Bahaya! Jangan Asal Hair Spa, Ketahui Cara dan Efek Sampingnya

March 3, 2024

Perawatan rambut hair spa menjadi treatment relaksasi yang menyehatkan. Mendapatkan serangkaian spa rambut bisa menjadi media melepas stres sekaligus menjaga kondisi rambut kamu.

Setelah mendapat perawatan hair spa, rambutmu akan terasa lembut, ringan, dan bercahaya. Fungsi hair spa lainnya yakni membantu merawat kulit kepala bebas ketombe, merawat rambut rusak dan kusam, serta menghalau warna rambut pudar.

Meski saat ini ada banyak produk hair spa yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah, namun kamu tidak bisa sembarangan. Hair spa treatment harus dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan demikian, kulit kepala serta rambutmu akan sehat dan bersinar secara maksimal.

*Cara Melakukan Hair Spa *
Langkah-langkah berikut merupakan cara melakukan hair spa yang direkomendasikan oleh ahli kecantikan rambut.

  • *Memilih Produk Hair Spa Sesuai Kebutuhan Rambut *

Sebelum memilih produk hair spa, kamu tentu perlu mengetahui kondisi rambut milikmu. Dengan demikian, rambutmu bisa mendapatkan manfaat hair spa sesuai dengan kebutuhan.

Keratin dan Panthenol merupakan bahan kimia yang cocok untuk merawat rambut patah dan kusam. Sedangkan untuk kamu yang ingin merawat rambut dengan aroma natural, pilihlah produk hair spa berbahan dasar buah atau tumbuhan alami.

  • Mencuci Rambut

Langkah pertama pada proses hair spa yakni dengan membersihkan rambut menggunakan sampo. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Selain itu, mencuci rambut juga mempersiapkan rambut agar siap mendapatkan langkah perawatan selanjutnya.

Saat membilas, pastikan agar membersihkan seluruh busa sampo mulai ujung hingga bagian akar rambut. Sisa produk yang tidak terbilas dengan baik justru dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala dan rambut.

  • Mengaplikasikan Krim Rambut dan Memijat Lembut

Pengaplikasian krim dengan kandungan nutrisi sesuai kondisi rambut menjadi pembeda creambath dengan hair spa. Pengolesan krim rambut ini perlu didiamkan beberapa saat. Tujuannya, agar rambut mendapatkan nutrisi lebih lengkap dan menyehatkan secara optimal.

Pijatan lembut pada sebagian kepala juga membantu kulit dan rambut menyerap kandungan manfaat yang terkandung dalam krim. Selain itu, pijatan ini mampu memberikan efek relaksasi dan menunjang kesehatan dengan melancarkan aliran darah ke kepala.

  • Steam

Steam merupakan proses penguapan yang bertujuan membuka pori-pori pada kulit kepala dan folikel rambut. Kondisi tersebut memungkinkan nutrisi terserap secara lebih cepat dan tentu menyehatkan rambut secara maksimal.

Di rumah, kamu bisa melakukannya dengan membungkus rambut menggunakan handuk hangat.

Nilai plus melakukan hair spa di klinik atau salon khusus, kamu akan mendapatkan perawatan steam menggunakan alat khusus. Selain lebih efektif, penggunaan alat ini juga sangat menunjang efek hair spa pada rambut, loh!

  • Bilas dengan Air

Langkah terakhir dari perawatan hair spa yakni dengan membersihkan rambut secara menyeluruh. Cukup gunakan air tanpa sampo saat melakukan bilas terakhir. Seperti langkah sebelumnya, pastikan agar tidak ada produk yang tersisa saat membilas rambut.

Efek Samping Hair Spa

Tidak selalu menyehatkan, melakukan hair spa treatment secara berlebih juga memiliki efek samping yang perlu kamu perhatikan. Ini dia beberapa efek samping yang mungkin terjadi.

  • Mendiamkan produk masker pada rambut lebih dari waktu seharusnya tidak akan menutrisi rambut. Hal ini justru dapat menjadi terlalu lemas dan berujung kerapuhan pada keratin.
  • Paparan panas tidak sesuai temperatur seharusnya pada proses penguapan saat hair spa juga dapat menyebabkan kerusakan folikel rambut. Akibatnya, rambut akan semakin kering dan mudah patah.

Agar terhindar dari efek samping yang justru merugikan rambutmu, pastikan untuk mendapatkan perawatan hair spa oleh klinik kecantikan bergaransi.

Di Woman and Woman Spa, kamu bisa mendapatkan serangkaian perawatan hair spa sesuai kebutuhan rambut kamu. Kamu bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu pada pakar rambut kami.
Tidak hanya lengkap, hair spa treatment Woman and Woman Spa juga dilakukan oleh profesional, sehingga rambut selalu sehat dan jauh dari efek samping!

WhatsApp