5 Tips Lakukan Foot Spa di Rumah

March 3, 2024

Rutinitas harian memang melelahkan. Banyaknya aktivitas yang dilakukan membuat kaki terasa pegal. Agar rileks, foot spa bisa menjadi solusi yang pas buatmu. Foot spa adalah perawatan pada kaki yang dapat menjadikan kaki terasa rileks. Kegiatan ini bisa juga disebut spa kaki. Perawatan kaki ini akan memberikan banyak sekali manfaat. Selain bisa membuat kaki rileks, juga melembapkan kaki, menjadikan tumit lebih halus, dan segudang manfaat lainnya. Tentu kamu bisa mendapat semua manfaat tadi dengan melakukan foot spa di rumah. Supaya spa kaki yang kamu lakukan bisa lebih maksimal, kamu bisa menyimak tips berikut.

Siapkan Semua Keperluan

Kamu perlu menyiapkan segala keperluan untuk perawatan kaki. Barang yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu menyediakan handuk, minyak esensial, garam epsom atau garam meja, pelembab, baskom, air, dan kursi. Gunakan baskom yang cukup besar karena akan dipakai untuk merendam kaki. Tak lupa juga, pilih tempat yang paling nyaman untuk melakukan spa kaki ini. Bisa di dalam kamarmu, kamar mandi, atau di taman jika di rumahmu ada. Pastikan tidak ada yang mengganggu selama spa berlangsung. Jika perlu, matikan ponselmu agar ketenanganmu tidak terusik oleh notifikasi. Setelah semua siap, saatnya duduk dengan posisi yang paling membuatmu nyaman.

Gunakan Air Hangat untuk Isi Baskom

Salah satu hal yang dilakukan dalam aktivitas spa kaki ini adalah merendam kaki. Untuk manfaat yang luar biasa, gunakanlah air hangat. Isi baskom yang sudah disiapkan dengan air hangat hingga merendam mata kaki. Air hangat dipilih untuk merendam kaki karena bisa memberikan banyak manfaat. Misalnya saja, memperlancar sirkulasi darah, meredakan stres, mengatasi lelah, dan lainnya. Susu bubuk atau seduhan teh herbal juga boleh ditambahkan. Tidak perlu terlalu banyak. Untuk susu bubuk, cukup beberapa sendok atau beberapa gelas untuk seduhan teh. Susu bubuk bisa menjadikan kaki lebih lembut dan cerah. Sedangkan, teh herbal bisa berguna untuk detoksifikasi.

Tambahkan Batu Kerikil

Memasukkan beberapa kerikil di dalam baskom adalah ide yang bagus. Kerikil atau batu kali bisa menjadi alat pijat. Kamu hanya perlu menginjak-injaknya dengan perlahan. Dengan melakukan ini, rasa pegal dan nyeri pada kaki akan reda. Sesekali, lakukan juga dengan tekanan yang sedikit lebih kuat untuk terapi akupresur. Salah satu manfaat dari terapi ini adalah menjadikan kualitas tidurmu lebih baik.

![5 Tips Lakukan Foot Spa di Rumah](https://assets-global.website-files.com/5af0299f70b69b309af8177d/60f2da188d6ff7036d401cf9_foot-massage-in-the-spa-salon-at-spa-salon-2021-04-06-00-01-47-utc (1).jpg)

Tambahkan juga Garam Epsom dan Minyak Esensial

Tambahkan garam epsom ke baskom yang dipakai untuk merendam kakimu. Cukup beberapa sendok teh saja. Perlu diingat, garam epsom berbeda dengan garam dapur. Garam yang sering disebut garam mandi ini memiliki rasa pahit. Garam epsom ini bermanfaat untuk meredakan nyeri otot. Tidak lupa juga, tambahkan minyak esensial. Ada banyak aroma yang bisa kamu pilih. Misalnya, lavender, eukaliptus, chamomile, serai, dan teh. Penambahan minyak esensial memberikan segudang manfaat. Saat kamu menghirup aromanya, suasana hati menjadi tenang. Tidak hanya itu, minyak ini juga berguna sebagai desinfektan pada saluran pernafasan.

Posisikan Tubuh Agar Rileks

Sandarkan tubuh kamu pada kursi dalam posisi yang paling membuatmu nyaman. Sambil menginjak-injak batu, biarkan tubuh kamu rileks hingga 20 menit. Hirup wangi yang dihasilkan dari aromaterapi agar kamu mendapat ketenangan. Kemudian, kamu bisa menggosok telapak kaki dengan scrub. Lalu memijat kaki terutama pada bagian yang pegal. Setelah itu, barulah bilas kaki dengan air hangat sampai bersih. Dengan menggunakan scrub, kulit mati yang ada pada kaki akan terangkat. Debu dan kotoran yang menempel pun ikut bersamanya. Dengan begitu, kulit kaki akan terhindar dari kusam, penuaan dini, dan akan lebih sehat. Kamu juga perlu mengoleskan pelembap. Dengan itu, kulit kaki akan terasa lebih kenyal dan kencang.

Itulah tips melakukan foot spa di rumah. Hal yang harus disiapkan memang tidak terlalu rumit dan cukup mudah dicari. Kamu pun bisa melakukannya sendiri. Foot spa treatment di rumah bisa memberikan kamu segudang manfaat. Membuat rileks, menyehatkan kulit kaki, dan membuat kaki bersih, dan sebagiannya. Tetapi, kamu mungkin akan takut salah saat melakukannya. Oleh karena itu, jika kamu ingin perawatan kaki oleh profesional, Woman and Woman Spa bisa memberikan solusi. Tunggu apalagi? Segera pesan foot spa di Woman and Woman Spa.

WhatsApp