10 Jenis Lulur Tradisional dan Manfaatnya bagi Tubuh

March 3, 2024

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Indonesia juga popler kerena perawatan kecantikan alaminya. Salah satunya adalah lulur tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami khas Indonesia.
Digunakan sebagai perawatan kecantikan wanita Indonesia sejak zaman dulu, lulur berbahan alami dari Indonesia kini jadi jadi mendunia, lho. Nah, jangan sampai ketinggalan mencoba salah satunya, ya. Ini dia 10 jenis lulur tradisional dan manfaatnya untuk tubuh.

1. Lulur Boreh

Jenis perawatan pertama yang wajib untuk kamu coba adalah lulur Bali yang bernama lulur boreh. Pada perawatan ini, kamu akan menggunakan bahan yang disebut dengan boreh.
Boreh sendiri merupakan campuran berbagai jenis rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, pala, cengkeh, kayu manis, lengkuas, dan lain sebagainya.
Rempah-rempah tersebut dihaluskan dan dicampur menggunakan air mawar. Pengaplikasian ini nantinya akan dibarengi dengan pemijatan yang bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh.
Selain itu, penggunaan rempah-rempah tersebut juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa karena bisa membantu untuk detoksifikasi atau membantu keluarnya racun dalam tubuh. Adapun manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari perawatan ini adalah membuat kulit menjadi lebih lembut, cerah, dan menjadi lebih bersinar.
Jika kamu ingin melakukan perawatan ini maka pastikan untuk memilih tempat yang terbaik seperti pada Woman and Woman Spa. Di sini, kamu akan mendapatkan perawatan boreh dengan menggunakan alat dan bahan yang berkualitas. Selain itu, kamu juga akan ditangani langsung oleh terapis yang sudah profesional.

2. Lulur Kuning

Sesuai namanya, bahan perawatan ini berwarna kuning, sebab didominasi oleh kunyit. Namun selain kunyit, ada juga rempah lain seperti temu giring dan pandan wangi sebagai aromatik.
Nantinya, bahan-bahan tersebut akan dihaluskan dan dicampur dengan menggunakan sari tepung beras dan air mawar. Lulur kuning ini biasanya digunakan sebagai lulur badan.
Dengan melakukan perawatan ini, kamu bisa merasakan berbagai manfaat. Misalnya sel-sel kulit mati akan terangkat sehingga kulit jadi lebih bersih, halus, dan cerah. Aroma kunyit dan pandan juga memberikan efek relaksasi pada tubuh yang berguna untuk menghilangkan penat dan stres.

3. Lulur Bengkuang

Lulur bengkuang sering kali digunakan sebagai lulur pemutih badan. Perawatan ini bisa membantu mencerahkan kulit sebab didalam bengkuang terkandung vitamin C dan berbagai mineral.
Manfaat yang bisa kamu rasakan setelah melakukan perawatan ini adalah sel-sel kulit mati bterangkat, kulit jadi sehat, ternutrisi, lembap, serta tentunya jadi makin cerah.

4. Lulur Pepaya

Selain mempunyai rasa yang lezat, buah pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan perawatan kulit, lho. Pepaya mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan lembut dengan melakukan perawatan ini.

5. Lulur Susu

Sudah sejak lama susu dipilih oleh wanita Indonesia sebagai bahan perawatan kecantikan, karena memiliki beragam kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Pada susu, terkandung zat asam laktat yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit, melembapkannya, serta menjaga keremajaannya.

6. Lulur Kopi

Kopi mempunyai bentuk butiran yang sangat cocok sekali digunakan dalam perawatan kecantikan. Butiran lembut pada kopi bermanfaat sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dengan lebih optimal. Hasilnya, kulitmu akan lebih bersih, lembut, dan tampak cerah.

7. Lulur Beras Ketan

Beras ketan juga biasa digunakan sebagai bahan perawatan lulur, karena bermanfaat untuk kulit. Di dalamnya terkandung zat antioksidan yang bisa menutrisi sekaligus menjadikan kulit nampak lebih awet muda.

8. Lulur Bunga

Berbagai jenis bunga misalnya melati dan mawar, juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan lulur. Kamu bisa mendapatkan kulit menjadi lebih lembut, cerah, dan wangi, jika melakukan perawatan lulur bunga.

9. Lulur Cokelat

Siapa yang tak suka cokelat? Makanan dengan rasa yang lezat ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan tubuh. Di dalam cokelat terkandung lemak yang baik untuk melembutkan, melembapkan, dan juga mencerahkan kulit.

10. Lulur Teh

Jenis lulur yang terakhir adalah lulur teh. Perawatan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk kulit karena kandungan antioksidan di dalam teh. Kamu bisa mendapatkan kulit nampak lebih segar dan halus.
Nah, itu dia kesepuluh lulur tradisional dengan bahan alami khas Indonesia. Ingin mendapatkan perawatan di atas dengan layanan terbaik? Kunjungi Woman and Woman Spa sekarang!

WhatsApp