Apakah Lulur Pemutih Badan Aman Untuk Kesehatan?

March 3, 2024

Memiliki kulit badan putih dan bersih seolah menjadi sebuah standar kecantikan yang didambakan setiap wanita. Padahal asal terawat dengan baik, apapun warna kulitnya akan terlihat cerah dan cantik bersinar. Namun, tidak sedikit wanita yang melakukan segala cara untuk membuat kulit mereka putih dan bersih, seperti melakukan perawatan mahal di salon atau klinik kecantikan, mengkonsumsi suplemen dan multivitamin, menggunakan skin care, serta lulur pemutih badan.

Dari segala cara tersebut di atas, lulur pemutih adalah cara yang paling banyak dipilih karena dianggap dapat memberi hasil yang maksimal dengan harga yang terjangkau. Tapi apakah lulur pemutih aman untuk kesehatan? Lalu apakah lebih baik dari macam lulur tradisional spa?

Ciri-Ciri Lulur Pemutih Badan Beracun

Saat ini sangat banyak produk lulur untuk memutihkan badan yang beredar di pasaran. Banyak diantaranya yang mengandung bahan beracun bagi kulit. Sehingga kamu perlu berhati-hati saat memilih. Ada beberapa ciri lulur pemutih badan beracun, diantaranya seperti :

1. Cepat Memperlihatkan Hasil

Sejauh ini belum ditemukan produk atau kandungan zat yang bisa memutihkan kulit dalam waktu singkat bahkan dalam hitungan jam. Jika ada produk lulur pemutih yang mengklaim bisa memutihkan kulit dalam waktu singkat, maka kamu harus waspada. Biasanya produk tersebut mengandung racun merkuri atau hidrokinon yang memiliki efek samping berbahaya untuk kulit.

2. Hasilnya Putih Pucat

Kandungan alami pada lulur pemutih yang aman akan menghasilkan kulit putih alami merona kemerahan. Sebaliknya lulur pemutih beracun biasanya membuat kulit menjadi putih pucat. Jadi lebih baik untuk menghentikan penggunaan produk tersebut.

3. Efek Ketergantungan

Produk lulur pemutih badan yang aman adalah produk yang bisa memberikan hasil yang konsisten dan tahan lama, bahkan jika penggunaan terhadap produk tersebut dihentikan kulit tidak kembali kusam dan gelap atau mengalami efek negatif lainnya. Sebaliknya, lulur pemutih yang beracun akan menyebabkan efek ketergantungan, dimana kulit kembali kusamm dan gelap.

4. Kulit Kemerahan Saat Kena Sinar Matahari

Produk lulur pemutih beracun memutihkan kulit dengan cara mengelupas lapisan kulit luar. Hal ini sangat tidak baik karena lapisan kulit menjadi semakin tipis dan semakin mudah terserang penyakit. Salah satu cirinya adalah ketika dibawah sinar matahari, kulit kamu akan tampak kemerahan.

5. Warna Mencolok dan Bau Menyengat

Produk lulur pemutih beracun biasanya memiliki tekstur yang lengket, warnanya sangat mencolok, dan baunya sangat menyengat. Hal ini dimaksudkan untuk menyamarkan kandungan logam atau zat yang berbahaya di dalam produk tersebut.

Apakah Lulur Pemutih Badan Aman Untuk Kesehatan?

Tips Memilih Lulur Pemutih Badan Yang Tepat

Produk pemutih yang mengandung merkuri, hidrokinon, tetrinoin, dan zat berbahaya lainnya bisa mengancam kesehatan tubuh bahkan pada pemakaian jangka panjang bisa menimbulkan kematian. Sebaiknya Kamu jeli memilih lulur pemutih badan aman. Pahami secara mendalam kandungan apa saja yang terdapat di dalam produk lulur tersebut sebelum menggunakannya. Berikut beberapa tips memilih produk lulur pemutih yang aman.

1. Pilihlah produk yang lulus sertifikasi BPOM yang bisa kamu lihat pada kemasan produk

2. Sebelum membeli, cari tahu efek dari bahan kimia yang terkandung dalam produk. Kamu bisa menggali informasi di internet.

3. Lebih baik memilih produk berbahan dasar bahan alami.

4. Usahakan untuk membaca review terkait produk di internet.

5. Jika masih ragu konsultasi dengan dokter tentang keamanan kandungan produk lulur pemutih tersebut.

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa penggunaan lulur pemutih badan aman untuk kesehatan dengan catatan, penting untuk memperhatikan pemilihan produk lulur pemutih yang aman. Sebisa mungkin hindari penggunaan lulur pemutih beracun, meski secara instan dapat memutihkan kulit badan. Ingat, kesehatan kulit tubuhmulah yang paling utama. Jika kamu ragu menggunakan lulur pemutih, kamu bisa melakukan perawatan lulur tradisional di WWSpa. Terdapat banyak pilihan lulur tradisional yang membuat kulitmu akan tampak sehat dan cerah alami.

WhatsApp