5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Pijat Refleksi

May 31, 2021

Saat tubuh merasa lelah berlebihan, beberapa orang memilih untuk istirahat total dan beberapa lagi memilih memanggil tukang pijat atau urut. Pijat sendiri merupakan aktivitas yang sudah dikenal masyarakat Indonesia dan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Jenisnya kemudian sangat beragam dan salah satu jenis pijat yang populer adalah pijat refleksi.

Apa Itu Pijat Refleksi?

Pijat jenis refleksi dikenal sebagai teknik pijat yang berasal dari China dan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Berbeda dengan pijat konvensional yang memijat atau menekan di bagian tubuh manapun secara acak. Pada teknik refleksi pemijatan hanya dilakukan di tiga titik yaitu itu telinga, tangan, dan juga kaki. Menariknya pijat refleksi di tiga area tersebut tidak menekan seluruh bagiannya melainkan hanya titik tertentu yang diyakini berhubungan dengan saraf. Penekanan pada titik yang terhubung ke saraf akan memberi efek lebih maksimal dan tepat sasaran. Sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan. Hanya saja pijat asal China ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, wajib dilakukan oleh terapis berpengalaman dan sudah mengantongi sertifikasi. Sebab penekanan dilakukan di titik yang terhubung dengan saraf. Jika salah dalam menentukan titik dan salah dalam menentukan besarnya tekanan yang diberikan, tentu akan berakibat buruk.

Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan

Sama seperti pijat jenis lainnya, pijat dengan teknik refleksi ini juga bisa dan aman dilakukan secara rutin. Tentunya dengan catatan khusus, yakni dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dan bersertifikasi. Jika rutin dilakukan maka beberapa manfaat berikut bisa dirasakan:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat pertama dari pijat jenis ini adalah membantu melancarkan kembali peredaran darah. Manfaat ini diberikan karena penekanan pada titik tertentu berkhasiat untuk membuka simpul di pembuluh darah. Sehingga mengaktifkan kembali nadi dan vena, hal ini membuat peredaran darah semakin lancar. Tubuh cenderung menjadi lebih segar dan bebas dari pegal maupun rasa sakit.

2. Meredakan Kondisi Stres

Teknik pijat refleksi memang tampak sederhana, yakni menekan titik tertentu dan sifatnya terbatas. Namun, siapa sangka dengan teknik yang khas ini ternyata mampu memberikan solusi atas stres yang dialami. Jadi, pijat asal China ini memang dikenal efektif meredakan stres karena membantu menenangkan saraf dan melancarkan peredaran darah

3. Melancarkan Pencernaan

Punya gangguan di pencernaan? Maka bisa mencoba rutin melakukan pijat jenis refleksi ini.  Penekanan di titik tertentu akan membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus membantu proses detoksifikasi. Sehingga racun yang masuk melalui makanan akan lebih mudah untuk keluar. Inilah alasan kenapa 24 jam sebelum pemijatan dilakukan para pasien dilarang untuk minum alkohol. Sebab asupan alkohol akan meningkatkan sensasi tidak nyaman ketika proses detoksifikasi pasca peminatan mulai  berlangsung. Jadi, usahakan makan sehat dan istirahat cukup agar nyaman meskipun proses detoks sedang berlangsung.

4. Meredakan Rasa Nyeri

Pijat jenis ini berfokus pada 7.000 saraf di sepanjang telapak kaki dan tangan yang kemudian terhubung ke titik saraf pusat. Penekanan pada titik tertentu efektif menenangkan saraf sehingga membantu meredakan rasa nyeri. Jika selama ini memiliki keluhan berupa rasa nyeri yang terus menerus maka bisa mencoba rutin melakukan pijat ini.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Kemampuan pijat satu ini dalam menenangkan saraf juga efektif meningkatkan kualitas tidur. Sehingga bisa mengatasi gangguan tidur seperti insomnia, tidur membaik dan kualitas kesehatan ikut membaik juga.

Manfaatnya sendiri memang masih banyak lagi, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Jadi, tidak perlu ragu untuk rutin melakukan pijat refleksi selama dilakukan di tempat terbaik agar ditangani oleh terapis yang berpengalaman dan bersertifikat.

WhatsApp