Massage Tradisional Bali yang Melegenda – Boreh

March 3, 2024

Semakin majunya jaman mempengaruhi pola hidup dan kebiasaan masyarakat pada umumnya. Bila dulu masyarakat mengatasi kelelahan akibat terlalu lama bekerja hanya dengan pijat tradisional di rumah, kini kebiasaan tersebut mengalami perubahan. Bagi sebagian orang pergi ke salon atau spa adalah pilihan terbaik untuk relaksasi. Banyak salon atau spa yang menawarkan masssage spa untuk pengunjung yang datang. Pengunjung akan dimanjakan dengan perawatan tubuh dengan wewangian bahan-bahan alami yang menenangkan. Salah satu produk massage yang terkenal dari WWSpa adalah boreh. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas tentang boreh sebagai rempah tradisional yang melegenda dari Bali.

Apa itu Boreh?

Boreh merupakan rempah khas Bali yang dikemas menjadi sejumlah paket perawatan di salon atau spa, misalnya sebagai srub, body wrap, atau massage. Rempah-rempah yang disebut boreh tersebut terdiri dari tepung beras, jahe, cengkeh, kunyit, kayu manis, dan yang lainnya. Di Indonesia tradisi memakai boreh ini ternyata sudah ada sejak jaman dahulu. Masyarakat yang mengalami kelelahan akibat bekerja terlalu lama di kebun atau sawah maka dapat membalur boreh atau dipijat ke bagian tubuh yang pegal. Dewasa ini, penggunaan boreh oleh salon atau spa yang bernuansa Balinese menawarkan perawatan yang lebih lengkap. Sebelum membalurkan boreh ke seluruh bagian tubuh, biasanya therapist akan melakukan massage (pemijatan), baru kemudian membalur boreh. Boreh yang telah dibalur tidak boleh dibersihkan seketika, perlu menunggu beberapa saat supaya boreh meresap. Bila Anda tidak keberatan, terapis akan melakukan perawatan wajah sambil menunggu boreh meresap sempurna. WWSpa selaku spa kecantikan mengerti kekhawatiran Anda yang masih dilanda keraguan untuk berkunjung langsung, maka WWSpa mengeluarkan sebuah produk kemasan boreh Bali yang bisa Anda gunakan di rumah. Namun, jika Anda ingin merasakan sensai langsung pijatan terapis WWSpa silahkan berkunjung. Anda tidak perlu khawatir karena WWSpa selalu menjaga kebersihan dan memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah.

Manfaat Boreh

Rempah yang diracik menjadi bahan boreh terbuat dari bahan-bahan alami, yang tentunya kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Tidak hanya menyembuhkan penyakit, mengatasi pegal/kelelahan, boreh juga bermanfaat memiliki manfaat antara lain :

1. Memperlancar aliran darah

Kehangatan dari rempah-rempah boreh dianggap mampu memperlancar aliran darah juga mengurangi serta memulihkan otot-otot yang tegang.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Massage spa dengan pilihan boreh adalah alternatif yang tepat bagi Anda yang mengalami stress dan gangguan tidur/makan. Setelah Anda menyelesaikan perawatan tubuh melalui bahan boreh, tubuh Anda akan terasa lebih ringan dan dijamin Anda akan tidur nyenyak. Istirahat yang teratur dan cukup dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

3. Merawat kulit

Tepung beras sebagai bahan dasar boreh yang sering dipakai sebagai body scurb berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Bila perawatan ini dilakukan dengan rutin, akan memjadikan kulit lebih kencang sekaligus halus.

4. Relaksasi dan Detox

Penggabungan rempah-rempah pembuatan boreh bermanfaat untuk relaksasi dan memiliki efek yang menenangkan pikiran. Demikian halnya salah satu bahan boreh yaitu jahe yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

5. Mengatasi masuk angin dan flu demam

Manfaat yang paling umum yang dapat dirasakan dari penggunaan boreh adalah mengatasi masuk angin. Bahan-bahan seperti cengkeh, jahe dan kencur memberikan kehangatan pada tubuh, sehingga masalah pencernaan dapat diatasi.

Memang ada banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan boreh, baik pemakaian untuk anak-anak, laki-laki atau perempuan dewasa. Namun, Anda perlu mengetahui informasi penting tentang boreh yaitu perawatan dengan boreh tidak direkomendasikan khususnya pada Anda yang sedang hamil maupun memiliki riwayat kulit sensitif. Semoga informasi kami ini bermanfaat bagi Anda.

WhatsApp