Bagaimana Cara Membuat Lulur Tradisional?

March 3, 2024

Lulur merupakan perawatan kecantikan yang sudah dipercaya oleh wanita Indonesia sejak zaman dulu secara turun-temurun. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kulit lho, seperti mencerahkan, menghaluskan, melembapkan, dan lain-lain.
Nah, kalau kamu tak sempat pergi ke salon kecantikan, kamu bisa melakukan lulur sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional. Bagaimana caranya?Ini dia beberapa cara membuat lulur tradisional sendiri di rumah.

1. Lulur Boreh

Lulur boreh merupakan salah satu _treatment _kecantikan favorit wanita Indonesia dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Untuk cara membuatnya ikuti langkah di bawah ini:

Bahan-Bahan:

● Beras Putih (100 gr)
● Kunyit (5 gr)
● Jahe (50 gr)
● Pala (1 butir)
● Garam (1 sdt)
● Kencur (100 gr)
● Cengkeh (5 gr)
● Kayu manis (100 gr)
● Kemiri (100 gr)
● Kelapa parut (100 gr)

Cara Membuat:

Campurkan semua bahan, kemudian haluskan bahan-bahan tersebut. Setelah dirasa cukup halus, bubuk boreh siap digunakan.
Sebagai tips untuk penggunaan lulur boreh gunakan air mawar agar lebih menutrisi kulit.

2. Lulur Pengantin

Biasanya, perawatan ini dilakukan oleh calon pengantin agar nampak menawan ketika pernikahan berlangsung nanti. Maka, tak heran jika bahan lulur alami ini dipilih karena memberikan manfaat terbaik untuk kecantikan kulit.
Untuk cara membuat lulur alami ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Bahan-Bahan:

● Kunyit (5 gr)
● Jahe (50 gr)
● Kayu manis (100 gr)
● Temulawak (50 gr)
● Bunga kenanga (secukupnya)

Cara Membuat:

Bersihkan semua bahan dan haluskan bersama dengan bunga kenanga. Tambahkan air mawar hingga menjadi pasta. Lulur pengantin sudah siap untuk digunakan.

3. Lulur Susu

Susu sudah sejak lama dipilih menjadi bahan perawatan kecantikan karena bisa menjadikan kulit lebih menawan. Kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah, lembab, dan sehat.
Selain dijadikan sebagai bahan untuk lulur, susu juga biasanya dijadikan bahan untuk masker dan berendam.

Bahan-Bahan:

Bahan yang dibutuhkan adalah susu murni, biasanya susu bubuk yang sudah diracik dengan khusus.

Cara Membuat:

Kamu hanya tinggal mencampurkan susu bubuk dengan air hingga menjadi pasta.
Untuk mendapatkan efek eksfoliasi yang lebih maksimal bisa dicampurkan dengan bubuk rempah atau oatmeal.

4. Lulur Kelapa

Kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih lembap, halus, dan mencegah timbulnya kulit kasar dengan *menggunakan lulur alami *ini. Umumnya, lulur kelapa banyak digunakan oleh wanita hamil, yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis sehingga timbul stretch mark.
Lulur ini biasanya diaplikasikan dengan pemijatan, yang bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah pada wanita hamil.

Bahan-Bahan:

● Kelapa segar, bisa juga kelapa kering
● Susu

Cara Membuat:

Parut kelapa kemudian campurkan dengan susu atau bisa juga menggantinya dengan air mawar untuk menambah nutrisi pada kulit.
Jika sudah tercampur dengan sempurna, lulur ini siap untuk kamu gunakan.

5. Lulur Kopi

Perawatan ini terbuat dari kopi berkualitas yang dihaluskan dan dicampur dengan menggunakan bahan-bahan bermanfaat lainnya. Sehingga, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan awet muda karena kandungan baik di dalam kopi.
Untuk membuat lulur kopi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Bahan-Bahan:

● Bubuk kopi
● Air biasa, air mawar atau susu

Cara Membuat:

Campurkan bubuk kopi dengan salah satu bahan lainnya, seperti air, air mawar, atau susu secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta dan lulur siap digunakan.
Jika kamu ingin melakukan perawatan lulur terbaik, namun tidak mempunyai waktu untuk membuatnya sendiri, maka kamu bisa menggunakan Woman and Woman Spa.
Spa ini menyediakan lulur yang bisa kamu gunakan sendiri di rumah dengan lebih praktis, atau bisa juga sekaligus melakukan perawatan dengan terapis profesional.

WhatsApp