Tips Healing Mudah dengan Waktu yang Singkat

March 3, 2024

Padatnya rutinitas tentu saja diikuti pula oleh rasa lelah, marah, dan stres. Maka kamu perlu melakukan healing agar dapat mengembalikan mood. Kamu bisa melakukan healing yang mudah dengan waktu yang singkat.
Berikut ini adalah tips healing mudah dengan waktu yang singkat.

1. Meditasi

Ambil istirahat lalu lakukan meditasi singkat.
Sederhana saja. Duduklah dengan tenang, tutup mata, dan fokuslah pada pernapasan.
Setelah selesai, kamu bisa merasa lebih positif dan sabar. Itulah yang kamu butuhkan untuk mengalihkan energi negatif setelah penat bekerja, sekolah, atau sedang dalam suasana gundah dan galau.

2. Self Talk

Latih self-talk yang positif.
Cobalah untuk mengubah pikiran negatif yang kamu miliki.
Jika kamu khawatir tentang kesalahan yang kamu buat, katakan pada diri sendiri, “Semua orang melakukan kesalahan. Aku bisa memperbaikinya."
Ucapkan beberapa mantra optimis untuk diri sendiri dengan lantang -- itu dapat mengubah cara berpikir dan mengurangi stres kamu.
Tentunya kamu dapat melakukan healing yang mudah dalam waktu yang singkat ini.

3. Lakukan Aktivitas di Luar Ruang

Keluarlah selama beberapa menit untuk melihat lingkungan yang menyejukkan di sekitar tempat kerja kamu atau taman sekolahan kamu. Coba duduk di bawah sinar matahari atau sekadar menghirup udara segar.
Penelitian menunjukkan bahwa waktu di luar dapat memberimu lebih banyak energi, memori yang lebih baik, dan mengurangi kecemasan.
Nikmati alam untuk memberi dorongan pada diri sendiri agar dapat lebih positif.

4. Melakukan Kegiatan yang Buat Kamu Tertawa

Salah satu tips melakukan healing mudah dalam waktu yang singkat adalah membaca beberapa halaman buku lucu, menonton klip komedian favorit kamu, atau menghubungi teman yang selalu membuat kamu tertawa.
Tertawa jelas mencerahkan suasana hati, selain itu juga dapat merangsang jantung, paru-paru, dan otot.
Itu membuat otak kamu melepaskan lebih banyak endorfin yang akan membuatmu merasa baik serta dapat mengendurkan otot-otot dan membantu melancarkan sirkulasi darah kamu.

5. Buat Jurnal/Menulis Diary

Ambil pena dan tuliskan setidaknya beberapa hal yang kamu syukuri hari ini guna melakukan healing.
Pikirkan tentang hubungan kamu dengan pasangan, hal-hal yang berjalan dengan baik, dan setiap bagian positif dari hidup kamu, yang besar maupun kecil.
Orang yang melakukan ini merasa lebih baik dan tidak terlalu terganggu oleh stres.
Menulis hanya memerlukan waktu sangat sedikit untuk dilakukan dan merupakan langkah healing yang tepat untuk kamu yang beragenda padat.

6. Dengarkan Musik

Mainkan beberapa lagu favorit kamu untuk bersantai dan meringankan suasana hati kamu.
Penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki semua jenis manfaat, di antaranya dapat mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Jika kamu merasa tergerak untuk bangkit dan berjoget, itu akan lebih baik lagi.

7. Isi Bahan Bakar Kamu

Isi bahan bakar dengan makan sesuatu yang tetap sehat dan tidak terlalu berat seperti. Beberapa rekomendasi makanan yang kamu santap di antaranya:

  • a. Jeruk
    Buah jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu.
  • b. Kacang-kacangan
    Nikmati segenggam kenari, almond, atau pistachio untuk beberapa asam lemak omega-3 yang menurunkan hormon stres kamu.
  • c. Gandum
    Semangkuk oatmeal atau sepotong roti gandum dapat membantu otak kamu membuat lebih banyak serotonin, yang dapat meningkatkan mood kamu.
  • d. Cokelat
    Tentunya jutaan orang mengetahui bahwa cokelat adalah cemilan yang dapat membuat mood kamu lebih baik dan membuat kamu lebih ceria sehingga dapat menurunkan stres kamu.
    Nah, itu tadi tips healing yang dapat kamu lakukan di kala kamu sedang melakukan agenda padat. Healing tentu tak perlu membutuhkan waktu yang lama seperti pergi berlibur ke Bali, cukup lakukan tips healing mudah dengan waktu yang singkat ini maka stress kamu akan menghilang.
WhatsApp