Apa Manfaat Berendam Sirih untuk Perawatan Vagina?

March 3, 2024

Sekalipun merupakan hal yang penting kesehatan, organ intim wanita kerap kali terlupakan atau dinomorduakan dibanding perawatan tubuh lainnya. Hal ini dapat terlihat dari tidak banyaknya spa atau salon yang menyediakan treatment khusus untuk perawatan vagina.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan organ intim wanita adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Daun sirih telah lama dikenal sebagai tanaman herbal dengan berbagai khasiat dan kegunaan. Tanaman khas Indonesia ini banyak digunakan dalam acara-acara adat dan obat-obat tradisional Indonesia yang ada sejak dahulu kala.

Tanaman dengan nama latin piper betle ini dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki manfaat kesehatan. Minyak astiri yang terkandung dalam daun sirih terkenal memiliki kandungan-kandungan seperti betlephenol, seskuiterpen, diatase, pati, kavikol, dan zat samak.

Kandungan zat-zat tersebut memiliki fungsi antioksidasi dan fungisida. Hal ini berarti bahwa daun sirih memiliki kandungan yang dapat membunuh jamur dan kuman, sehingga juga berperan baik dalam menghilangkan bau.

Kandungan daun yang tumbuh menjalar ini juga dapat membantu mempercepat sembuhnya luka luar. Daun sirih juga dapat membantu menahan pendarahan, mengeluarkan dahak, dan membantu memperlancar proses pencernaan.

berendam sirih untuk perawatan vagina dari WW Spa

Manfaat Ekstrak Sirih untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Manfaat lain yang juga banyak menjadi perhatian adalah manfaatnya untuk kesehatan vagina. Organ intim merupakan bagian dari tubuh yang sudah sewajarnya mendapat perhatian khusus, terutama dalam hal kebersihan dan kesehatannya.

Daun sirih dengan kandungan-kandungan yang memiliki fungsi fungisida dan antioksidasi. Daun sirih ini sangat berguna untuk mencegah kulit gatal, salah satunya bakteri yang dapat menyebabkan gatal pada organ kewanitaan.

Salah satu cara untuk melakukan treatment kewanitaan dengan daun sirih adalah memanfaatkan ekstraknya. Ekstrak ini didapat dari hasil perebusan daun sirih, dari hasil rebusan ini bagian air lah yang akan dimanfaatkan.

Air ini kemudian dapat digunakan dengan berbagai cara. Cara paling mudah dengan menggunakan ekstrak daun sirih untuk membersihkan vagina. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dapat dilakukan sehari-hari.

Membersihkan vagina secara rutin dengan menggunakan ekstrak daun sirih sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan keputihan yang kerap kali menunjukkan adanya bakteri pada organ kewanitaan.

berendam sirih untuk perawatan vagina dari WW Spa

Manfaat Berendam Sirih untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Cara lain untuk memanfaatkan ekstrak sirih adalah dengan menjadikannya campuran untuk berendam. Cara ini dapat terbilang tidak terlalu mudah namun memberikan manfaat lebih bagi tubuh.

Tidak hanya membantu membersihkan organ kewanitaan, dengan berendam daun sirih seluruh tubuh akan merasakan manfaat yang terkandung didalamnya. Ekstrak daun sirih dapat membantu menghilangkan bau badan yang seringkali disebabkan oleh bakteri yang menempel ditubuh.

Kandungan fungisida juga sangat membantu mengobati dan menghindarkan tubuh dari serangan jamur. Serangan jamur seringkali dapat membuat penyakit-penyakit kulit yang dapat menggangu penampilan dan kesehatan, seperti kurap, eksim, dan dan bisul.

Ekstrak daun sirih juga bermanfaat untuk memudarkan flek-felk hitam pada kulit. Berendam daun sirih dapat membantu mempercantik kulit dan membuatnya jauh dari serangan berbagai penyakit.

Melakukan perawatan ini terbilang cukup rumit dan mungkin tidak dapat dilakukan dengan sering. Alternatif lain untuk melakukan perawatan ini adalah dengan mengunjungi pusat spa dan perawatan tubuh yang menyediakan perawatan berendam di ekstrak sisih.

Selain membuat perawatan sirih menjadi mudah dan terjangkau, melakukan perawatan di spa juga memungkinkan adanya benefit lainnya, seperti pijat relaksasi maupun treatment vagina lainnya.

WhatsApp