Redakan Stres Dengan 5 Rekomendasi Kegiatan Relaksasi

March 3, 2024

Sudah waktunya untuk relaksasi jika kamu merasa daftar tugas semakin panjang, dan kamu tidak termotivasi untuk mengerjakannya? Kamu mungkin kelelahan dalam usaha menyeimbangkan pekerjaan kamu, kehidupan rumah tangga, dan hubungan pribadi. Yah, terasa tidak ada cukup jam dalam sehari.
Apalagi sejak masa pandemi virus Corona, banyak dari kita bekerja dari rumah dan berurusan dengan puluhan gangguan baru di dalam pikiran. Mulai dari membantu anak-anak dengan sekolah online hingga pekerjaan kamu sendiri.
Itu sebabnya, dalam artikel ini kami rangkum 5 rekomendasi kegiatan dan *contoh relaksasi *redakan stres untuk kamu.

Mainkan Lagu yang Menggembirakan atau Lagu Favoritmu

Kedengarannya sederhana, tetapi menyanyikan lagu dapat membangkitkan semangat apalagi kalau kamu sambil karaoke benar-benar akan mengurangi stres. Jika kamu tidak dapat meninggalkan pekerjaan, letakkan lagu favorit di komputer dan luangkan waktu sejenak untuk menikmati lagu-lagu tersebut.

Menangis

Mungkin terdengar agak aneh ya meminta kamu menangis. Tapi tidak ada salahnya kok untuk menangis.
Tidak bisa dipungkiri menangis merupakan cara relaksasi yang mampu melepaskan bahan kimia serta air mata dapat membantu melepaskan stres dan ketegangan.
Menangis selama lima menit. Ambil napas dalam-dalam beberapa kali dan kembali bekerja.

Meditasi Relaksasi

Meditasi membantu kamu menyadari di mana kamu mungkin menahan ketegangan di tubuh saat stres. Ini juga dapat membantu kamu untuk fokus pada satu hal — berfokus pada perasaan tubuh— alih-alih berfokus pada situasi stres yang mungkin hadapi.
Dengan meditasi, maka hormon stres yang meningkatkan irama detak jantuk sampai menaikkan tekanan darah akan lepas.
Ada dua jenis meditasi yang bisa kamu lakukan yaitu fokus dan mindfulness. Untuk teknik fokus, kamu harus memusatkan perhatian pada objek tertentu seperti suara. Lalu mindfulness berfokus pada gabungan latihan konsentrasi dan introspeksi terhadap kondisi tubuh dan lingkungan.

Latihan Visualisasi Sederhana

Latihan ini melibatkan penggunaan gambar sebagai cara untuk memfokuskan pikiran. Ciptakan dalam pikiran kamu tempat yang ideal untuk bersantai.
Ini bisa berupa nyata atau imajiner di suatu tempat yang menurut kamu akan menemukan ketenangan, rasa aman dan bahagia. Tempat di mana kamu ingin kembali kapan pun kamu merasa perlu untuk bersantai.
Bayangkan sedetail mungkin – gunakan indra kamu untuk membuatnya senyata mungkin – dan lihat diri kamu menikmati tempat ini dengan nyaman.
Sekarang tutup mata dan tarik nafas perlahan dan teratur melalui hidung. Fokus pada tempat relaksasi dengan semua detailnya dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan latihan ini selama 10 hingga 20 menit

Relaksasi Otot

Latihan ini akan mengajarkan kamu untuk mengenali dan mengurangi ketegangan otot. Kamu dapat meredakan ketegangan di bagian tubuh mana pun hanya dengan mengencangkan dan mengendurkan setiap otot secara bergantian.
Duduk di kursi yang nyaman. Tutup mata dan berkonsentrasi pada pernapasan. Tarik nafas perlahan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Kepalkan tangan, remas tangan dengan erat.
Tahan ini selama beberapa detik, perhatikan ketegangannya. Perlahan buka jari dan rasakan perbedaannya – perhatikan ketegangan yang hilang. Tangan jauh lebih ringan dan santai. Nikmati perasaan ini.
Relaksasi harus kamu lakukan agar mengurangi ketegangan dalam diri. Selain kelima relaksasi di atas, kamu juga bisa mencoba refleksi pernapasan dan jangan lupa untuk memanjakan diri dengan pijat refleksi.
Woman & Woman Spa menyediakan berbagai paket spa dan pijat refleksi. Paket ini bisa kamu nikmati sendiri atau bersama dengan pasangan. Untuk informasi lebih lanjut klik laman berikuthttps://www.womanandwomanspa.id/treatments.

WhatsApp