3 Manfaat Pentingnya Perawatan Post Natal Care Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

March 3, 2024

Pasca melahirkan tubuh seorang wanita akan berubah secara fisik, mental, hingga emosional. Ditambah lagi ada kebutuhan nutrisi hingga si bayi minum ASI. Karena itulah post natal care sangatlah penting untuk menjaga tubuh dari segala macam kebutuhan tersebut.

Perawatan post natal adalah suatu kebutuhan bagi seorang ibu setelah melahirkan, karena banyak manfaat penting yang bisa didapatkan oleh ibu. Berikut adalah tiga manfaat penting dari perawatan post natal care bagi ibu yang baru melahirkan.

1. Percepat Pemulihan Pasca Persalinan

Post natal care membantu mempercepat pemulihan ibu setelah melahirkan. Perawatan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan kelelahan setelah melahirkan.

Selain itu, perawatan ini juga membantu memulihkan kembali organ reproduksi dan organ tubuh yang mengalami perubahan selama kehamilan dan persalinan.

Pemulihan pasca persalinan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental ibu, tetapi juga dapat berdampak pada penampilan ibu.

Tahapan masa nifas dari kehamilan hingga persalinan, tubuh ibu mengalami banyak perubahan yang dapat mempengaruhi penampilannya. Perubahan tersebut, seperti perut yang kendur, kulit yang kering, dan stretch marks.

Dengan post natal care ibu juga bisa mengembalikan penampilan seperti sedia kala. Contohnya, pijat oksitosin dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi tampilan stretch marks.

Spa masa nifas dan totok wajah juga dapat membantu merawat kulit dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Tujuan masa nifas membantu menghilangkan kulit kering dan memperbaiki sirkulasi darah yang mempengaruhi kulit kusam.

Sementara itu, totok wajah dapat membantu merangsang sirkulasi darah di wajah dan membantu dalam menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Dengan mempercepat pemulihan pasca persalinan dan merawat penampilan, ibu akan merasa lebih percaya diri.

Oleh karena itu, post natal care sangat penting bagi ibu yang ingin memulihkan kesehatan fisik dan mentalnya. Serta merawat penampilannya setelah melahirkan.

2. Tingkatkan Kesehatan Mental dan Emosional

Kehamilan dan persalinan dapat menimbulkan stres dan tekanan emosional pada ibu yang baru melahirkan. Perawatan post natal ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental dan emosional ibu.

Pada perawatan ini ibu harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Mengetahui semua perawatan dari larangan masa nifas, hingga hal-hal yang harus dilakukan. Sehingga akan semakin mempercepat proses pemulihan.

Pijat, meditasi, dan terapi boleh digunakan dalam perawatan postnatal yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Adanya relaksasi total saat dipijat secara tidak langsung sangat berpengaruh terhadap ketenangan.

Perawatan pasca melahirkan yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional ibu. Serta membantu ibu dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi setelah memiliki bayi.

3. Tingkatkan Produksi ASI

Perawatan post natal ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu yang baru melahirkan. Pijat oksitosin dan pijat payudara adalah beberapa jenis perawatan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, perawatan post natal care juga dapat membantu ibu dalam menyusui dengan nyaman dan efektif.

Secara keseluruhan, post natal care atau perawatan pasca persalinan sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan. Perawatan ini dapat membantu mempercepat pemulihan pasca persalinan, meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Serta meningkatkan produksi ASI pada ibu yang baru melahirkan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencari perawatan post natal care yang tepat untuk membantu ibu dalam memulihkan kembali kesehatannya setelah melahirkan. Woman and Woman Spa telah menyediakan semua kebutuhan perawatan pasca kelahiran tersebut dengan spa terbaik.

Glammy Mommy pasti akan menjadi pilihan terbaik untuk spa post natal ini. Langsung saja kunjungi websitenya diWoman and Woman Spa untuk mendapatkan informasi atau langsung melakukan pemesanan.

Itulah tiga manfaat dari post natal care yang sangat penting untuk para ibu setelah melahirkan. Jadi, lakukan perawatan sekarang juga agar kamu bisa kembali sehat, bugar, dan tentunya cantik

WhatsApp