Pentingnya Tau Perbedaan Bahan yang Digunakan Lulur dan Scrub

December 30, 2020

Merawat tubuh adalah hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi semua orang. Inilah alasan kenapa produk perawatan tubuh menjamur di pasaran, tidak hanya jenis yang beragam namun juga varian dan merek. Saking banyaknya pilihan terkadang membuat kamu bingung dalam menentukan pilihan. Beberapa produk perawatan tubuh bahkan memiliki fungsi dan juga komposisi bahan yang nyaris sama, namun memiliki nama yang berbeda. Salah satu contohnya adalah produk scrub badan dan juga lulur body scrub. Sudahkah mengetahui perbedaan keduanya terutama dari segi bahan baku? Kali ini WWSpa akan mencoba membagikan informasinya, jadi simak terus ya.

Perbedaan Bahan Antara Lulur dan Scrub Badan

Produk scrub badan dan juga lulur sepertinya menjadi produk wajib bagi siapa saja yang sangat memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit. Penggunanya bisa siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Kedua jenis produk ini bahkan memiliki banyak merek dan varian dengan manfaat yang berbeda-beda. Namun, diantaranya produk scrub dan juga lulur body scrub sebenarnya apa perbedaannya? Rupanya, keduanya adalah dua produk perawatan tubuh yang berbeda. Perbedaan utama terletak dari bahan atau komposisi yang digunakan sehingga memberikan tekstur, aroma, dan tentunya manfaat yang berbeda pula. Umumnya produk lulur berbahan dasar aneka bahan alami yang diketahui punya manfaat baik bagi kulit. Misalnya saja dari rempah rempah seperti kunyit, cengkeh, serai, dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga terbuat dari kelopak bunga, terutama bunga mawar dan juga melati. Sedangkan untuk lulur body scrub umumnya menggunakan bahan alami namun dari buah-buahan yang diekstrak terlebih dahulu. Ekstrak ini kemudian diolah menjadi produk dengan tekstur krim yang dicampur dengan bahan tertentu untuk menghasilkan aroma dan tekstur butiran scrub. Meskipun terbuat dari bahan dasar yang berbeda, keduanya sama-sama berfungsi mengangkat kotoran dan sel kulit mati di permukaan kulit. Sehingga membantu membersihkan,mencerahkan, dan juga menghaluskan permukaan kulit ketika dipakai secara rutin.

Pentingnya Tau Perbedaan Bahan yang Digunakan Lulur dan Scrub

Perbedaan Lain yang Perlu Diketahui

Selain berbeda dari segi bahan dasar, antara scrub badan dan juga produk lulur yang mengandung scrub juga punya perbedaan lainnya. Seperti:

1. Formula

Perbedaan pertama adalah dari segi formula atau bentuk produknya secara fisik yang bisa dilihat dan diraba. Produk lulur umumnya berbentuk bubuk yang kemudian dilarutkan dengan sedikit air mawar maupun air biasa. Ada pula yang dalam bentuk cair yang pemakaiannya perlu dikocok dulu. Beberapa lagi yang lainnya berbentuk seperti pasta. Sedangkan untuk scrub sendiri secara umum hanya memiliki bentuk seperti pasta dengan butiran halus di dalamnya. Butiran inilah yang disebut scrub, dan berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit.

2. Tekstur

Perbedaan berikutnya terletak pada tekstur, khusus untuk lulur memang cenderung punya tekstur lebih kasar. Sedangkan untuk scrub badan lebih lembut sekalipun ada butiran scrub di dalamnya. Sehingga scrub lebih dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif.

3. Cara Penggunaan

Meskipun punya fungsi yang sama, scrub dan lulur memiliki cara penggunaan yang berbeda. Produk lulur body scrub diaplikasikan ke seluruh permukaan kulit ketika masih kering dan sebelum mandi. Sementara untuk scrub diaplikasikan ketika kulit dibasahi dulu dengan air.

Mana yang Lebih Baik?

Antara scrub dengan lulur memang ada banyak perbedaan, namun dari segi manfaat atau fungsi ternyata sama. Jika harus memilih mana yang terbaik maka bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Bagi pemilik kulit sensitif, tentunya memakai scrub badan lebih aman. Selain itu, penentuan pilihan juga bisa dilihat dari manfaat dan kandungan bahannya. Jika membutuhkan produk perawatan tubuh yang mencerahkan maka bisa memilih scrub maupun lulur yang mengandung bahan pencerah seperti tomat, pepaya, bengkoang, dan sebagainya.

WhatsApp