5 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Vagina

August 28, 2020

Istilah “cantik bukan hanya dari luar, tetapi juga harus dari dalam” menjadi hal yang terus diingat dan diperhatikan bagi banyak wanita. Tidak hanya pada bagian tubuh yang terlihat oleh banyak orang seperti wajah dan rambut, bagian tubuh seperti vagina pun juga perlu dirawat dan dijaga kesehatannya. Saat ini, merawat area kewanitaan juga sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menjaga kesehatan organ reproduksi ketika menstruasi ataupun saat melahirkan, perawatan ini juga penting untuk menjaga keharmonisan hubungan suami-istri. Walaupun sejatinya vagina sudah mempunyai mekanisme sendiri untuk membersihkan dan menjaga keseimbangan PH di dalamnya, namun menjaga dan merawat kesehatan vagina tetap perlu dilakukan untuk menghindari vagina dari infeksi dan masalah yang muncul.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Saat ini, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan vagina, mulai dari hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, hingga menggunakan terapi khusus seperti totok vagina dan lain sebagainya.  

1. Totok vagina

Ada banyak terapi kesehatan area kewanitaan yang ditawarkan oleh salon-salon kecantikan. Namun yang paling populer saat ini adalah totok vagina. Treatment ini menerapkan teknik pijatan khusus yang berpusat pada titik-titik energi di sekitar area kewanitaan seperti perut, paha, selangkangan dan bokong. Manfaatnya sangat banyak, diataranya yaitu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi, melancarkan peredaran darah, hingga mengembalikan elastisitas otot-otot vagina setelah melahirkan. Selain aman dan banyak manfaat, terapi ini juga diikuti dengan serangkaian treatment lainnya seperti spa, hingga terapi pijat di tubuh untuk relaksasi jika kamu menerapkannya di salon-salon kecantikan terdeka seperti Woman and Woman Spa.

2. Menjaga keseimbangan PH vagina

PH vagina normal, umumnya berkisar 3 - 4,5. PH ini menjaga keadaan vagina agar bakteri baik di dalamnya tetap bisa menangkal dari berbagai infeksi dan iritasi yang menyerang vagina. Jika kamu saat ini sedang menggunakan sabun pembersih yang mengandung banyak pewangi, sebaiknya kamu kurangi mulai dari sekarang. Selain dapat menyebabkan iritasi pada kulit vagina jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sabun pembersih juga akan mengganggu keseimbangan PH normal vagina apabila digunakan terlalu sering.

3. Menjaga kebersihan vagina ketika menstruasi

Jika kamu sedang menstruasi, adakalanya kamu perlu mengerahkan perhatianmu pada kebersihan vagina sesering mungkin. Hal ini dikarenakan pada saat menstruasi, akan ada banyak bakteri penyebab iritasi yang muncul, yang apabila tidak dihiraukan akan menjadi masalah yang serius. Rutinlah menjaga kebersihan vagina dengan lebih sering mengganti pembalut minimal 5-6 jam sekali dan keringkan vagina dengan handuk atau tisu yang lembut jika dirasa vagina masih basah dan lembab.

4. Menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat

Walaupun tertutup, vagina juga perlu ruang yang baik, agar kondisinya tidak terlalu lembab. Pilihlah pakaian dalam yang tidak terlalu ketat serta berbahan katun ataupun terbuat dari bahan-bahan yang lebih mudah menyerap air agar kondisi vagina tetap kering dan sirkulasi udara di seitarnya tetap normal.

5. Konsumsi makanan bergizi

Mungkin terlihat sepele, namun makanan bergizi merupakan hal yang penting untuk kamu terapkan. Karena bagaimanapun, semua metabolisme tubuhmu berasal dari makanan, teruntuk lagi untuk kesehatan organ intimmu. Kandungan gizi pada makanan dapat menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga tetap sehat.

Itulah beberapa cara untuk menjaga dan merawat kesehatan vagina. Tentunya selain menerapkan totok vagina ataupun tips lainnya, kamu juga perlu konsultasikan ke dokter ahli untuk mengetahui kondisi organ intimmu. Selain itu, olahraga yang teratur juga penting untuk dilakukan guna menjaga kebugaran dan menstabilkan metabolisme tubuh agar tetap sehat.

WhatsApp