Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Spa?

January 26, 2020

Spa atau body treatment merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh para wanita modern belakangan ini. Metode perawatan tubuh menggunakan layanan spa memang diketahui dapat membuat tubuh tampak lebih indah dan terurus. Saat ini ada banyak sekali metode perawatan spa, mulai dari perawatan rambut, wajah, kulit tubuh, pijat, hingga ratus organ intim.

Tak hanya wanita yang sudah menikah saja, banyak wanita single maupun remaja juga rajin datang ke spa untuk mendapatkan perawatan pada setiap inci tubuhnya. Lalu pertanyaannya, bolehkah ibu hamil melakukan spa? Simak ulasan kami berikut.

Ibu Hamil Melakukan Spa

Pada dasarnya layanan spa dapat dimanfaatkan sebagai cara merawat kulit tubuh dan memperlancar sirkulasi darah serta memperoleh manfaat lainnya sesuai teknik spa yang diminta pelanggan. Bagi ibu hamil yang ingin melakukan perawatan spa di WWSpa, hal ini tidak dilarang di dalam dunia kesehatan. Namun, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan pada ibu hamil melakukan spa, diantaranya sebagai berikut :

1. Pilih Tempat Spa Khusus Ibu Hamil

Salah satu hal yang penting dan tidak boleh dilupakan bagi ibu hamil yang ingin melakukan spa adalah memilih tempat spa khusus bumil. Sebab, mereka tentu mengadakan layanan yang berbeda dari spa biasa. Selain itu, bahan-bahan yang akan digunakan dalam perawatan spa untuk ibu hamil, pastilah bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi ibu hamil serta kandungannya. Begitu juga dengan terapis spa yang pasti profesional dan berpengalaman menangani ibu hamil.

2. Lakukan Perawatan Spa Saat Kondisi Kandungan Sehat

Ada banyak kasus dimana seorang ibu hamil setelah diperiksakan kandungannya ternyata janinnya mengalami ketidaknormalan, entah itu dari posisi janin, bentuk janin, perilaku janin, dan lain sebagainya. Saran kami, setiap ibu hamil hendaknya mempertimbangkan kondisi kandungannya sebelum memutuskan pergi ke SPA. Apabila kondisi kandungan tidak sehat dan ibu hamil tetap memaksakan diri melakukan perawatan spa, bisa jadi janin akan terpengaruh dan dalam konteks yang paling parah sang ibu bisa mengalami keguguran.

Spa ibu hamil

3. Pantau Suhu Tubuh Ibu Hamil

Ibu hamil memang harus diperlakukan istimewa dan tidak bisa diperlakukan sembarangan. Satu hal yang wajib diketahui tentang ibu hamil yang melakukan perawatan spa, khusunya perawatan sauna, adalah sang ibu tidak boleh mengalami suhu tubuh yang terlalu panas. Penting bagi wanita yang hamil untuk terus menjaga kondisi suhu tubuhnya agar tetap terus normal. Sebab, jika seorang wanita hamil mengalami suhu yang terlalu tinggi dalam jangka waktu lebih dari 5 menit saja, maka hal ini bisa meningkatkan resiko keguguran.

4. Komunikasikan Teknik Pijatan Kepada Terapis

Ibu hamil tidak boleh sembarangan dipijat karena bisa berakibat fatal. Pijatan yang dapat dilakukan pada ibu hamil tidak boleh dilakukan pada bagian pergelangan kaki dan kanan. Hal ini dikarenakan pijatan pada bagian-bagian tersebut akan membuat ibu hamil mengalami kram dan kesakitan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengkomunikasikan besar tekanan pijatan yang dilakukan pada bagian tubuh ibu hamil agar tidak membahayakan kandungan.

Pada intinya, ibu hamil melakukan spa diperbolehkan, karena dengan perawatan spa ibu hamil bisa mengalami kondisi kehamilan yang menyenangkan karena tubuhnya dan pikirannya terasa lebih rileks dan segar. Hanya saja sangat penting untuk tetap memperhatikan berbagai hal tersebut di atas. Sebab, kesehatan ibu hamil tidak hanya menyangkut nyawa sang ibu saja tetapi juga menyangkut nyawa sang janin yang dikandungnya. Maka jangan ragu untuk melakukan spa di WWSpa, baik di Jogja maupun di Jakarta.

WhatsApp