Manfaat Baby Spa Menurut Psikolog

March 3, 2024

Perawatan tubuh tersedia berbagai macam untuk setiap usia. Salah satunya adalah perawatan spa. Tidak hanya untuk dewasa dan remaja, spa juga bisa dilakukan oleh anak bayi. Istilahnya disebut dengan_ baby spa_.
Perawatan tersebut populer di kalangan para mama. Pengertian baby spa adalah proses fisioterapi untuk bayi yang dapat merangsang gerakan motorik bayi.
Dalam proses baby spa, bayi akan diajak untuk bermain air. Tidak hanya itu, biasanya ada dua urutan baby spa yang ditangani oleh terapis yaitu pijat bayi kemudian berenang.
Nah, bayi dengan usia 4 sampai 6 bulan adalah waktu terbaik mereka untuk berkenalan dengan kolam renang.
Hal itu karena kemampuan akuatik refleksi mereka belum hilang (kemampuan mengambil napas sebelum menyentuh air). Sehingga bagi akan mengapung dan mencegah mereka menelan air saat berenang
Baby spa juga bisa menggabungkan pijat untuk bayi, baby gym, baby hydro, dan perawatan kulit. Cukup banyak ya ternyata variasinya dan tentunya harus dilakukan oleh profesional.
Seorang psikiatri New York University, Virginia Sadock, MD., mengatakan bahwa spa adalah perawatan diri yang dapat diterima secara psikologis dan budaya.
Lalu apa sih manfaatnya baby spa _ini? Berikut adalah **[manfaat _baby spa](https://www.womanandwomanspa.id/treatments)** yang diambil dari berbagai penelitian.

Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak

Dalam proses baby spa ada proses berenang. Dengan bermain air, maka otot bayi ikut berkembang dengan baik, persendian juga bisa tumbuh secara optimal, dan tubuh bayi akan lebih kenyal.
Semua bagian tubuh bayi ikut terlatih karena tubuh bayi akan bergerak mulai dari tangan, kaki, sampai kepala.
Selain itu, kontrol otot mereka akan ikut meningkat karena saat aktivitas berenang, efek gravitasinya rendah sehingga memungkikan bayi untuk banyak bergerak dan memungkinkan otot untuk bekerja.

Tubuh Bayi Lebih Rileks

Bayi yang mempunyai gerakan aktif hingga balita yang mulai berjalan akan mudah lelah. Oleh karena itu baby spa bisa menjadi pilihan mama agar tubuh bayi lebih rileks. Ada proses pijat bayi dalam baby spa yang bisa memberikan relaksasi.

Bayi Lebih Responsif

Selain relaksasi, baby massage juga membuat bayi lebih responsif. Seperti kontak mata, lebih banyak tersenyum, lebih sering berbicara, lebih banyak merespon, lebih cepat di lingkungan belajar, dan lebih cepat pada lingkungan.

Meningkatkan Konsentrasi Anak

Baby spa yang dapat merelaksasi tubuh bayi bisa menenangkan pikiran dan kenyamanan bayi. Karenanya, bayi atau anak lebih mudah untuk berkonsentrasi. Mood mereka juga membaik.

Memperbaiki Pola Tidur

Tubuh bayi yang sudah rileks akan membuatnya lebih mudah untuk tidur. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi prematur yang dipijat hingga usia 8 bulan kualitas tidurnya meningkat.

Ikatan yang Lebih Kuat dengan Orang Tua

Melalui sentuhan orang tua kepada bayinya, maka ikatan keduanya akan menjadi lebih kuat. Hal itu karena pijat bayi merangsang produksi oksitosin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan dicintai. Setelah pulang dari spa, maka bayi akan dalam suasana hati yang baik.

Sarana Bermain Anak

Nah, sesi berenang bisa menjadi sarana bermain anak. Mereka akan bergerak dalam air. Proses ini juga sangat menyenangkan untuk baby _yang menyukai aktivitas di dalam air.
Melihat berbagai **[manfaat _baby sp
a](https://www.womanandwomanspa.id/treatments)**, maka ini saatnya mencoba untuk buah hati kamu. Woman and Woman Spa menyediakan treatment baby spa. Jadi selain memanjakan diri, kamu juga bisa memanjakan tubuh buah hati kamu. Mom and kid time!
Untuk melihat treatment dan tarif baby spa_ _dari Woman and Woman Spa, kamu bisa cek laman berikut https://www.womanandwomanspa.id/.

WhatsApp