Ini Perbedaan Perawatan Spa dan Lulur Beserta Manfaatnya

March 3, 2024

Menjadi cantik adalah keinginan dari hampir seluruh wanita di dunia ini. Definisi kecantikan yang mereka inginkan pun beragam. Namun, umumnya tampilan kulit menjadi hal yang paling krusial dalam penilaian kecantikan. Memiliki kulit bersih cerah alami dan terawat adalah dambaan setiap wanita. Beragam metode dan teknik perawatan kulit pun dicoba agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan seperti, perawatan spa atau lulur misalnya. Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan perawatan spa atau lulur, pasti paham betul mengenai perbedaan antara kedua metode perawatan ini. Nah, bagi Anda yang belum paham, Anda bisa menyimak ulasan tentang perbedaan perawatan spa dan lulur, serta manfaatnya berikut ini.

Perbedaan Perawatan Spa dan Lulur

Meski sama-sama bermanfat untuk menjaga kesehatan kulit, terdapat perbedaan antara perawatan spa dan lulur dari WWSpa yang penting untuk Anda ketahui. Ini penjelasannya.

  1. Perawatan Spa

Dahulu, metode perawatan spa pada salon kecantikan dikhususkan pada teknik hidroterapi. Dimana jenis perawatannya dilakukan dengan cara berendam pada air hangat penuh mineral yang setelahnya diakhiri dengan adanya sesi pemijatan. Kini, banyak salon kecantikan yang menyediakan perawatan spa tidak hanya menawarkan jenis perawatan hidroterapi saja tetapi juga telah menggabungkan beberapa teknik perawatan tubuh lainnya seperti body massage, totok wajah, nature facial, menicure pedicure dan juga lulur.

Tak jarang perawatan spa juga dilakukan secara lebih lengkap lagi dengan melibatkan sauna. Tentunya harga yang harus Anda bayarkan cukup mahal tergantung dengan paket perawatan yang Anda inginkan. Bahan-bahan yang digunakan pada perawatan spa adalah bahan-bahan natural organik yang biasanya terdiri dari rempah-rempah kaya manfaat serta aromaterapi. Terapis spa umumnya wajib memiliki sertifikat terutama untuk layanan massage atau pijat.

  1. Perawatan Lulur

Lulur sebagai metode perawatan tubuh dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu repot datang ke salon kecantikan atau spa. Lulur dipakai untuk melakukan eksfoliasi atau disebut juga pengelupasan pada sel kulit mati. Prosesnya dimulai dari meracik bahan-bahan alami (seperti tepung beras, kopi, madu, parutan kunyit atau bengkuang, gula, minyak kelapa dsb.) yang nantinya akan dioleskan ke seluruh tubuh. Kemudian aplikasikan bahan tersebut ke seluruh tubuh hingga ke tangan dan juga kaki. Saat pertama kali bahan lulur diaplikasikan pada kulit, maka Anda akan merasakan suatu sensasi dingin yang menyenangkan. Setelahnya baru diamkan selama beberapa menit hingga lulur mengering.

Jika lulur sudah kering atau setengah mengering, maka segera gosok kulit Anda dengan tangan ataupun handuk agar sel kulit mati nantinya meluruh sedikit demi sedikit. Setelahnya baru Anda bisa mandi, untuk membersihkan sisa lulur di tubuh secara keseluruhan. Saat ini sudah banyak produk lulur yang dijual secara instan dan Anda tinggal memakainya saja tanpa perlu ribet. Umumnya sudah berbentuk pasta dengan varian bahan dan aroma yang bisa dipilih. Ada pula lulur instan yang bentuknya serbuk. Namun, lulur ini harus dicairkan dulu dengan air biasa atau air mawar, maupun cairan lain seperti minyak kelapa atau zaitun, hingga akhirnya bisa membentuk pasta.

Beda Perawatan Spa dan Lulur

Manfaat Perawatan Spa dan Lulur

Kedua metode perawatan tubuh, baik perawstan spa maupun lulur memiliki manfaat yang hampir sama. Misalnya seperti, melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh karena melibatkan proses pemijatan atau menggosok tubuh dan mempercepat proses regenerasi kulit. Namun, dikarenakan rangkaian perawatan pada spa lebih lengkap, maka manfaatnya pun lebih banyak dibandingkan lulur, seperti merelaksasikan tubuh dan pikiran, detoksifikasi untuk tubuh mengurangi berat badan, dan sebagainya.

Apapun jenis perawatan yang Anda pilih, sebaiknya dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jangan hanya melakukannya satu atau dua kali saja. Anda bisa menjadikan WWSpa sebagai salah satu pilihan Anda untuk melakukan spa atau lulur.

WhatsApp