4 Treatment Membantu Relaksasi Diri

March 3, 2024

Setiap harinya kita dihadapkan dengan berbagai hal yang kadang membuat stress. Mulai dari soal pekerjaan, kemacetan di jalan, dan kekhawatiran lainnya. Ada banyak cara untuk meredakan stress yang sedang kamu alami. Salah satunya adalah relaksasi. Apa itu relaksasi?
Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health, teknik relaksasi adalah proses untuk membantu mewujudkan “relaxation response”.
Ditandai dengan pernapasan yang lebih lambat atau teratur, menurunkan tekanan darah, otot yang lebih rileks, dan detak jantung yang berkurang atau stabil. Respon relaksasi tersebut kebalikan dari respon stress.
Respon stress _sendiri merupakan reaksi normal terhadap situasi yang mengancam. Situasi yang menantang dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang telah disebutkan dalam paragraf awal, akan memicu respon stres tersebut.
Kita mungkin tidak bisa menghindari semua sumber _stress
, apalagi jika terkait pekerjaan. Tetapi kamu bisa mencoba teknik relaksasi untuk menanggapi respon stress dalam diri sehingga bisa membangkitkan respon relaksasi.
Dikutip dari Harvard Health Publishing, respon relaksasi pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an di Harvard Medical School oleh ahli jantung Dr. Herbert Benson. Dengan latihan teratur kamu bisa menciptakan ketenangan.
Lalu apa saja contoh relaksasi? Berikut contoh beserta penjelasannya di bawah ini.

Relaksasi Pernapasan atau Breath Focus

Teknik ini cukup sederhana untuk diterapkan. Kamu perlu mengambil napas panjang, lambat, dan dalam. Teknik ini dikenal juga sebagai pernapasan abdominal atau belly breathing).
Kemudian saat bernapas, kamu dengan pelan dan lembut lepaskan pikiran dan sensasi yang mengganggu. Mudahnya, tarik napas dengan tiga hitungan, tahan selama 5 hingga 10 detik, dan hembuskan dari mulut dengan perlahan.
Relaksasi pernapasan ini bisa membantu bagi orang-orang yang juga memiliki gangguan makan agar mereka lebih fokus pada tubuh dengan cara yang lebih positif.
Namun, teknik ini bisa jadi tidak cocok untuk kamu yang memiliki masalah kesehatan pernapasan seperti penyakit pernapasan atau gagal jantung.

Relaksasi Otot

Teknik ini adalah paduan dari antara dua relaksasi sekaligus. keduanya adalah relaksasi pernapasan dan relaksasi otot progresif.
Untuk melakukannya, kamu harus menarik napas dalam beberapa menit, setelah beberapa menit menarik napas yang dalam, selanjutnya kamu harus memfokuskan diri pada satu bagian tubuh atau kelompok otot di satu waktu.
Lalu, lepaskan segala ketegangan fisik yang kamu rasakan pada bagian tubuh tersebut.
Dalam teknik ini kamu akan menyadari bahwa ada hubungan antara pikiran dan tubuh. Relaksasi otot sendiri ada dua yaitu menegangkan otot kemudian melemaskannya (tense up _& _letting go) dan melemaskan otot tanpa perlu menegangkannya (letting go).

Imajinasi

Untuk kamu yang suka imajinasi. Teknik ini cocok karena kamu akan diajak untuk membuat skenario melalui imajinasi. Bisa berupa pengalaman menyenangkan atau bahkan tempat penuh dengan warna hijau menenangkan. Imajinasi yang kamu ciptakan bisa membantu kamu untuk lebih rileks dan fokus.
Kamu juga bisa mengunduh aplikasi gratis dengan scene-scene yang membawa ketenangan. Selain itu, banyak video yang juga menggambarkan ketenangan. Teknik ini bisa memperkuat pikiran positif tentang diri sendiri.

Meditasi Relaksasi

Meditasi bisa dilakukan dengan teknik mindfulness meditation. Pastikan kamu duduk dengan nyaman dan memusatkan perhatian pada pernapasan kamu. Kemudian bawa pikiran kamu saat ini tanpa hanyut akan kekhawatiran di masa lalu atau masa depan.
Beberapa waktu belakangan ini, teknik meditasi ini memang cukup populer. Manfaat relaksasi ini bisa meringankan kecemasan dan depresi.
Selain keempat treatment di atas, kamu juga bisa mencoba Yoga, Tai Chi, dan Qigong atau dengan memanjakan diri sendiri.
Woman & Woman Spa memberikan treatment _relaksasi mulai dari spa, totok wajah, lulur, _deep tissue massage, berendam garam laut, relaxing massage, face acupressure, body scrub, foot bath, berendam, washlap kaki, hot shower, hingga perawatan spesifik untuk perempuan.
Paket treatment yang ditawarkan antara lain Putri of Java, Romantic Bash untuk pasangan, V to Woman. Kamu bisa langsung cek paket treatment-nya di https://www.womanandwomanspa.id/treatments.

WhatsApp