Masih Belum Kenal ‘Baby Spa’? Simak Pengertian dan Manfaatnya!

September 10, 2022

Mungkin sudah banyak yang mendengar tentang Baby Spa, hanya saja belum tahu betul apa pengertian dan manfaatnya. Bagi orang tua yang memiliki anak yang masih bayi, salah satu jenis perawatan ini bisa kamu coba terapkan untuk si kecil. Apa pengertian dan manfaat Baby Spa?

Pengertian Baby Spa

Bukan sekedar tren, Baby Spa merupakan salah satu jenis perawatan untuk bayi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pengertian Baby Spa adalah perawatan yang diperuntukkan untuk bayi dengan menggabungkan proses pijat dan spa.

Sesi pertama yang biasanya akan diterapkan untuk si kecil adalah berenang atau berendam di dalam kolam yang sudah tersedia secara khusus. Kemudian bayi akan dipijat oleh terapi selama beberapa menit. Kamu tak perlu khawatir karena perawatan jenis ini cenderung aman.

Apalagi saat ini sudah banyak tempat spa bayi yang ditangani oleh professional. Terapis dan mereka yang melakukan praktek Baby Spa pun sudah terlatih sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kesehatan si kecil.

Manfaat Baby Spa

Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil, perawatan Baby Spa juga mampu memberikan rangsangan stimulasi sejak usia dini. Bayi pun akan terhindar dari rasa gelisah karena rasa nyaman yang mereka dapatkan dari pijatan terapis. Apa saja manfaat Baby Spa? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menstimulasi Otot Bayi

Manfaat Baby Spa dengan hidroterapi dapat membantu untuk menstimulasi otot kaki dan lengan si kecil agar menjadi lebih kuat.

Berdasarkan pengalaman, bayi yang menjalani terapi jenis ini terbukti memiliki kemampuan untuk berjalan dengan lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena otot kaki mereka lebih terlatih daripada yang tidak melakukan perawatan.

2. Mengoptimalkan Motorik

Stimulasi untuk si kecil memang sangat penting untuk diberikan sejak dini. Baby spa merupakan perawatan yang sangat bagus karena juga dapat membantu mengoptimalkan motorik. Terlebih lagi saat bayi berusia 0 – 1 tahun merupakan fase belajar bagi mereka.

Di usia tersebut mereka mulai belajar tengkurap, merangkak, duduk, hingga berdiri. Di fase inilah bayi mulai belajar untuk mengembangkan motorik halus maupun kasar. Sehingga dengan kegiatan berenang dan pijat yang dilakukan oleh terapis handal, motorik si kecil pun dapat berkembang dengan lebih optimal.

3. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Bagi si kecil yang berat badannya tak kunjung naik, mungkin bisa dicoba dengan perawatan Baby Spa. Karena pijatan yang si kecil dapatkan juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan jika stimulasi pijat juga berkaitan dengan peningkatan berat badan anak.

Hal ini karena pijat bayi diduga memiliki pengaruh terhadap peningkatan aktivitas sistem saraf vagal dan pergerakan lambung. Sehingga penyerapan nutrisi pun menjadi lebih efisien dan hasilnya berat badan meningkat dengan baik.

Efek pijat akan lebih besar jika menggunakan minyak biji bunga matahari maupun minyak kelapa.

4. Mengurangi Stress pada Bayi

Tidak hanya orang dewasa yang bisa stress, bayi pun juga bisa mengalaminya. Dengan perawatan Baby Spa dan pijat bayi, mereka cenderung memiliki motorik dan perilaku yang lebih matang. Terutama bagi bayi prematur, perawatan ini sangat direkomendasikan karena sangat membantu tumbuh kembangnya.

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan perawatan spa seperti yang bisa kamu dapatkan melalui www.womanandwomanspa.id. Karena bayi pun juga membutuhkan perawatan Baby Spa demi kesehatan fisik maupun psikisnya.

WhatsApp