Seberapa Penting Perawatan Post Natal untuk Ibu setelah Melahirkan?

September 10, 2022

Post natal adalah periode sesudah kelahiran atau masa dimana bayi sudah keluar dari masa kandungan. Pasca kelahiran biasanya terdapat beberapa permasalahan fisik yang terjadi seperti pendarahan. Tak jarang juga sang ibu dan orang sekitar mengabaikan kondisi kejiwaan ketika kondisi fisik sudah membaik.

Kelainan Post Natal pada Ibu Pasca Melahirkan

Jika keadaan ini terus diabaikan, dapat menurunkan performa ibu pasca persalinan yang berujung pada kematian. Lantas seberapa penting perawatan ini untuk ibu setelah melahirkan? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pendarahan Hebat

Pada tahun 2015, tercatat 305 ibu meninggal pasca melahirkan. Penyebab kematian yang paling banyak yaitu pendarahan yang berlebihan. Diperkirakan 50% kematian ini terjadi pada 24 jam pertama setelah melahirkan.

Sebaiknya, segera periksa diri ke dokter jika kamu memerlukan lebih dari 1 pembalut untuk menampung darah setiap jamnya. Selain itu, cek apakah terdapat gumpalan darah besar, dan tercium bau busuk pada pembalut.

2. Retensi Urine

Selain itu, terdapat juga permasalahan retensi urine dimana kandung kemih tidak dapat kosong sepenuhnya saat buang air kecil atau tidak dapat buang air kecil sama sekali.

Hal ini terjadi karena perubahan hormon pada saat hamil sehingga menyebabkan kapasitas kantung kemih meningkat dan tonus ototnya melemah. Kondisi ini membuat kamu sulit untuk buang air kecil.

3. Ambeien

Ada kemungkinan sang ibu dapat mengalami pembengkakan pada pembuluh darah di rektum. Biasanya ibu akan mengalami gatal dan nyeri pada anus.

Sebaiknya kamu makan banyak serat, minum banyak air putih, dan berendam air hangat untuk meringankan nyeri dan gatal.

4. Mastitis

Jika kamu menemukan pembengkakan, lecet, kemerahan, hangat pada payudara, segera konsultasikan kepada dokter. Kondisi ini mungkin terjadi karena adanya peradangan pada payudara.

5. Stres

Setelah melahirkan, kamu mungkin akan merasa mudah lelah karena harus mengurus si buah hati. Di masa ini, sebagian ibu juga bisa mengalami masalah psikologis. Beberapa ibu akan mengalami baby blues atau bahkan depresi (post natal depression) pasca melahirkan.

Lembaga WHO menunjukkan bahwa 1 dari 7 perempuan mengalami depresi setelah melahirkan. Permasalahan ini sering terlewat atau bahkan sang ibu dan orang sekitar tidak mengetahui adanya kemungkinan kelainan mental pasca melahirkan.

Perubahan hormon pasca melahirkan membuat ibu kelelahan secara fisik dan emosional. Peran keluarga seperti suami sangat penting pada masa ini seperti bergantian dalam mengurus bayi.

Perawatan pada Masa Post Natal

Post natal treatment adalah serangkaian treatment untuk ibu nifas (ibu yang baru melahirkan) untuk menghindari komplikasi. Biasanya treatment yang tersedia yaitu postnatal yoga, post natal massage, perawatan payudara, pijat oksitosin, dan totok wajah.

Melakukan post natal massage membantu ibu untuk menenangkan ketegangan setelah proses melahirkan. Selain itu kegiatan ini dapat membantu ibu untuk meningkatkan produksi ASI dan mengurangi pembengkakan. Massage juga dapat merelaksasi tubuh sehingga mengurangi stres.

Buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, atau Yogyakarta, Woman and Woman Spa menyediakan perawatan post natal massage, pijat, dan totok wajah.

Oleh karena itu, dengan memantau kesehatan fisik dan mental sang ibu pada masa post natal sangat penting. Tidak cukup dilakukan selama ibu masih dirawat di rumah sakit atau rumah bersalin. Kegiatan ini juga perlu dilanjutkan di rumah sampai kondisi sang ibu benar-benar pulih.

Proses pemulihan sang ibu menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Kamu bisa melihat perkembangan ibu baik secara fisik dan mental sehabis persalinan sehingga si ibu akan siap melanjutkan untuk memberikan asi kepada sang buah hati.

WhatsApp