Cari Tahu Lulur Pemutih yang Berbahaya untuk Kulit

July 31, 2020

Banyak wanita beranggapan bahwa menjadi cantik harus memiliki kulit yang putih. Untuk itulah banyak cara dilakukan agar mendapatkan kulit yang putih, bersih dan terawat. Mulai dari melakukan berbagai perawatan di salon kecantikan, hingga membeli produk lulur pemutih kulit. Berbicara mengenai produk pemutih kulit, kini telah banyak beredar berbagai produk pemutih kulit dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang harganya yang mahal, hingga yang sangat murah. Akan tetapi, tidak semua jenis produk pemutih kulit akan aman digunakan pada pemakainya. Bahkan, ada banyak produk yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya jika digunakan secara terus-menerus. Yuk, simak informasinya dari Woman and Woman Spa!

Kenali Ciri-ciri Lulur Pemutih yang Berbahaya

Sebagai pengguna, kamu harus lebih jeli dalam memilah berbagai produk lulur pemutih kulit yang banyak beredar. Untuk itulah, ada beberapa ciri yang bisa dikenali jika produk yang kamu gunakan itu berbahaya, diantaranya adalah:

1. Menghasilkan Efek Ketergantungan

Produk lulur yang bagus sebaiknya memberikan hasil yang maksimal dan tentunya tidak memberikan efek ketergantungan bagi penggunanya. Walaupun secara bertahap, asalkan diaplikasikan secara rutin, tentu akan memberikan hasil yang memuaskan pada kulit. Namun, jika kamu menemukan kulit menjadi semakin gelap, itu berarti produk yang kamu gunakan tidak aman untuk kulitmu.

2. Kulit Menjadi Putih Pucat

Produk pemutih kulit tentunya menghasilkan kulit yang putih merona, bukan kulit yang pucat. Jika kamu menemukan produk yang semacam ini, sebaiknya hentikan pemakaian. Bisa jadi, kandungan yang ada pada produk tersebut berbahaya untuk kulitmu.

Cari Tahu Lulur Pemutih yang Berbahaya untuk Kulit

3. Kulit Kemerahan jika Disinari Matahari

Pemutih kulit biasanya mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel-sel yang baru, sehingga kulit tampak lebih putih, lembut dan terawat. Namun, jika produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang berbahaya, biasanya caranya dengan mengangkat lapisan sel-sel kulit luar yang masih aktif. Jika hal ini diaplikasikan secara terus-menerus, alhasil, kulit akan semakin tipis dan rentan terkena berbagai penyakit kulit. Salah satu tanda yang biasanya dirasakan adalah berubahnya kulit menjadi kemerahan seperti terbakar jika terkena sinar matahari.

4. Bau yang Dihasilkan Menyengat

Jika kamu mendapati produk pemutih yang berbau menyengat, sebaiknya perlu diwaspadai, karena bisa saja bau yang dihasilkan berasal dari bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit. Produk pemutih biasanya tidak berbau menyengat dan mempunyai warna yang tidak mencolok karena dibuat dari bahan-bahan alami yang berkhasiat. Selain itu juga, jika diaplikasikan ke kulit, tidak menimbulkan kesan lengket yang lama.

5. Hasil yang Sangat Cepat

Sampai saat ini, tidak ada produk kecantikan yang memberikan hasil secara cepat dan instan. Justru, jika kamu menemukan produk yang seperti itu, sangat patut dicurigai. Bisa saja produk tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit seperti merkuri.

6. Tidak Terdaftar di BPOM

Jika kamu membeli produk lulur, pastikan ada keterangan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jika sudah terdaftar, tentunya sudah melewati serangkaian uji laboratorium mengenai kandungan bahan yang ada di dalamnya apakah aman digunakan atau tidak, serta sudah melewati uji kelayakan apakah produk tersebut layak untuk dijual ke pasaran atau tidak.

7. Tidak Terdapat Informasi Kandungan Bahan pada Kemasan

Kita sebagai pengguna, tentunya perlu mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam produk pemutih kulit yang kita gunakan. Produk pemutih kulit yang baik, selalu memberikan informasi kandungan bahan yang digunakan produk tersebut serta persentase kadar yang digunakan pada kemasan produk.

Itulah beberapa ciri lulur yang berbahaya bagi kulit kamu. Selalu waspada dan teliti dalam memilih produk kecantikan, terutama untuk kulit yang sifatnya sensitif. Selalu konsultasikan pada dokter dan tenaga ahli khusus mengenai produk apa saja yang boleh kamu gunakan.

WhatsApp