5 Cara Mengatasi Stres Menjelang Hari Pernikahan

March 3, 2024

Tidak sedikit orang yang merasa sangat stres menjelang hari pernikahan, bahkan tidak sedikitpula yang gagal karena hal ini. Pasti kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Nah, maka dari itu, kamu perlu melakukan tindakan atau cara mengatasi stres menjelang pernikahan, agar semuaberjalan lancar seperti apa maumu. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, akibat mempersiapkanpernikahan. Kamu wajib melakukannya, agar ketika hari pernikahan berlangsung kamu bisamenikmati tanpa adanya stres yang membebani. Lantas, bagaimana caranya?

Daftar Cara Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan

Hari pernikahan merupakan momen sakral yang dinantikan oleh calon pengantin beserta keluarga. Dengan begitu, kamu sebagai pengantin harus terhindar dari stres agar ketika menikahmoodnya sangat baik. Berikut ini cara mengatasi stres menjelang pernikahan yang bisa kamu lakukan:

1. Memaklumi Perasaan Cemas

Rasa cemas yang hadir ketika menjelang hari pernikahan, ternyata merupakan hal yang wajar, sehingga kamu tidak perlu memikirkannya terlalu dalam. Maklumi saja rasa cemas tersebut, karena memang menikah adalah sebuah pilihan besar sehingga akan ada rasa kecemasan. Jangan sampai memasukkan kecemasan yang kamu alami menjelang pernikahan ini dalampikiran terlalu dalam, karena akan dapat menimbulkan stres. Hal tersebut dikarenakanpikiran kamu akan semakin padat, padahal ada hal lainnya yang lebih penting daripada rasa cemas.

2. Meditasi

Jika kamu merasa sangat stres dan sangat terbebani menjelang pernikahan, kamu bisa melakukan meditasi kurang lebih sekitar 2-3 jam. Dengan melakukan meditasi ini, dapat membantu kamu dalam menjernihkan pikiran serta mengelola perasaan, sehingga keduanya dapat seimbang dan memberikan ketenangan pada kamu. Kamu bisa melakukan meditasi setelah bangun tidur, karena setelah bangun kondisi tubuh lebih segar daripada waktu-waktu lainnya. Setelah itu, kamu hanya perlu duduk bersila dan cobalah mencari posisi yang nyaman, kemudian pejamkan mata dan fokuslah pada hal-halyang menyenangkan saja. Tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan dan buat dirimu rileks.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Stres menjelang pernikahan sangat rawan datang, namun kamu tidak boleh terlalu fokus padanya. Pastikan kamu memberikan perhatian juga pada makanan yang kamu konsumsi setiap harinya, karena dengan menyantap makanan bergizi dan bernutrisi, stres lambat launakan menurun. Asupan nutrisi dalam makanan bisa kamu dapatkan dari sayur dan buah-buahan, jadi jangan sampai melewatkannya di setiap sesi makan kamu, ya. Lakukan cara mengatasi stres menjelang pernikahan yang ketiga ini, karena selain menghilangkannya, cara ini bisa menjaga pikiran dan perasaan tetap positif sampai hari pernikahan.

4. Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Cara selanjutnya ini sangat sederhana tapi memang sulit untuk dilakukan, yakni berkomunikasi secara baik dengan pasangan. Memang akan terjadi selisih pendapat, sehingga menimbulkan percekcokan dan akhirnya menimbulkan stres. Namun, dengan melakukan komunikasi yang baik dengan pasangan, hal ini bisa dihindari. Pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan kepala dingin, sehingga ketika ada selisih pendapat kamu dan pasangan bisa melewatinya tanpa adanya pertengkaran.

5. Spa dan Massage

Terakhir, kamu bisa melakukan perawatan tubuh seperti spa and massage di WWSpa, yang akan memberikan ketenangan pada tubuh serta pikiran. Spa and massage merupakan salah satu teknik pemijatan yang super populer, yakni menyatukannya dengan serangkaian kegiatan seperti mandi air hangat, aromaterapi dan suasana yang nyaman dan menenangkan.

Selain kelima cara mengatasi stres menjelang pernikahan yang telah dijelaskan di atas, kamu juga harus mempersiapkan pernikahan sesuai budget. Pasalnya, budget merupakan salah satu pemicu terjadinya stres, sehingga kamu harus benar-benar memperhitungkannya. Jika memang diperlukan, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurangi beban pikiran yang dapat memicu terjadinya stres.

WhatsApp