Apa Saja Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan Wanita?

March 3, 2024

Setiap orang pastinya berharap untuk memiliki penampilan yang sempurna, khususnya para wanita. Selain menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang lain, penampilan yang mempesona tentunya juga bisa membuat kepercayaan diri semakin meningkat.

Bagi kaum hawa, menjaga penampilan mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki adalah hal yang harus dilakukan. Tidak hanya melalui pakaian atau aksesoris yang dikenakan saja, tapi penampilan tubuh juga menjadi hal utama yang harus dijaga. Itulah mengapa mereka rela melakukan apapun demi penampilan.

Jika membicarakan salah satu perawatan yang harus dilakukan oleh wanita tentunya tidak boleh melewatkan seberapa pentingnya perawatan wajah.

Memang bagian tubuh yang satu ini sangat menonjol dan akan selalu menjadi bagian utama yang harus dijaga. Mulai dari menggunakan skincare hingga makeup yang cukup mahal bahkan operasi plastik juga rela dilakukan oleh sebagian besar wanita demi wajah yang lebih cantik.

Namun sebenarnya ada perawatan wajah lain yang bisa dicoba seperti totok wajah yang dipercaya bisa membuat kulit lebih segar, kencang dan bahkan memancarkan aura yang baik.

Totok Wajah: Perawatan Wajah Tradisional yang Berasal dari Cina

Sebelum tren skincare untuk perawatan wajah mulai populer, rupanya totok wajah telah terlebih dahulu dikenal karena merupakan perawatan tradisional yang berasal dari Cina.

Pada awalnya totok wajah sebenarnya digunakan untuk tujuan kesehatan, tapi dengan berjalannya waktu, metode ini berubah menjadi perawatan wajah untuk kecantikan.

Totok wajah tradisional yang berasal dari Cina ini menggabungkan dua metode yaitu pijat akupresur dan tekanan energi dalam di sepanjang jalur meridian tubuh kita.

Jadi dimana sebenarnya jalur meridian itu?

Jalur meridian sendiri dimulai dari ujung jari tangan hingga kaki yang memiliki hubungan langsung dengan otak dan berbagai organ lainnya. Jadi saat bagian ini mendapatkan pijatan, maka bisa membantu sistem antar jaringan tubuh lebih baik sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih segar, bahkan membantu pikiran menjadi lebih segar.

Tahapan Totok Wajah untuk Perawatan yang Optimal

Perawatan totok wajah memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan terhindar dari cedera atau kesalahan yang lain, sebaiknya lakukanlah totok wajah dengan seseorang yang lebih ahli.

Kurang lebih seperti ini tahapan yang harus dilalui:

• Sebelum melakukan totok wajah, biasanya didahului dengan melakukan pijat menyuluruh pada bagian tubuh yang berguna untuk mengendurkan otot-otot. Saat tubuh sudah merasa lebih santai baru kemudian akan dilakukan sesi menotok di beberapa bagian tubuh agar peredaran darah lebih lancar.

• Setelah melakukan pemijatan dan penotokan pada bagian tubuh, tiba saatnya dilakukan di wajah. Totok di area wajah sebenarnya tidak dilakukan di semua area. Pasalnya bagian wajah yang dilakukan pemijatan antara lain samping cuping hidung, pelipis, tulang pipi, tengah dahi hingga garis senyum.

Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan Wanita

Totok wajah telah menjadi salah satu metode perawatan wajah yang kini cukup populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal itu disebabkan karena totok wajah juga bisa memberikan banyak manfaat baik dari segi kesehatan dan juga penampilan.

Berikut ini 5 manfaat totok wajah yang harus anda ketahui:

1. Melancarkan Peredaran Darah di Wajah

Salah satu manfaat yang paling dicari oleh wanita dari metode perawatan totok wajah ialah karena bisa melancarkan peredaran darah di sekitar area wajah.

Seperti yang dijelaskan di atas, ada tahap yang dilakukan sebelum melakukan penotokan wajah yaitu tahap pemijatan.

Melakukan pemijatan pada beberapa bagian wajah sangat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal itu bertujuan agar kadar oksigen yang ada dalam darah di area wajah semakin banyak sehingga bisa membuat kulit terlihat lebih segar dan kencang.

Peredaran darah yang lancar di area sekitar wajah juga sangat membantu wajah untuk terlihat lebih cerah secara alami karena produksi kolagen yang meningkat.

Tanda-tanda penuaan dini lain seperti kulit yang kusam, flek hitam hingga keriput juga bisa diatasi dengan rajin melakukan perawatan wajah yang satu ini.

2. Sebagai Cara Detoksifikasi Tubuh

Melakukan totok wajah ternyata juga bisa sebagai cara untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Saat melakukan metode ini rupanya pembuluh limfatik bisa terangsang sehingga dapat membantu untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di area wajah kita.

Harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa sistem limfatik sebenarnya punya tugas penting di tubuh kita. Sistem lifatik dapat menyerap atau bahkan menghilangkan racun atau limbah yang selama ini telah mengendap di tubuh melalui getah bening.

Di area wajah sendiri terdapat kelenjar getah bening seperti tepi dagu hingga rahang. Saat melakukan totok wajah di sekitar area tersebut maka bisa meningkatkan gerakan otot yang bisa membantu sistem limfatik untuk mengeluarkan penumpukan racun sheingga kulit akan terasa lebih sehat dan segar.

3. Mencegah Keriput

Setiap orang tentunya tidak ingin terlihat lebih cepat tua karena memiliki keriput di wajah. Mulai dari skincare hingga beragam metode perawatan kecantikan pasti selalu menawarkan cara untuk mencegah keriput karena hal ini bisa membuat penampilan kurang menarik.

Salah satu cara untuk mencegah keriput ialah dengan melakukan totok wajah.

Keriput sendiri bisa muncul karena otot-otot yang tegang di area wajah. Nah saat anda melakukan totok wajah maka bisa memberikan stimulasi pada otot yang kaku tersebut.

Hal itu bisa membantu perangsangan aliran darah yang dapat mengencangkan kulit dan memudarkan keriput.

4. Membantu Meredakan Migrain

Migrain atau sakit kepala yang biasanya terjadi di salah satu sisi kepala saja merupakan salah satu penyakit yang bisa sangat mengganggu. Kepala terasa berdenyut hingga menyebabkan munculnya rasa ingin muntah hingga sensitif pada suara.

Penyakit ini juga diketahui lebih sering dialami oleh para wanita.

Menghilangkan migrain memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun anda juga harus tahu bahwa dengan melakukan totok wajah, gejala penyakit yang satu ini juga bisa diredakan.

Pemijatan dan penotokan pada beberapa bagian wajah hingga leher dan bahu dapat melancarkan peredaran darah sehingga bisa meredakan rasa sakit dari migrain.

5. Membuat Mood Menjadi lebih baik

Memulai aktivitas dengan mood yang tidak baik tentunya bisa membuat kegiatan kita selama seharian terganggu. Saat mengalami bad mood tentunya bisa menimbulkan rasa kesal dan marah yang membuat hati tidak bisa merasa damai.

Hal tersebut dapat merusak konsentrasi dan bahkan merugikan orang lain karena sikap kita yang tidak ramah.

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bad mood. Misalnya saja dengan melakukan olahraga ataupun mengonsumsi makanan seperti cokelat hingga es krim.

Akan tetapi dengan melakukan totok wajah ternyata juga dapat membuat mood menjadi lebih baik.

KESIMPULAN

Melakukan totok wajah sekitar kurang lebih selama 45 menit bisa menurunkan tingkat kecemasan dan rasa stres yang kita rasakan.

Itulah mengapa setelah melakukan perawatan totok wajah tidak hanya bisa membuat kulit terasa lebih halus dan segar saja, karena aura positif juga bisa terlihat karena mood yang tidak baik akan segera hilang.

WhatsApp