5 Manfaat Mandi Kembang untuk Kecantikan

March 3, 2024

Berendam dalam bak mandi penuh bunga bisa menjadi cara untuk relaksasi setelah aktivitas seharian. Kamu bisa melakukan kegiatan mandi bunga ini secara rutin. Mandi kembang memiliki segudang manfaat yang tidak boleh dilewatkan. Pikiran akan tenang saat menghirup aroma bunga di dalam bak mandi. Selain itu, mandi kembang juga bisa membuat kulit bersih, terlindung dari radikal bebas, dan lain-lain. Jika kamu penasaran, kamu bisa mengetahui manfaat mandi kembang lainnya di dalam artikel ini.

1. Kulit Halus dan bersih

Dengan mandi kembang, tubuh kamu akan bersih dan halus. Kelopak bunga mawar sendiri bisa melembapkan kulit kering dan pecah-pecah. Ini akan membuat kulitmu lebih halus. Jika kamu menambahkan bunga matahari, kamu akan mendapat manfaat lainnya. Kulit yang rusak akan cepat pulih dan terlindungi. Selain itu, bahan yang dicampurkan ke dalam air biasanya bukan hanya kelopak bunga. Bahan lain yang dimasukkan adalah minyak esensial, aromaterapi, bahkan masker susu. Bahan-bahan tadi berperan dalam membuat kulitmu halus dan bersih. Selain itu, kulit menjadi tidak kusam. Kamu pun akan merasakan kulit tampak bercahaya.

2. Tabir Surya

Kelopak bunga mawar yang dipakai dalam mandi kembang mengandung vitamin C yang merupakan zat antioksidan. Zat ini dapat memberikan perlindungan untuk kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa penelitian menyebut vitamin C dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Karena merupakan antioksidan dan anti radang, zat ini melindungi kulit dari peradangan akibat paparan UV. Sehingga cocok jika disebut sebagai tabir surya alami. Selain menjadi antioksidan, kandungan ini juga akan menunjang produksi kolagen yang dapat membuat kulit elastis. Flek hitam pun juga bisa diatasi dengan zat ini.

5 Manfaat Mandi Kembang untuk Kecantikan

3. Anti Jerawat

Kamu bisa mandi kembang untuk menghilangkan jerawat. Terutama mandi dengan kelopak bunga mawar. Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri. Lebih tepatnya, bakteri jenis Propionibacterium acnes. Kelopak bunga mawar mengandung anti bakteri dan antiseptik yang akan mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain bakteri, sumbatan pada folikel rambut juga bisa menjadi penyebab jerawat. Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh sel kulit mati. Dengan mandi kembang, tubuh kamu akan bersih dan jerawat pun teratasi. Selain mawar, bunga Calendula bisa menjadi pilihan yang bagus. Bunga ini juga dipercaya memiliki kemampuan anti bakteri dan jamur, serta mengurangi inflamasi.

4. Meredakan Stres

Stres cukup berhubungan dengan kecantikan. Saat stres, kamu melepas hormon kortisol yang dapat melemahkan kolagen. Ini menyebabkan kulit kamu cepat tua. Penuaan pada kulit tentu akan mengurangi kecantikan. Hal ini harus segera diatasi. Kamu bisa mengurangi rasa stres saat mandi kembang. Saat melakukannya, kamu akan menghirup aromanya juga. Ini memberikan efek sedatif yang dapat mengurangi rasa cemas. Salah satu bunga yang cukup ampuh mengurangi stres adalah lavender. Bunga melati pun memiliki manfaat yang sama. Kamu bisa melakukan mandi bunga melati dan lavender untuk menghilangkan stres, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan mood. Dengan cara ini, stres pada dirimu hilang, kulit kamu pun awet muda.

5. Berat Badan Turun

Kamu mungkin termasuk orang yang memperhatikan berat badan. Bagi sebagian besar orang, berat badan ideal memang menjadi dambaan. Mandi bunga akan membantu kamu dalam hal ini. Kelopak mawar yang dipakai dalam mandi kembang dapat meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang lancar akan mempermudah pembentukan energi. Ini akan mengurangi jumlah lemak yang menumpuk di tubuh. Dengan begitu, penurunan berat badan akan lebih mudah. Berat badan pun bisa lebih ideal.

Itulah manfaat mandi bunga yang bisa kamu dapatkan. Mandi kembang yang kerap dikaitkan dengan hal mistis ternyata juga punya manfaat kecantikan. Bahkan, manfaat yang didapat ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Contohnya, mandi bunga bisa melindungi dari sinar matahari dengan vitamin C dari kelopak mawar. Selain itu, ketenangan saat mandi kembang juga didapat dari aromaterapi yang memiliki efek sedatif. Jika kamu tertarik untuk menikmati treatment spa, coba kunjungi Woman and Woman Spa. Banyak treatment menu yang bisa kamu coba di Woman and Woman Spa.

WhatsApp