Apakah ‘Baby Spa’ Aman untuk si Buah Hati?

September 10, 2022

Masih banyak yang salah mengira jika ‘Baby Spa’ hanyalah kegiatan berendam saja bagi si kecil. Faktanya, aktivitas ini memberikan banyak manfaat terutama untuk kesehatan anak. Mungkin ada yang tertarik untuk melakukan perawatan ini, namun terkadang timbul pertanyaan apakah Baby Spa aman untuk si Buah hati?

Apa Itu Baby Spa?

Pada dasarnya, Baby Spa merupakan jenis perawatan untuk bayi yang mengkombinasikan kegiatan berenang dan pijat oleh terapis. Perawatan ini tentu dilakukan oleh profesional sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan dan kenyamanannya untuk si kecil.

Baby spa belakangan memang menjadi tren di kalangan ibu-ibu muda. Namun, sebelum mencoba mengaplikasikan perawatan ini untuk anak kamu, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang jenis perawatan pijat dan berendam ini.

Manfaat Baby Spa

Perawatan Baby Spa bukan sekedar aktivitas untuk gaya-gayaan sekedar mengikuti tren saja. Lebih dari itu, Baby Spa juga memberikan banyak manfaat terutama bagi si kecil. Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan Baby Spa, di antaranya:

- Merangsang stimulasi motorik sejak dini

- Memberikan efek nyaman sehingga dapat menghilangkan rasa gelisah bayi

- Peningkatan interaksi terutama saat bayi menjalani proses spa dan pijat

- Membantu si kecil agar lebih tenang dan rileks sehingga tidur pun menjadi nyenyak dan pulas

- Merangsang hormone yang memiliki tugas untuk mengatur stress pada bayi

- Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh serta melatih gerak otot si kecil agar lebih kuat

Perlu kamu ketahui bahwa perawatan Baby Spa tidak hanya terbatas di salon atau tempat khusus perawatan saja. Namun, kamu juga bisa melakukan pemesanan home service agar terapis datang langsung ke rumah. Tentu ini lebih menguntungkan karena kamu pun tidak perlu mengantri.

Usia yang Tepat untuk Baby Spa

Meskipun aman dan diperbolehkan, namun kamu juga harus mengetahui usia berapa yang tepat bagi bayi untuk melakukan perawatan Baby Spa? Menurut penelitian, usia yang dianjurkan untuk Baby Spa adalah 3 – 6 bulan mengingat kekuatan leher dan punggung si kecil sudah cukup baik.

Sehingga pada saat berendam di dalam kolam khusus, bayi pun dapat menopang tubuhnya dengan baik. Namun, tetap lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa menentukan waktu terbaik untuk melakukan perawatan ini. Dokter akan memberikan saran berdasarkan pertimbangan kemampuan dan perkembangan anak.

Cara Melakukan Baby Spa

Buat yang penasaran dengan perawatan Baby Spa, sebenarnya tidak harus dilakukan di tempat khusus karena kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, penting untuk mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan dan jangan asal memijat. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Berenang dan Berendam

Dalam proses Baby Spa, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membiarkan bayi berendam dan berenang di kolam khusus. Biasanya di salon spa sudah menyediakan kolam dan ban renang yang ramah untuk si kecil demi menjaga agar tidak tenggelam.

2. Memijat dengan Lembut

Proses Baby Spa selanjutnya adalah melakukan pemijatan pada bayi dengan lembut. Selain bagus untuk kesehatan bayi, memijat juga menjadi salah satu upaya bonding untuk meningkatkan kedekatan dengan si kecil.

Pijat bayi saat dalam keadaan tenang dan lakukan perlahan dengan lembut. Baringkan bayi di kasur dan mulai pijat dari bagian wajah, perut, punggung, dan kaki.

Mengetahui banyaknya manfaat Baby Spa untuk kecil, maka kamu pun bisa mempertimbangkan untuk memberikan perawatan ini baik sendiri maupun di salon khusus. Jika ibu juga ingin me time dengan melakukan spa, maka bisa menghubungi www.womanandwomanspa.id.

WhatsApp