan menentukan produk apa yang tepat untuk rambutmu.

Kamu bisa menentukan produk hair spa yang cocok dengan kondisi rambutmu. Apabila rambutmu mengalami masalah, seperti kerusakan sebelumnya, maka pilihlah produk hair spa yang mengandung keratin dan panthenol.

Apabila rambutmu kering, kamu bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan lidah buaya, yang bermanfaat melembapkan.

  • *Oleskan Minyak Rambut dan Bersihkan Rambut *

Apabila kamu sudah menentukan produk apa yang sesuai dengan kondisi rambutmu, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengoleskan minyak rambut seperti minyak zaitun hingga minyak kelapa sambil memijatnya lembut. Hal ini sangat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darahmu. Diamkan beberapa saat untuk hasil maksimal.

Kamu juga bisa melakukan penguapan dengan cara membungkus rambut menggunakan handuk yang telah dicelup air hangat. Tujuannya supaya minyak yang dioleskan sebelumnya dapat meresap seutuhnya.

Kamu dapat mencuci rambutmu setelah beberapa saat dirasa minyak sudah meresap. Mencuci rambut kali ini adalah dengan melakukan keramas menggunakan sampo seperti biasa, namun tentu dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu.

  • Aplikasikan Masker untuk Rambut

Langkah ketiga yang dapat kamu lakukan apabila telah membersihkan rambutmu ialah mengaplikasikan masker pada rambutmu. Sejatinya inilah yang paling penting ketika kamu melakukan hair spa. Pemilihan masker juga sangat diperlukan.

Kamu bisa menggunakan krim untuk hair spa, seperti masker rambut yang banyak dijual di toko kecantikan atau dengan cara meraciknya sendiri dari bahan alami.

Lakukan pengolesan masker pada rambut secara merata dan diamkan beberapa menit. Bisa 15-20 menit hingga krim yang kamu oleskan meresap sepenuhnya.

  • *Pijat Kulit Kepala *

Kamu bisa melakukan langkah ini sembari mengoleskan krim secara merata. Memijat kepala secara lembut selain mampu membantu meratakan krim yang kamu gunakan, juga sangat baik fungsinya untuk memperlancar peredaran darah di kepala kamu.

Melakukan pemijatan ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kandungan dalam krim rambut yang kamu gunakan terserap ke dalam pori-pori kulit kepala. Ini juga berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut dan juga membuatmu rileks.

  • *Bilas Rambut *

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membilas rambutmu yang sebelumnya telah diolesi masker secara merata. Kamu tidak perlu keramas untuk yang kedua kalinya.

Kamu hanya perlu membilas rambutmu kemudian mengeringkannya. Setelah itu sisir dengan rapi dan hair spa di rumah yang kamu lakukan pun selesai.

Bagaimana menurutmu, mudah bukan melakukan hair spa di rumah? Tentu mudah apabila kamu menerapkan lima langkah tersebut. Namun, apabila malas untuk melakukan sendiri di rumah, kamu dapat melakukan hair spa di salon kecantikan.

Salah satu tempat yang cocok untuk anda melakukan perawatan rambut seperti hair spa adalah di WWSpa (Woman & Woman Spa) yang kini hadir di beberapa kota di Indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat kalian lihat di Instagram wwspa atau melalui website berikut: https://www.womanandwomanspa.id/.

WhatsApp