5 Jenis Pijat Tubuh yang Bisa Kamu Nikmati agar Badan Kembali Segar

January 31, 2021

Tidak dapat dipungkiri lagi, berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari membuat tubuh seseorang menjadi pegal dan nyeri. Apalagi ditambah sederetan tugas yang menumpuk dan waktu yang terbatas dikejar deadline, membuat pikiran menjadi tidak karuan dan menambah mood menjadi kurang baik. Adakalanya kamu perlu rileks sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula agar kamu bisa beraktivitas seperti biasanya.

Banyak cara dilakukan agar mengembalikan semangat serta tubuh terasa lebih segar, diantaranya bisa dengan refreshing berjalan-jalan ke taman, berolahraga, berkumpul bersama teman dan keluarga, hingga yang paling sering dilakukan adalah pijat di tempat spa kecantikan terdekat.

Pijat merupakan salah satu teknik kesehatan yang dilakukan oleh tenaga ahli dengan memberikan tekanan tertentu kepada titik-titik area di tubuh, baik secara manual ataupun menggunakan alat bantu tertentu. Pijat memberikan segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya melancarkan peredaran darah sehingga tubuh menjadi rileks, mengembalikan mood, mengatur pola tekanan pada darah, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Beragam Jenis Pijat agar Tubuh Kembali Segar

Pijat bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan mengunjungi tempat spa kecantikan terdekat. Istilah pijat yang digunakan di spa adalah massage spa. Pijat banyak sekali ragamnya. Walaupun demikian, semua jenis pijat semuanya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa jenis pijat yang direkomendasikan untuk kamu gunakan:

1. Deep Tissue Massage

Seperti namanya, jenis pijat ini memfokuskan pada bagian dalam otot dan jaringan dalam tubuhmu dengan menggunakan berbagai teknik tekanan. Walaupun demikian, deep tissue massage ini sangat aman untuk kamu gunakan dan tidak memberikan efek sakit sama sekali. Justru, teknik pijat ini sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki masalah pada tubuh seperti nyeri otot, pegal-pegal setelah banyak aktivitas, osteoporosis hingga bentuk tubuh yang bermasalah.

2. Thai Massage

Selain teknik deep tissue massage, ada juga jenis pijat yang berasal dari Thailand. Jenis pijat ini memadukan antara pijat dan yoga dalam satu kali terapi. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan sensasi yang berbeda dan unik setelah melakukan jenis pijat ini. Kamu akan diminta untuk memposisikan tubuh seperti yang dilakukan yoga pada umumnya. Tujuannya untuk merilekskan tubuh serta melancarkan peredaran darah.

3. Pijat Shiatsu

Bagi kamu yang punya gangguan tidur ataupun ingin mendapatkan ketenangan pikiran, pijat shiatsu menjadi pilihan terbaik untuk kamu gunakan. Jenis pijat ini berbeda dengan jenis pijat lainnya, dikarenakan tekniknya menggunakan jari-jemari dan siku yang difokuskan pada titik-titik tertentu pada tubuh. Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan keseimbangan pada tubuh. Uniknya, kamu bahkan tidak perlu melepas pakaian ketika mencoba jenis pijat ini.

Manfaat lain dari jenis pijat ini bagi kesehatan diataranya menghilangkan kram dan pegal-pegal tubuh, gangguan pada postur tubuh, hingga mengobati nyeri pada leher dan pinggul.

4. Pijat Refleksi

Jenis massage spa ini memfokuskan pada dua bagian tubuh saja, yaitu tangan dan kaki. Hal ini sangat cocok sekali bagi kamu yang memiliki tubuh yang sensitif dan tidak bisa menahan rasa geli ketika dipijat. Walaupun hanya berfokus pada tangan dan kaki, jenis pijat ini mampu memfokuskan menekan titik-titk di bagian tubuh lainnya melalui kedua bagian tubuh tersebut. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat memproduksi hormon kebahagiaan yang disebut endorfin, sehingga tubuh akan lebih rileks serta segar kembali.

5. Pijat Aromaterapi

Jenis pijat terakhir adalah pijat menggunakan beragam jenis minyak esensial yang diaplikasikan ke tubuh kemudian dipijat. Jadi, kamu akan mendapatkan sensasi relaksasi yang lebih dari aromaterapi yang diberikan. Ada banyak manfaat dari beragam jenis aromaterapi, diantaranya selain membuat tubuh lebih rileks, menghilangkan stres, hingga membuat tidurmu akan menjadi lebih nyenyak. Biasanya, pijat jenis ini membutuhkan waktu paling lama 60 menit.

Itulah beberapa jenis pijat atau massage spa yang bisa kamu pilih untuk mengembalikan kondisi tubuhmu agar lebih segar. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa melakukan pijat sendiri di rumah. Namun, jika kamu menginginkan sensasi berbeda, disarankan kunjungi tempat spa terdekat dan terpercaya.

WhatsApp