6 Rekomendasi Body Scrub Alami, Pilih Sesuai Kebutuhan

March 3, 2024

Perawatan badan tidak selalu harus datang ke klinik maupun salon kecantikan. Kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah, lho. Salah satunya adalah melakukan scrub badan. Bahkan, untuk membuat body scrub sendiri, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tentunya tidak akan memberikan efek samping negatif.

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu jadikan body scrub, dan terbukti ampuh bermanfaat. Kira-kira, sudahkah kamu mengetahui bahan-bahan alami tersebut? Jika belum, kamu berada di halaman yang tepat, karena di sini kita akan bahas tuntas tentang body scrub alami.

Daftar Bahan-Bahan Alami untuk Scrub Badan

Bahan alam yang bisa kamu jadikan body scrub bisa ditemukan dengan mudah, sehingga tidak akan menyulitkanmu dalam proses pembuatannya. Berikut ini beberapa bahan alami untuk body scrub beserta dengan cara membuatnya:

1. Lemon

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat membandel dan susah hilang, wajib banget untuk mencoba scrub badan dari lemon. Scrub alami ini juga bisa mengatasi persoalan kulit berminyak, lho. Namun, kamu perlu mencampur lemon dengan bahan lain agar bisa digunakan untuk scrub.

Bahan:

• Beras

• Teh tubruk

• Madu

• Perasan lemon

Cara membuat:

• Campurkan semuabahan, kemudian aduk hingga konsistensinya pasti (jangan memeras lemon terlalu banyak)

• Oleskan pada kulit berminyak atau berjerawat.

• Diamkan 3-5 menit, kemudian bilas.

2. Oatmeal

Bahan kedua yang bisa kamu sulap menjadi body scrub adalah oatmeal. Dulu mungkin susah untuk mendapatkan bahan satu ini, namun kini sudah tersedia di supermarket terdekat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa mencampur oatmeal dengan madu, ya. Nah, kedua bahan ini dapat mengangkat sisa-sisa minyak pada kulit.

Cara membuat:

• Blender oatmeal hingga halus.

• Campur dengan madu dan tambahkan minyak kelapa.

• Aduk hingga merata dan aplikasikan pada kulit.

3. Gula

Bahan dapur yang sangat familiar ini juga bisa dijadikan scrub badan, lho. Kamu bisa mencampurkan gula dan minyak kelapa untuk membuatnya menjadi body scrub alami dengan khasiat yang ampuh. Campuran kedua bahan tersebut akan membuat kulit badan kamu menjadi lebih halus dari sebelumnya.

Cara membuat:

• Siapkan 1 cangkir gula pasir dan 3 sdm minyak kelapa.

• Masukkan gula pasir dalam wadah, kemudian tambahkan minyak kelapa secara bertahan sambil diaduk-aduk hingga rata.

• Ketika adonan body scrub sudah mengental atau mencapai konsistensi yang pas, kamu bisa langsung mengaplikasikannya menjadi body scrub.

4. Garam

Selain gula, garam dapur juga tidak mau kalah karena memang bisa kamu sulap menjadi body scrub. Bahan alami yang memiliki rasa asin ini memiliki kandungan yang bisa menyegarkan dan menjaga vitalitas kulit kamu, lho.

Selain itu, permasalahan kulit kusam karena menumpuknya sel-sel kulit mati bisa segera dihempaskan dengan body scrub dari garam. Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampur garam dan minyak kelapa, kemudian gunakan sebagai scrub.

5. Kopi

Para pecinta kopi wajib tahu informasi ini, karena selain nikmat kopi juga bisa disulap menjadi body scrub alami yang aman untuk kesehatan kulit. Scrub dari kopi sangat manjur untuk membantu menyamarkan selulit yang menjadi momok bagi semua orang.

Cara menjadikannya sebagai scrub adalah sebagai berikut:

• Siapkan bubuk kopi dan minyak zaitun.

• Campurkan kedua bahan, kemudian aduk hingga mendapatkan tekstur yang pas.

• Aplikasikan pada kulit dengan gerakan memutar dan sedikit dipijat.

6. Teh Hijau

Terakhir ada teh hijau yang siap dijadikan senjata untuk membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Kamu hanya perlu mencampurkannya dengan gula pasir saja untuk menjadikannya scrub. Scrub alami ini bisa membantu merawat kulit yang telah terpapar sinar matahari.

Keenam bahan alami di atas bisa kamu jadikan scrub badan dan bisa dicoba sekarang juga. Meskipun dari bahan-bahan alami, kamu tidak boleh meremehkannya, ya. Pasalnya, khasiatnya benar-benar nyata walaupun hasilnya tidak dapat dinikmati secara instan. Selamat mencoba!

WhatsApp