5 Spa Tradisional Asli Indonesia yang Wajib Kamu Coba

September 28, 2020

Spa merupakan jenis perawatan yang tidak hanya ada pada zaman modern ini. Akan tetapi, terapi ini sudah ada sejak dahulu dan menjadi warisan bagi tanah air. Kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia berupa suku bangsa menjadikan negara ini memiliki banyak kebudayaan dan gaya hidup, salah satunya penggunaan lulur spa tradisional. Bagaimanakah spa yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia? Berasal darimana sajakah kebudayan tersebut? Apa sajakah bahan yang digunakan? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Sajakah Spa Tradisional ala Indonesia?

Berikut merupakan lulur spa asli Indonesia yang menjadi kebiasan turun-temurun masyarakat :

1. Boreh

Boreh merupakan perawatan spa yang berasal dari Bali. Perawatan ini merupakan spa turun-temurun dari generasi ke generasi. Boreh Bali mengaplikasikan bahan herbal, rempah, dan bagian akar dari tumbuhan dengan cara membalurkannya pada tubuh disertai dengan pijatan khusus. Umumnya, masyarakat melakukan boreh setelah melakukan aktivitas kerja yang melelahkan dan mengakibatkan nyeri serta pegal pada beberapa bagian tubuh terutama persendian. Perawatan ini dipercaya mampu membantu peredaran darah menjadi lancar, merefreshkan pikiran, dan membuat tubuh berelaksasi. Selain itu, boreh mampu menghilangkan sakit kepala, mengatasi penyakit rematik, panas atau demam, tekanan darah tinggi yang dikombinasikan bersamaan dengan terapi panas. Anda bisa menggunakan Boreh Bali dari WWSpa baik di rumah maupun langsung datang ke WWSpa.

5 Spa Tradisional Asli Indonesia yang Wajib Kamu Coba

2. Bakera

Bakera merupakan spa yang berasal dari Minahasa dengan mengaplikasikan 20 jenis tanaman. Tanaman tersebut merupakan tanaman wewangian yang khas. Tujuan utama dilakukan bakera adalah mengencangkan kembali organ intim wanita yang telah melahirkan. Selain itu, perawatan ini juga dilakukan untuk mempermudah pengeluaran darah nifas, menyamarkan bau amis yang berasal dari organ reproduksi, dan memberikan efek kemerahan yang menyegarkan pada wajah. Jenis tumbuhan yang digunakan pada bakera juga menjadi sumber aroma terapi dan memperkuat sistem imunitas tubuh.

3. So’oso

Yakni  perawatan lulur spa yang berasal dari Madura dengan metode pemijatan yang detail dan berlangsung hingga beberapa jam. Selain itu, so’oso memiliki ciri khas berupa jamu khusus untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan perawatan tersebut. Hal itu merupakan bagian dari rangkaian perawatan yang dipercaya mampu mengencangkan otot-otot organ intim wanita. Bahan yang digunakan pada perawatan ini yaitu telur yang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, tidak jarang bahwa masyarakat Madura mengonsumsi telur sebagai metode pengobatan untuk kesehatan dan kesegaran.

4. Oukup

Oukup merupakan perawatan spa dari Batak Karo Sumatra Utara yang diutamakan untuk wanita setelah bersalin. Spa ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus, rematik, asam urat, dan jenis penyakit lain. Tidak hanya mengatasi penyakit tidak menular akan tetapi oukup memiliki khasiat untuk melegakan napas, mengeluarkan racun melalui keringat, mengatasi nyeri pada otot, membantu peremajaan kulit, dan mengontrol tekanan darah. Bahan yang digunakan berupa rimpang, seledri, dan tanaman lain.

5. Tellu sulapa eppa

Merupakan spa dari suku Bugis di daerah Sulawesi yang memilik makna kehidupan harmonis. Terdapat beberapa komponen dari spa tellu sulapa eppa diantaranya api, air, angin, dan tanah. Keempat komponen tersebut mampu menciptakan keharmonisan dan keselarasan hidup apabila dijaga dan dilestarikan secara bijak. Dalam pengaplikasiannya, perawatan ini menggunakan tumbukan beras atau ketan putih dengan campuran rempah wangi asli Indonesia. bahan tersebut dinamakan bedda lotong dengan tekstur mirip scrub oleh masyarakat Bugis. Tellu sulapa eppa dipercaya dapat memberikan efek menyegarkan pada tubuh dan menjaga kesehatan kulit karena adanya rempah-rempah tersebut.

Uraian tersebut merupakan penjelasan terkait dengan lulur spa asli Indonesia yang hingga kini masih dilestarikan secara turun-temurun. Silakan mencoba dan bersenang-senang.

WhatsApp