Manfaat Berendam dengan Garam Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

March 3, 2024

Praktik mandi atau berendam dengan garam laut sudah lama sekali dilakukan. Tepatnya sejak tahun 400-an SM pada zaman Hippocrates, sang dokter Yunani kuno yang terkenal itu. Garam ini memiliki kandungan mineral, rasa, serta, tekstur yang variatif. Tergantung metode panen yang digunakan pada saat proses penguapan. Oleh karena itu, harganya cenderung lebih mahal ketimbang garam dapur yang biasa digunakan untuk bumbu masakan.Penggunaan garam ini juga lebih sedikit meskipun difungsikan untuk berendam dalam waktu lama. Sebelum pakai, pilih garam yang memiliki kandungan yodium agar hasilnya terasa maksimal ketika melakukan perawatan tubuh.

Manfaat Garam Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ingin tahu apa saja manfaat dari mandi dengan air garam? Cek artikelnya berikut ini.

1. Mampu Menyerap Minyak Ekstra dari Kulit

Kalau kadarnya sesuai, sebetulnya kandungan minyak ini bisa bikin kulit tetap lembab dan terasa sejuk. Masalah baru muncul ketika produksi minyak mulai berlebih dan mengakibatkan matinya sel-sel kulit. Akhirnya, area lubang pori-pori pun tersumbat dan terlihat lebih besar. Daripada kondisi kulit berminyak dibiarkan berlarut, lebih baik segera berendam menggunakan garam ini. Sifat kering pada garam ini bisa menyerap kandungan minyak ekstra pada kulit. Minyak yang terserap akan larut dalam air garam. Setelah selesai, bilas menggunakan air non-garam agar efeknya lebih terasa.

2. Bisa Menghilangkan Bau Badan

Meski sudah rajin mandi, bukan berarti bau badan langsung lenyap seketika. Bisa jadi penyebabnya bukan karena badan kotor dan sebagainya. Menurut Dokter Robert Segal, bau badan bisa juga timbul karena kekurangan magnesium. Sebab, fungsi adanya magnesium memang untuk menghilangkan bau badan secara internal. Kekurangan magnesium bisa dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi gula, kafein, serta makanan olahan pabrik. Untuk mengatasi problem tersebut, bisa dengan sering makan sayuran hijau. Kemudian rajin-rajin mandi dengan garam laut di WWSpa agar proses penyerapan bau badan lebih efektif.

Berendam dengan garam laut

3. Mampu Melembutkan Kulit

Kandungan mineral yang ada pada garam sudah terbukti bisa meremajakan kulit mati. Efeknya, kulit pun jadi terasa lembap dan lebih lembut. Jadwal mandi garam tidak harus setiap hari. Boleh pada waktu akhir pekan saja. Kemudian iringi dengan perawatan kulit lain yang sama-sama menggunakan garam. Misalnya dengan mengambil seperempat cangkir garam serta setengah cangkir minyak zaitun. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut hingga merata. Baru digosokkan ke permukaan kulit dengan teknik gerakan melingkar. Setelah beberapa menit, bilas menggunakan air bersih.

4. Membuat Tubuh Jadi Terasa Rileks

Tugas kantor masih menumpuk. Beberapa teman sekolah mengajak ke acara reuni. Kondisi rumah masih berantakan. Piring belum dicuci. Anak-anak rewel terus. Ah, rasanya kepala mau meledak ketika memikirkan banyak permasalahan sekaligus dalam satu waktu. Ketika dibiarkan, seringnya malah tidak melakukan apa-apa. Daripada berlarut-larut, sebaiknya rendam tubuh ke dalam air garam. Lalu pejamkan mata dan rasakan efek alami garam mulai menguasai badan beberapa saat kemudian. Kandungan mineral yang ada pada garam ini memang bisa bikin badan jadi rileks. Kegiatan ini sering disebut dengan istilah balnoterapi.

5. Menghilangkan Pegal-Pegal di Kaki

Usai mengadakan perjalanan jauh, area kaki pasti terasa pegal. Mau tidur, tidak bisa. Mau minta dipijit oleh tukang urut, letaknya jauh dari rumah. Maka, solusi alternatifnya dengan merendam bagian kaki ke dalam air garam. Secara bertahap, rasa sakit dan pegal-pegal pada kaki akan berkurang. Pada awalnya, memang terasa kurang nyaman. Rasanya mau angkat kaki melulu. Apalagi jika ada bagian kaki yang sedikit terluka. Tapi, selang beberapa waktu kemudian, rasa nyeri tersebut akan berkurang. Bahkan hilang ketika di esok hari melakukan kegiatan yang sama.

Untuk mandi garam, tidak perlu jauh-jauh ke laut. Sebab, saat ini sudah banyak tempat spa yang menawarkan fasilitas serupa seperti di WWSpa. Mandi garam laut merupakan salah satu favorit layanan di WWSpa. Tujuan utamanya memang untuk menjaga kesehatan serta kecantikan pelanggan dengan berbagai metode perawatan yang ada.

WhatsApp