3 Manfaat Melahirkan Normal Bagi Ibu dan Bayi

March 3, 2024

Melahirkan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu melahirkan. Ada 2 cara untuk melahirkan, yaitu dengan normal atau sesar. Melahirkan secara normal sering kali dipilih karena dianggap mempunyai banyak sekali manfaat baik itu untuk ibu maupun untuk bayi.

Apakah kamu ingin melahirkan secara normal? Maka, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya dari melahirkan secara normal. Lalu, apa saja manfaatnya?

3 Manfaat Melahirkan Normal Bagi Ibu dan Bayi

Berikut ini adalah 3 manfaat dari ibu melahirkan bayi secara normal :

1.  Pemulihan Lebih Cepat

Melahirkan secara normal sering kali dianggap menyakitkan. Namun, sebenarnya rasa sakit tidak akan terlalu terasa jika persalinan dilakukan dengan cara yang tepat. Rasa sakit tersebut juga tidak akan berlangsung terus-menerus dan biasanya hanya terjadi pada saat pembukaan dan mengejan saat melahirkan.

Ketika bayi sudah lahir, maka rasa sakit akan menurun dan kemudian segera menghilang. Selain rasa sakit yang menurun, juga pemulihan akan menjadi lebih cepat jika persalinan dilakukan secara normal. Kamu bisa pulang dalam jangka waktu yang cepat jika sudah diizinkan oleh dokter.

Setelah melahirkan ibu melahirkan normal, tubuhmu dapat pulih dengan lebih cepat karena tidak mengalami pemotongan atau jahitan yang signifikan. Ini memungkinkanmu untuk segera dapat bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah.

Selain itu, melahirkan secara normal juga memiliki manfaat lain yang signifikan. Salah satunya adalah proses alami ini membantu tubuh ibu memproduksi hormon oksitosin, yang membantu dalam proses ikatan emosional antara ibu dan bayi.

Kontak kulit dengan kulit yang langsung setelah kelahiran juga dapat meningkatkan keintiman dan kenyamanan ibu dan bayi. Melahirkan normal memang bisa menjadi pengalaman yang menantang, namun banyak manfaatnya bagi ibu dan bayi.

Dengan persiapan yang baik, dukungan yang memadai, dan pemahaman tentang proses melahirkan, kamu dapat mengatasi rasa sakit dan merasakan manfaat yang luar biasa dari pengalaman melahirkan secara normal terutama pemulihan yang lebih cepat.

2.  Risiko Masalah Kesehatan pada Bayi Lebih Sedikit

Manfaat kedua yang dapat dirasakan dari melahirkan normal adalah risiko masalah kesehatan pada bayi yang lebih sedikit. Risiko terjadinya infeksi pada bayi akan lebih sedikit. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan ketika bayi melewati jalan lahir, tubuhnya terpapar dengan bakteri yang bermanfaat yang ada di area ibu. Bakteri ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, juga memberikan perlindungan terhadap infeksi pada tahap awal kehidupannya.

Selain risiko masalah kesehatan pada bayi yang lebih sedikit, bonding antara ibu dengan bayi juga akan menjadi lebih kuat. Ibu melahirkan normal didampingi suami juga sangat penting untuk meningkatkan bonding tersebut.

3.  Dapat Segera Menyusui

Manfaat lainnya dari melahirkan secara normal adalah bisa membuatmu segera menyusui. Rangsangan hormon yang terjadi karena proses persalinan normal menyebabkan produksi ASI menjadi lebih meningkat. Selain itu, kondisi bayi yang dilahirkan secara normal juga bisa membuatnya lebih siap untuk segera menyusu.

Sebelum melahirkan secara normal, ada baiknya untuk melakukan beberapa perawatan agar tubuh menjadi lebih rileks dan bisa membuatmu lebih siap menghadapi persalinan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan spa seperti pijat, lulur, totok payudara, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin melakukan berbagai perawatan tersebut maka bisa melakukannya di Woman and Woman Spa. Kamu akan mendapatkan perawatan ibu akan melahirkan terbaik yang bisa membuat diri menjadi lebih siap dalam menghadapi persalinan. Yuk segera kunjungi Woman and Woman Spa!

WhatsApp