Lulur atau body scrub?

March 3, 2024

Bagi wanita, kulit indah adalah sebuah kebahagiaan tersendiri terlebih jika kulit terlihat awet muda dan lembut. Body scrub dan lulur adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan serta kelembaban kulit. Meskipun bagus untuk kulit, pemakaian yang berlebihan sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan kulit kering.
Tahukah kamu, jika body scrub dan lulur ternyata berbeda? Sebelum menggali lebih dalam, mari kita bahas sedikit tentang perbedaan body scrub dengan lulur.

Bahan Dasar

Scrub dan lulur badan memiliki perbedaan pada bahan dasar utamanya, lulur lebih banyak mengandung bahan rempah tradisional ketimbang scrub. Lulur rempah umumnya mengandung ekstrak sereh, kunyit, jahe, cengkeh, mawan dan masih banyak yang lainnya.
Sedangkan body scrub lebih banyak mengandung ekstrak buah buahan, seperti jeruk, strawberry, coklat dan masih banyak yang lainnya. Nah dari sini kita sudah bisa membayangkan jika lulur menyajikan aroma tradisional yang menenangkan, sedangkan body scrub memiliki aroma yang manis.
Penggunaan bahan kimia pada body scrub membuatnya lebih praktis digunakan, dan lebih mudah didapatkan. Namun, tentu saja penggunaan bahan kimia tidak begitu bagus untuk tubuh, terlebih jika digunakan dengan sering.

Perbedaan Tekstur

Masing masing dari scrub maupun lulur memiliki tekstur. Namun tekstur yang dimiliki oleh lulur lebih kasar, butiran butirannya terasa lebih besar. Sedangkan scrub memiliki butiran yang lebih halus juga lebih kecil.
Butiran lulur dihasilkan dari rempah alami sedangkan butiran lulus dihasilkan dari buah buahan atau bahan kimia. Inilah yang menyebabkan tekstur lulur badan terasa lebih kasar ketimbang scrub. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif maka pakailah scrub karena memiliki bahan yang lebih halus.
Proses pembuatan scrub biasanya dilakukan oleh pabrik, sehingga membuat tekstur dan konsistensi kandunganya lebih terjaga. Inilah yang membuat scrub lebih praktis digunakan ketimbang lulur. Scrub bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang males ribet saat menggunakan lulur.

Bentuk

Karena terbuat dari bahan alami, lulur badan berbentuk bubuk atau serbuk yang harus dicampur dengan air saat ingin menggunakannya. Scrub yang mengandung bahan kimia cenderung memiliki bentuk yang lembek atau seperti pasta yang memiliki butiran halus di dalamnya.
Butiran butiran yang ada pada scrub maupun lulur dapat membantu mengangkat sel sel kulit mati pada tubuh. Tekstur nya yang sedikit kasar membuat sel kulit mati dapat terangkat dengan sempurna. Pemakaian scrub atau lulur dengan rutin akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit.

Cara Penggunaan

Umumnya kita harus menambahkan air pada saat ingin menggunakan lulur, jadi kamu bisa mengaplikasikan pada kulit yang kering. Sedangkan, kamu perlu membasahi kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan body scrub karna body scrub memiliki tekstur yang kenyal.
Ketika menggunakan lulur, kamu perlu mendiamkan beberapa saat lalu melepaskan sisa lulur yang sudah kering baru kamu dapat membilasnya dengan air. Namun ketika menggunakan scrub, kamu tidak akan mendapatkan sisa scrub yang kering.
Sehingga kamu dapat membilasnya langsung dengan air, ini akan lebih efisien serta praktis jika kamu adalah tipikal orang yang sibuk.
Secara umum dan dengan dilihat sekilas, scrub dan lulur tidaklah memiliki perbedaan yang mencolok. Namun jika kamu memperhatikannya dengan detail maka akan terlihat perbedaannya
Kami memiliki rekomendasi tempat lulur dan scrub yang mungkin bisa kamu kunjungi, yaitu WWSpa. Tempat memanjakan tubuh yang sangat nyaman serta menyenangkan. WWSPa merupakan tempat spa yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga terjangkau.
Kami jamin, kamu tidak akan menyesal ketika melakukan perawatan kulit di WWSpa. Semoga artikel ini membantu kamu yang selama ini kebingungan tentang perbedaan lulur dan scrub ya.

WhatsApp