Amankah Luluran Setiap Hari bagi Kesehatan dan Kecantikan?

July 31, 2020

Luluran atau scrubbingmemang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, namun amankah dilakukansetiap hari?Untuk menjadikan kulit senantiasa halus dan bersih kaum Hawa memilih perawatan scrubbing atau luluran secara teratur. Perawatan satu ini bisa dilakukan di rumah maupun di Woman and Woman Spa. Prosesnya sendiri dimulai dengan mengaplikasikan produk lulur kemudian dipijat perlahan agar sel-sel kulit mati dan kotoran terangkat dengan sendirinya. Semakin rutin dilakukan maka hasilnya akan semakin memuaskan, namun perlukah perawatan ini dilakukan setiap hari?

Amankah Menggunakan Lulur Setiap Hari?

Rutin melakukan luluran memang membantu menjadikan kulit lebih bersih, halus, dan cerah jika produk yang digunakan mengandung bahan pencerah. Hanya saja butiran scrub yang terkandung di dalam produk luluran memiliki efek eksfoliasi atau pengelupasan. Tentunya tidak dianjurkan untuk diaplikasikan setiap hari, yang justru memicu masalah kulit. Seperti:

● Kulit menjadi kering karena minyak alami di permukaan kulit ikut terkikis oleh scrub tadi.

● Bisa membuat kulit berkeriput karena lapisan kulit terlalu sering terkikis dan kering sehingga muncul kerutan yang jika disentuh akan terasa sedikit kasar.

● Menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit karena sel-sel kulit baru ikut terkelupas saat melakukan luluran.

Cara Luluran dengan Baik dan Benar

Mengetahui bahwa memakai produk lulur, khususnya yang butiran scrub-nya cukup besar dan kasar tidak baik dilakukan setiap hari. Maka wajib tahu dulu cara baik dan benar melakukan perawatan ini, berikut penjelasannya:

1. Lakukan Antara 3-4x Seminggu

Mengaplikasikan scrub ke seluruh tubuh efektif mengangkat tumpukan kotoran dan sel kulit mati. Hanya saja untuk menghindari resiko kulit kering, berkeriput, dan teriritasi sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Durasi yang ideal dalam seminggu adalah 3- 4 kali. Terlalu sering melakukan scrubbing tidak hanya membuat kulit mengalami berbagai masalah yang disebutkan di atas saja. Akan tetapi juga menyita lebih banyak waktu dan tenaga. Padahal hanya dengan 3 kali seminggu, dijamin manfaatnya sudah bisa dirasakan. Maka, kenapa harus berlebihan?

2. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Produk untuk luluran memang sangat banyak karena ada banyak brand yang menyediakannya. Meskipun memiliki fungsi sama namun komposisi bahan sampai tekstur produk akan berbeda. Supaya hasilnya maksimal pastikan memilih produk yang sesuai karakter kulit, misalnya untuk kulit kering pilih produk yang kandungan pelembabnya tinggi.

3. Diamkan Sebentar Baru Dipijat

Saat mengaplikasikan produk luluran sebaiknya didiamkan sejenak untuk memastikan kandungan bahannya meresap ke kulit. Sehingga kandungan nutrisi dari produk tersebut bisa terserap maksimal dan kulit semakin sehat. Diamkan sekitar 10 menit baru dipijat dengan gerakan memutar. Sebelum dibilas ulangi lagi untuk didiamkan sekitar 10 menit, barulah dibilas seperti biasa. Tujuan mendiamkan kembali usai dipijat ini adalah untuk memastikan kotoran terangkat dengan sempurna. Sehingga pori-pori kulit bersih secara maksimal dan nutrisi dari produk yang digunakan juga terserap dengan baik oleh kulit.

4. Dilakukan di Tempat Spa

Meskipun melakukan perawatan scrubbing ini sangat mungkin untuk dilakukan di rumah sendiri. Namun akan lebih baik jika dilakukan di tempat spa, sehingga mencegah adanya kesalahan. Tempat lulur spa juga akan menyediakan terapis berpengalaman sehingga manfaat dari perawatan ini akan semakin terasa. Meskipun biaya yang dikeluarkan lebih banyak sedikit, namun sejak awal sudah bisa memastikan perawatannya benar. Sehingga bisa merasakan manfaat dari perawatan kulit satu ini, sekaligus terhindar dari berbagai kemungkinan mengalami efek samping.

Luluran atau scrubbing memang sudah menjadi perawatan wajib kaum Hawa untuk memastikan kulitnya sehat dan terawat. Namun, usahakan perawatan ini dilakukan dengan benar. Salah satunya tidak memakai produk lulur setiap hari melainkan diatur antara 3 sampai 4 kali saja dalam seminggu.

WhatsApp