5 Cara Merawat Kuku Alami Agar Sehat

March 3, 2024

Tak hanya wajah saja yang membutuhkan perawatan secara rutin, akan tetapi kuku juga menjadi salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dengan baik. Kuku yang terlihat bersih dan sehat akan terhindar dari kesan jorok dan membuat kamu menjadi lebih percaya diri. Selain itu, kuku juga bisa menjadi salah satu sumber penyakit yang mana jika tidak dirawat dengan benar akan membuat kesehatanmu memburuk. Untuk melakukan manicure atau perawatan kuku sebenarnya mudah saja, bisa dengan datang ke salon atau klinik kecantikan yang kini sudah tersebar di berbagai kota. Namun, banyak juga kaum perempuan yang melakukan perawatan kuku secara mandiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Alasannya tentu saja selain lebih sehat, biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih murah. Selain itu, untuk mendapatkan bahan-bahannya juga bisa dibilang sangat mudah, karena dapat ditemui di sekitar kita.

Cara Merawat Kuku dengan Bahan Alami

Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan kuku tentu bertanya-tanya bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara melakukannya, bukan? Maka dari itu, yuk mari simak uraian di bawah ini dengan baik!

1. Menggunakan Belimbing Wuluh

Bisa dibilang cara merawat kuku yang satu ini cukup ampuh untuk membuat kukumu tampak sehat dan berkilau. Dalam belimbing wuluh terkandung vitamin C di mana dapat memperbaiki kelembaban alami pada kuku. Bahan yang satu ini pun dipercaya mampu dalam mengangkat kotoran yang kerap menempel pada kuku. Cukup gosokkan belimbing wuluh ini pada bagian ujung kukumu sehingga nanti airnya dapat meresap ke dalam dan mengeluarkan kotoran yang tadinya menempel. Kamu juga harus menggosokkan bahan ini ke area kuku yang lainnya dengan merata kemudian bisa membilasnya dengan air bersih jika sudah selesai.

2. Jangan Menggunakan Cat Kuku Berbahan Keras

Kebanyakan perempuan sangat senang jika melihat kuku mereka diwarnai dengan cat kuku yang lucu. Hal itu membuat kuku mereka tampak lebih menarik lagi. Namun, untuk penggunaan cat kuku ini pun tak bisa sembarangan, karena ada beberapa cat yang bahannya keras dan tidak baik untuk kesehatan kuku. Oleh karenanya, kamu harus lebih selektif lagi jika ingin mewarnai kuku dan pilih cat yang memiliki bahan dasar air. Meskipun tidak bertahan lama, akan tetapi sangat aman dan mencegah agar kuku tidak rusak.

5 Cara Merawat Kuku Alami Agar Sehat

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Dalam perawatan tubuh, minyak zaitun memang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Terdapat berbagai macam kandungan pada minyak zaitun yang sangat bagus untuk kuku dalam hal memperkuat jaringannya. Minyak zaitun juga termasuk bahan yang begitu mudah didapatkan. Adapun untuk cara merawat kuku dengan minyak zaitun ini kamu hanya harus menghangatkan minyak tersebut kemudian mengoleskannya memakai cotton bud. Setelah itu barulah diamkan selama paling tidak 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih jika sudah selesai.

4. Menggunakan Air Jeruk

Pilihan lainnya yang bisa kamu gunakan ialah air jeruk. Rendaman air jeruk memberikan manfaat yang baik bagi kuku dan membuatnya jadi lebih sehat. Untuk caranya sendiri sangat gampang, kamu hanya perlu menyiapkan air hangat dan perasan air jeruk kemudian mencampurnya dalam sebuah wadah. Lalu mulailah merendam kuku di dalam wadah tersebut kurang lebih 15 sampai 20 meniT. Bilas dengan menggunakan air bersih agar tanganmu tidak jadi lengket.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Terakhir, kamu bisa memakai lidah buaya untuk merawat kuku dengan baik. Caranya adalah dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada kuku secara merata. Lendir lidah buaya juga terbukti mampu dalam menyembuhkan luka yang diakibatkan dari memotong kuku terlalu dalam, serta membuatnya tidak perih lagi. Nah, cukup mudah, bukan?

Begitulah bahan-bahan dan cara yang bisa kamu lakukan agar kukumu dapat tampil sehat serta lebih cantik berkilau. Namun, jika tak ada waktu lebih untuk melakukannya, kamu bisa melakukan manicure di WWSpa. Semoga bisa bermanfaat!

WhatsApp