Masker Rambut - Trend Baru yang Lebih Ampuh dari Creambath

March 3, 2024

Rambut merupakan mahkota bagi wanita, melalui rambut juga kita bisa melihat perbedaan pria dan wanita secara fisik. Bagi wanita, perawatan rambut adalah hal yang wajib dilakukan karena keindahan dan kesehatan rambut termasuk aset ya kan, ladies? Ada beberapa jenis perawatan rambut yang disediakan di spa atau salon WWSpa, seperti creambath, hair spa, maupun masker rambut. Ketiga jenis perawatan rambut ini memiliki manfaat dan pemakaian yang berbeda, tergantung kebutuhan dan jenis rambutnya.

Pengertian Masker Rambut

Sebenarnya perawatan rambut seperti masker rambut tidak hanya ditujukan buat kaum hawa. Buat kalian kaum adam juga boleh dan wajar kok melakukan perawatan rambut jenis ini. Sudah banyak barber shop, khususnya di perkotaan, yang menawarkan perawatan masker rambut untuk pria. Penggunaannya biasa dilakukan setelah pemotongan rambut terlebih dahulu. Berbeda dengan creambath yang fungsinya hanya sebatas memperlancar sirkulasi darah di bagian kepala (efek rileks), masker rambut merupakan perawatan untuk rambut rusak. Kerusakan yang dimaksud seperti akibat pewarnaan rambut, pelurusan atau penggritingan rambut maupun penggunaan zat kimia lainnya. Untuk perbandingan harga, perawatan rambut berupa creambath nampaknya lebih murah dibanding dengan masker rambut. Perbedaan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan cream pada masker rambut memiliki nutrisi yang lebih baik untuk perawatan rambut dibanding cream pada creambath.

Masker Rambut - Trend Baru yang Lebih Ampuh dari Creambath

Jenis Masker Rambut

Masker rambut yang sering juga disebut dengan hair mask umumnya memiliki kandungan utama seperti minyak zaitun, minyak almond serta jojoba oil. Berhubung karena fungsinya untuk perawatan rambut rusak, maka sebelum melakukan masker rambut sebaiknya kamu memahami jenis masker rambut apa yang sesuai dengan kebutuhan/keluhan rambut kamu. Berikut penjelasan kami tentang jenis masker rambut, diantaranya:

• Lidah buaya

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut seperti kulit kepala yang sensitif (gatal) serta batang rambut yang tampak kusam, maka kamu bisa memilih masker rambut yang kaya akan kandungan lidah buaya.

• Madu

Madu berkhasiat untuk menguatkan folikel rambut, selain itu kandungan madu pada masker rambut juga dapat merawat rambut kamu yang kering.

• Minyak zaitun

Squalene pada minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban rambut dan memberi nutrisi pada kerusakan rambut akibat styling.

• Alpukat

Keluhan rambut patah atau mudah rontok dapat diatasi dengan pemakaian masker rambut yang banyak mengandung bahan-bahan buah seperti alpukat.

• Masker khusus

Pewarnaan rambut yang terlalu sering atau menggunakan pewarna rambut yang sembarangan akan mengakibatkan kerusakan rambut. Diperlukan masker khusus atau spa treatment untuk memperbaiki helai rambut yang rusak akibat pewarnaan atau menghidrasi rambut masih masih berwarna.

Masker Rambut - Trend Baru yang Lebih Ampuh dari Creambath

Langkah-Langkah Pemakaian Masker Rambut

Perawatan masker rambut memang sudah menjadi tren terutama bagi wanita di jaman milenial ini. Tidak hanya di salon atau spa, kamu juga dapat menggunakan masker rambut di rumah. Di bawah ini kami bagikan langkah-langkah singkat pemakaian masker rambut.

1. Keramas dan bersihkan rambut terutama kulit kepala dengan menggunakan shampo yang tepat dengan kondisi rambut kamu.

2. Keringkan rambut kamu, namun tidak perlu sampai kering ya, setengah kering saja cukup.

3. Oleskan masker rambut yang sesuai dengan kebutuhn atau kerusakan rambut kamu. Awali dari dalam (akar rambut) hingga ke ujung rambut secara merata

4. Tutup dengan handuk hangat, hingga menutupi seluruh bagian rambut.

5. Tunggu 10 hingga 15 menit.

6. Bersihkan dengan air dingin, agar pori-pori rambut kamu tertutup dan nutrisi dari masker rambut bisa masuk dan bekerja maksimal pada akar rambut kamu. Basahi dan bersihkan rambut dengan kondisioner, karena air saat pembilasan rambut bisa jadi menyebabkan rambut kamu kering.

Manfaat penggunaan masker rambut dapat kamu nikmati apabila kamu rutin menggunakannya. Namun, sebaiknya jangan menggunakan masker rambut terlalu sering ya, sebab pemakaian cream yang sembarangan justru akan memperparah kerusakan rambut kamu loh. Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

WhatsApp