Hati-hati, Ini Efek Samping Waxing Jika Terlalu Sering Dilakukan

July 20, 2021

Bagi sebagian wanita, waxing adalah sebuah kegiatan rutin yang dilakukan paling tidak sebulan sekali. Sebab waxing merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar ketiak atau di beberapa bagian tubuh dengan menggunakan lilin. Mungkin kamu termasuk salah satu yang belum pernah melakukan kegiatan waxing ini karena masih belum paham jenis dari waxing. Kamu bisa melakukan perawatan waxing ini di rumah atau juga di salon yang terpercaya, salah satunya adalah di Woman and Woman Spa. Berikut ini beberapa jenis waxing yang perlu kamu ketahui:

1. Soft Wax

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa metode soft wax adalah metode teknik yang sangat lembut. Soft wax ini juga sering disebut dengan strip wax.  Setelah melakukan pemanasan pada lilin, maka lilin tersebut di sebar pada titik di mana mau kamu lakukan waxing. Jangan lupa sebelum disebar, ada baiknya memberikan bedak pada kulit kamu agar tidak ikut tertarik. Lakukan secara perlahan dan setelah itu lilin ditutup dengan kain kasa. Tunggu beberapa menit setelah itu kain tersebut dicabut bersamaan dengan rambut-rambut halus yang menempel. Soft wax ini bisa dilakukan untuk area kaki, punggung, juga bagian lengan.

2. Hard Wax

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan metode hard wax ini. Cara menggunakan hard wax ini adalah lilin dibiarkan mengering dan mengeras setelah kamu aplikasikan ke kulit kamu. Setelah mengering, baru nanti para terapis akan mulai mencabut lilin agar terlepas dari kulit kamu. Jika lilin yang digunakan memiliki kualitas yang bagus, maka lilin tidak akan menempel pada kulit kecuali pada rambut kamu.

3. Sugar Wax

Metode ini juga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif seperti Hard Wax. Hanya bedanya sugar wax ini menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan rambut. Seperti jus lemon, madu, gula dan air digabungkan lalu dipanaskan hingga menghasilkan tekstur yang lengket. Kadar perih atau tidaknya waxing tergantung dari seberapa sensitifnya kulit kamu, karena itu perlu sekali tahu jenis-jenis waxing yang cocok.

Hati-hati, Ini Efek Samping Waxing Jika Terlalu Sering Dilakukan

Apakah waxing memiliki efek samping? Berikut ini adalah beberapa efek samping waxing bagi kesehatan kulit.

1. Reaksi Alergi

Ada sebagian wanita yang memiliki alergi terhadap produk lilin. Bagi kamu yang memiliki alergi pada produk lilin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada terapis waxing di salon atau spa tempat kamu hendak melakukan waxing. Sebab terkadang bisa menimbulkan peradangan atau ruam yang lumayan parah pada folikel rambut yang disebut juga folikulitis, bahkan tidak jarang dapat menimbulkan benjolan berisi nanah di daerah wax. Jika hal ini terjadi, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Kemerahan dan Iritasi

Gejala kemerahan ini masih kategori efek samping ringan dari waxing. Jika kamu mengalami ruam merah atau iritasi setelah selesai melakukan waxing, maka untuk menghilangkan ruam merah tersebut caranya adalah dengan menempelkan handuk dingin di atasnya untuk beberapa menit.

3. Rambut Menjadi Tumbuh Ke Dalam

Setelah melakukan pencukuran atau pencabutan rambut di area tertentu, maka rambut akan tumbuh ke dalam dan ini adalah kondisi yang umum. Ketika menarik rambut dengan akar-akarnya, maka akan tumbuh rambut baru yang kecil. Dengan adanya rambut tumbuh ke dalam dalam menimbulkan peradangan serta nyeri di sekitar area rambut yang habis dicukur atau dicabut.

4. Pengelupasan Kulit

Walau persentase kejadiannya kecil, tetapi kamu tetap harus merawat kulit dengan baik setelah selesai melakukan waxing. Mengapa terjadi pengelupasan kulit? Biasanya disebabkan karena wax yang digunakan bisa dibilang terlalu panas bagi kulit. Karena itu cek terlebih dahulu suhu panas pada waxnya apakah sudah tepat bagi kulit kamu.

5. Luka Bakar Pada Kulit

Semua pasti tahu bahwa melakukan perawatan waxing pasti menggunakan lilin yang sudah dilelehkan. Di mana salah satu dari risiko waxing adalah mengalami ruam seperti terbakar pada kulit, yang membuat kulit menjadi sedikit gelap. Warna kemerahan karena terbakar dapat muncul pada kulit akibat dari suhu lilin yang terlalu panas. Lalu, apakah bisa memudar? Bisa, tetapi butuh waktu tergantung dari seberapa sensitifnya kulit kamu.

Kelima efek samping ini bisa diminimalisir jika kamu benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik di awal sebelum memulai waxing. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali akan melakukan waxing. Konsultasikan terlebih dahulu kepada terapis yang akan membantu kamu waxing.  Jika ingin melakukannya di klinik kecantikan atau Salon Spa, pilihlah Spa yang bersih dan tentunya sudah memiliki pengalaman dalam hal pelayanan jasa waxing di tempatnya seperti di Woman and Woman Spa salah satunya. Selamat mencoba!

WhatsApp