Boreh Bali : Rahasia Kulit Cerah Wanita Indonesia

March 3, 2024

Bagaimana cara memutihkan badan secara alami khas wanita Indonesia? Apakah boreh Bali itu? Temukan jawabannya di artikel ini.

Kecerahan kulit merupakan suatu parameter yang sering digunakan oleh banyak orang dalam menentukan kecantikan wanita. Salah satu cara memutihkan badan atau kulit dapat dilakukan melalui perawatan tradisional khas Pulau Dewata yaitu boreh yang merupakan masker dari bahan alam. Boreh ini tidak hanya berfungsi sebagai treatment kecantikan tetapi juga memiliki nilai magis yang kental bagi masyarakat Bali. Selain itu, kekhasan yang dimiliki oleh masker tradisional ini tidak hanya mampu menarik para wanita Indonesia untuk merasakannya. Tetapi juga wanita manca negara yang datang untuk menikmati suasana Pulau Bali pun menyukai perawatan yang satu ini. Boreh Bali juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, memiliki kemampuan sebagai detoksifikasi yang mampu mencerahkan kulit dan membuat bagian tubuh tersebut lebih bersinar. Namun, bahan alami apa sajakah yang diaplikasikan pada boreh ini? Apa saja khasiat bahan-bahan alam tersebut? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Saja Bahan Alam yang Terdapat dalam Boreh Bali?

Berikut merupakan rempah-rempah yang dijadikan bahan utama dalam pembuatan boreh yang menjadi rahasia kecantikan wanita Indonesia, diantaranya :

1. Jahe

Jahe merupakan salah stau rimpang yang dijadikan sebagai bahan masakan bagi masyarakat Indonesia dan mampu memberikan efek hangat di dalam tubuh. Namun, terdapat khasiat lain dalam rimpang tersbeut karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan merupakan salah satu komponen yang mampu menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan kulit baik itu di bagian badan maupun wajah. Tidak hanya itu, jahe juga mampu mencerahkan kulit wajah dengan mekanisme kerja yakni mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga warna kulit yang awalnya tampak gelap karena adanya sel kulit yang mati dapat diatasi.

Selain itu, jenis rempah ini juga mampu menghilangkan bekas paparan sinar matahari pada kulit.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan jenis rempah yang memiliki bau khas dan dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam pengaplikasiannya, kayu manis mampu mencerahkan kulit wajah dengan cara mengangkat sel kulit mati yang mengakibatkan kulit terutama pada bagian wajah tampak lebih gelap dan kering.

Tidak hanya itu, kayu manis ini juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini dan tumbuhnya jerawat.

3. Kencur

Kencur menjadi rempah pilihan sebagai bahan boreh yang mampu mencerahkan kulit dengan menghilangkan noda hitam pada bagian tersebut. Kencur juga memiliki kandungan mineral yang tinggi dengan khasiat menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit tampak lebih lembut dan tidak mudah kering yang dapat menimbulkan garis-garis aging pada kulit terutama bagian wajah.

4. Kunyit

Kunyit tidak hanya mengandung kurkumin yang berperan dalam pembunuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Tetapi rempah ini juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Hal ini menunjukkan bahwa komponen alami yang dijadikan sebagai bahan boreh Bali merupakan komponen pilihan dengan kekhasannya dalam mencerahkan kulit.

5. Merica hitam

Merica hitam merupakan rempah yang memiliki kandungan antioksidan dengan kemampuan meningkatkan sirkulasi dalam darah dan oksigen pada kulit. Kedua hal tersebut menjadi mekanisme kerja dari merica hitam dalam mencerahkan dan menutrisi kulit untuk tetap sehat. Selain itu, rempah ini termasuk exfoliator alami yang mampu melepaskan sel kulit mati.

6. Cendana

Cendana memiliki khasiat dalam menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat maupun noda hitam karena paparan sinar matahari. Sehingga pengaplikasian bubuk cendana pada kulit mampu meningkatkan tingkat kecerahan bagian tersebut.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai perawatan tradisional berupa boreh khas Bali yang menjadi salah satu cara memutihkan badan tanpa adanya senyawa kimia. Pengaplikasian masker tradisional tersebut mampu mencerahkan kulit walaupun memerlukan waktu tertentu. Selamat mencoba dan menikmati.

WhatsApp