Boreh Bali : Lulur Tradisional bisa Menghangatkan Tubuh

March 3, 2024

Apakah BorehBali itu? Bagaimana bisa lulur tradional tersebut bisa menghangatkan tubuh?Boreh Bali merupakan salah satu lulur tradisional khas masyarakat Bali yang berasal dari rempah pilihan dengan kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Pemilihan rempah-rempah tersebut dilakukan secara turun-temurun yang memang menjadi kebiasaan masyarakat Bali dalam merawat kesehatan tubuhnya. Rempah-rempah merupakan bahan yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh terutama dalam memberikan kehangatan pada tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa lulur tradisional tersebut tidak hanya berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit tetapi juga mampu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh. Apa sajakah rempah pilihan yang menjadi bahan dalam boreh Bali? Mengapa lulur tradisional yang satu ini mampu memberikan kehangatan bagi tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Boreh Bali Mampu Memberikan Efek Hangat pada Tubuh?

Terdapat beberapa alasan terkait dengan lulur tradisional khas Bali yang mampu menghangatkan tubuh sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Hal ini berkaitan dengan berbagai macam campuran bahan alami berupa rempah-rempah yang memiliki ciri khas dengan kehangatannya.

Berikut merupakan bahan-bahan yang berperan penting pada boreh, yaitu :

1. Pala

Umumnya pala dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan nusantara. Namun, berbeda dengan masyarakat Bali yang memilih rempah yang satu ini sebagai bahan lulur tradisional yang memiliki khasiat dalam menghangatkan tubuh.

Tidak hanya itu, pala juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan bersifat sedatif, memiliki khasiat dalam memperlancar peredaran darah serta meringankan ketegangan syaraf dan otot.

2. Lada

Lada juga menjadi salah satu rempah yang masuk dalam boreh bali. Rempah ini memiliki khasiat dalam memberikan kehangatan dan ketenangan bagi tubuh serta memiliki khasiat yang sama dengan pala dalam mengurangi ketegangan otot.

3. Beras

Beras tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Namun, beras juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Walalupun, beras tidak memberikan rasa hangat namun bahan alami ini menjadi bahan pilihan pada boreh.

Beras berperan dalam menjaga kelembutan kulit, mengangkat sel kulit yang mati, dan melahirkan kembali atau meregenerasi sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah, sehat, dan lembut. Seringkali pengaplikasian beras pada kulit menjadi salah satu cara memutihkan badan secara alami yang memang sudah dikenal secara turun-temurun dan beredar di beberapa negara.

4. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah yang berkhasiat untuk mengatasi gatal dan peradangan pada kulit, mengangkat sel kulit mati sekaligus mengatasi masalah kulit yang berkaitan dengan kelembutan dan kelembapannya. Selain itu, rempah ini juga berperan sebagai antiseptik dan mampu mengatasi masalah bau badan.

5. Javanese long pepper

Javanese long pepper merupakan bahasa latin dari tanaman cabai jawa yang berada dalam satu famili dengan sirih-sirihan. Bahan alam ini berperan dalam memberikan rasa hangat pada tubuh dan memperlancar peredaran darah, meringankan nyeri otot dan sendi, serta memiliki sifat karminatif.

6. Cengkih

Cengkih merupakan rempah-rempah yang mampu menstimulasi jalan darah, meringankan pernapasan, dan menghilangkan rasa mual. Penggunaan cengkih didasarkan pada kandungan senyawa-senyawa yang mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Jahe

Jahe merupakan rempah yang terkenal dengan efek hangat yang dapat dierikan oleh bahan tersebut. Tidak hanya itu, jahe juga menjadi salah satu bahan yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi peradangan dan rasa gatal, serta memiliki sifat karminatif.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai lulur tradisonal berupa boreh Bali yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia terutama di daerah Bali dalam menjaga kesehatan tubuh dan kualitas kecantikan kulitnya. Pengunaan lulur ini dapat dilestraikan secara turun-temurun bahkan di masa ini pengaplikasian lulur berupa boreh sangat tersohor. Selamat mencoba dan menikmati hari yang menyenangkan.

WhatsApp